Langsung ke konten utama

PM (part 1)

               
 Penghujung kelas 12 tahun lalu banyak kisah menarik yg gue alami yg kalo kata Slank “ terlalu manis untuk dilupakan” kayaknya gue rindu bgt dengan kisah2 tahun lalu yg menghiasi hari2 gue disekolah. Dimana kekompakan antar temen tercipta, keakraban dengan temen2 yg sebelumnya belum terjalin dikelas 10 dan 11, tercipta di kelas 12 ini.
                Entah mengapa temen2 gue mendadak banyak yg jadi entrepreneur, ada yg jualan cilok, lontong, gorengan, bahkan temen sekelas gue jualan jagung keju dan mie goreng cukup lah untuk memenuhi perut anak2 yg istirahat males keluar kelas, gue yg kalo sekolah ga pernah sarapan karna waktunya yg ga keburu, yg kalo gue sarapan dulu dirumah bisa gue telat masuk sekolah akhirnya selalu beli disekolah, sebelum temen2 gue jualan biasanya setiap pagi gue ke kantin untuk beli somay langganan gue, yg tukang somaynya udah tau banget setiap gue dateng udahtau bgt pesenan gue, somay Rp. 3000 isinya somay ama kol aja. Tapi setelah temen gue jualan gue jadi jarang ke tukang somay alhasil tiap pagi gue beli lontong, temen gue yg namanya kita samarkan aja menjadi zaskia ( kenapa namanya disamarkan jadi zaskia, soalnya waktu itu dy pernah goyang itik mirip bgt zaskia gotik dan dibelakangnya ada bocah cowo, yang namanya kita samarkan menjadi puloh,temen gue itu ga nyadar kalo di belakang ada bocah cowo lg ngeliatin dia, pas dia nengok dia jadi malu sendiri, gue ngakak ngeliatnya ,dan temen gue yg cowo sampe bengong2 ngeliatnya rasanya tuh nginget kisah itu pengen tawa terbahak2 ini gue :D :D ). Oh iya setelah tau dia jualan setiap pagi gue selalu menanti dia dengan keadaan perut kosong ( kasian bgt gue ).  Mukanya nongol didepan gerbang rasanya gue tuh riang gembira ( lebbayyy ) dan gue pun ga sabar langsung dateng ke kelas dia, buat beli lontong, kalo dia lagi ga jualan gue lari kekelas sebelah buat beli gorengan, itu hal yg selalu gue lakukan setiap pagi sebelum apel, dan kalo si zaskia itu pagi2 ga ngeliat gue dia nyariin kekelas gue “ siska mana??”. Untung aja waktu itu istilah “ di jonggol” belum booming, pasti kalo kata2 si wakwaw udah booming waktu itu, pasti pas si zaskia itu nanya “ Siska Mana??” temen2 gue bakal jawab “ DI jonggol “.
                Di kelas 12 ada yg namanya PM ( Pendalaman Materi ) nah itu  pelajaran tambahan mata pelajaran yang akan di ‘UN’kan yaitu ada 5 pelajaran : Akuntansi, Myob,MTK,B.inggris,B.Indo. nah untuk pelajaran MTK di bagi 2 grup ada kelas intensive dan reguler, kalo intensive di mulai jam 5:45 pagi, sedangkan reguler jam sepulang sekolah, dan gue ikut di kelas intensive. karna rumah gue jauh jadi gue harus berangkat ekstra kulit manggis eh salah salah maksudnya  ekstra pagi2 heheheh ( kebiasaan nih kalo ada kata2 ekstra gue ingetnya kulit manggis, korban iklan gue hahaha ), jam 5 gue berangkat,dan biasanya gue berangkat kalo hari kamis dianter tetangga gue, karna babeh tercinta gue ga bisa nganter kalo hari kamis, kebetulan jadwal PM MTK hari kamis, jadi  gue dianter tetangga gue itu, yg kebetulan sohibnya babeh gue. Tetangga gueitu setiap pagi nganter mertuanya ke pasar dulu, karna mertuanya itu jualan sayuran, jadi gue harus nunggu temen babeh gue itu yg namanya Lee Joko ( asik namanya kaya orang korea, antara mirip orang Korea sama mirip guru MTK gue  hahaha ) pulang dari pasar, kadang jam 5 lewat si Lee joko belum nyampe kerumah, gue panik aja kalo jam 5:15 ga ada bunyi motor yg dateng kerumah gue, pernah waktu itu jam 5:25 dia belum pulang dari pasar haduueeehh gue kalang kabut, nyokap gue pun berusaha nenangin gue tp ga berhasil , gue tetep panik. Dari gelap sampai mentari mulai menampakkan sinarnya, si lele joko belum juga dateng. Tapi akhirnya dia dateng juga hampir jam 5:30 gue pun minta untuk ngebut, sampe disekolah gue udah liat motor guru gue udah parkir manis di depan masjid, pertanda gue udah telat, pas turun gue pun bilang “ yah telat” si le joko bingung “telat” mungkin dia pikir sekolah gue masi sepi, telat dari mana??? Setelah gue bilang terima kasih ke le joko gue pun langsung ngibrit lari ke kelas, dan bener aja temen2 gue udah mulai belajar, kata guru gue “ tumben siska telat “. Gue hanya bisa senyum kecut. Biasanya kalo abis PM MTK gue dan temen2 gue yg ikut kelas intensive di bolehin buat ga ikut apel, jadi seneng aja gue ga ikut baris, soalnya lama bgt kalo apel, gue bosen bgt belum lagi kalo disuruh maju buat baca Aqidah, biasanya gue dan temen2 gue paling ogah kalo disuruh baris didepan. Takut disuruh baca Aqidah. Makanya setiap mau apel gue sengaja turun dari kelasnya belakangan biar kebagian baris dibelakang, meskipun udah disuruh maju sama anak2 osis, tetep aja gue dan temen2 gue berdiri tegap dibelakang, kecuali kalo pak mul udah ikut turun tangan mau gak mau dan wajib baris didepan dari pada entar gue kena bogem mentah J, oh iya Pak Mul itu adalah ketua yayasan disekolah gue dan orangnya sangat disegani murid2, beliau ga kenal nama gue, tapi beliau hanya tau gue tinggal dimana, setiap ketemu gue kata yg beliau ucapkan adalah “ kamu yang dari jatiasih ya???” dan sampe waktu wisuda kemaren saat gue naik kepanggung buat nerima penghargaan, kebetulan salah seorang yg ngasih piala itu beliau, ketika gue baru naik keatas panggung kata yg beliau ucapkan itu “ kamu yang dari jatiasih kan???” gue hanya senyum, lalu beliau bilang “selamat ya”. Yg diinget itu rumah gue bukan nama gue. Dulu gue selalu BT kalo apel soalnya lama bgt, sumpah dah gaya gue diri dari yg tegak sampe jongkok, dan dulu gue pernah apel kebagian barisnya ditempat yg ada motornya,karna ga muat yaudah gue duduk aja dimotor yg lain baris hehehe (curang ya gue) tapi muka gue tetep ngeliatin kepsek ngomong kok ( ngeliatin loh bukan ngedengerin, jadi kuping dan mulut gue,gue pake ngobrol ama temen gue hahaha maaf pak Aziz J ) dulu setiap apel mau kelar selalu deg-degan takut nama gue disebut dan disuruh maju buat baca Aqidah, tapi untungnya nama yg disebut biasanya yg baris didepan, berhubung gue setiap baris adanya dibelakang jadi selama hampir 3 tahun gue sekolah disana ga pernah gue maju baca Aqidah. Kasiannya yg badannya minus tinggi AKA kecil selalu disuruh baris paling depan, alhamdulillahnya meskipun badan gue kecil tapi tinggi gue lumayan jadi gue bisa ngeles buat ga baris didepan “ kasian yg kecil kalo gue baris didepan entar ga keliatan hehehe”.
                Paling cape itu kalo hari kamis, kenapa???? Karena hari kamis itu jadwal PM ada 3, mulai jam 5:45 PM MTK, lanjut belajar dikelas sampe zuhur, siangnya jam 1 kita PM b.inggris, jam 4 PM akuntansi, rasanya  kepala gue ngebul kaya orang fogging nyamuk, tapi karna gue emang orangnya ga pernah serius dan bercanda mulu, mau apapun keadaannya mau gue bisa ngerjain soal kek,engga kek tetep aja gue riang gembira hehehe...
                Oh iya gue ceritain satu-satu kisah PM 5 pelajaran itu ya, dimulai dari PM Akuntansi. PM akuntansi awalnya diroling, jadi dari 3 kelas itu AK1,2,3 diputer jadwal PM’nya dimulai dari jam 1. Misalnya minggu ini AK1 jam 1, AK2 jam 2, Ak3 jam 4, minggu besok dirubah AK2 yg jam satu begitu seterusnya, dan biasanya temen gue kalo lagi kebagian PM jam terakhir pada pulang dulu, nanti balik lagi pas PM mau mulai,tapi untuk gue TIDAK karna rumah gue jauh, bisa2 kalo gue pulang dulu pulang jam 1 sampe rumah setengah 3,jam 3 lewat 1menit balik lagi, berangkat lagi nyampe sekolah jam setengah 5, lah cape gue, mending maen aja disekolah, biasanya kalo siang abis tadarusan disekolah gue sama temen-temen gue beli nasi diwarung bude yg mukanya mirip bgt sama guru gue. Entah emang adik kakak atau gimana cukup mereka dan keluarganya yg tau. Waktu itu pas PM akuntansi di aula temen gue ada yg kesurupan, katanya sih disitu emang banyak yg halus2 gitu (kapas kali akh halus hehehe ) untung aja yg kesurupan itu bukan temen sekelas gue, abis itu guru gue jadi parno, dan untuk kelas gue PM’nya pindah ga diaula lagi, setelah tugas2 kita dikoreksi yg soalnya udah dinilai sama guru boleh pulang duluan, tapi waktu itu pas gue mau salaman gurunya bilang “ hey jangan pulang semua tungguin ibu, ibu takut” yaudah lah akhirnya gue pun nungguin sampe selesai semuanya.
                Semester dua PM akuntansi udah ga diroling lagi, AK1 jam 1, Ak2 jam 2, Ak3 jam 4, biasanya senjata andalan kita adalah penggaris pulpen dan kalkulator,oh iya cerita tentang kalkulator nih ya, gue punya kalkulator yg hanya bisa satu daya, yaitu sinar matahari,tanpa batrei jadi kalo cuaca mendung tamatlah riwayat gue,kalkulator gue mati suri,nanti kalo udah ketemu ama sinar mentari baru dah bangkit lagi, jadi ketahuan kalkulator gue bukan dari keluarga vampire,kan kalo vampire takut tuh ama cahaya matahari. Jadi setiap belajar gue nyari sinar tuh, sengaja gue milih duduknya yg kena sinar matahari, rada nyesel juga gue beli udah mahal tapi ga berfungsi, waktu beli kalkulator itu gue langsung ambil aja ga liat2 lagi soalnya udah malem bgt yaudah asal ambil aja gue, yg gue liat dari kalkulator itu adalah warnanya biru dan gue langsung tertarik tanpa liat fungsinya L.
                Oh iya kalo udah belajar akuntansi nih ya,temen2 gue kalkulatornya gede2 bgt, segede cobek tukang gado2 hahaha, biasanya meja kelas tuh udah ga ada yg rapih penuh kertas berserakan, pokoknya kalo udah belajar yang namanya itung-itungan itu meja mendadak kaya halaman rumah yg ditinggal pemiliknya dan ga disapu, wah kertas pada berserakan dari ujung meja ke ujung meja penuh kertas, otak gue pun penuh angka2, ngitungin duit yg nominalnya gede2 bgt tapi tak berwujud, duitnya gaib. Dan biasanya kita bakalan stress kalo hasilnya ga balance, udah ngerjain cape2, perut muel, ga enak makan ga enak minum ga enak tidur segala rasa lelah letih lesu lemas lunglai loyo and etc, hasilnya ga BALANCE. Gubraaaaaakkkk itu tuh rasanya kertas pengen gue blender lalu gue campurin ke dalem pop ice, ditambah susu coklat dan wafer lalu gue minum hingga habis, biar tuh kertas ga hadir lagi dihadapan gue. Menjelang ujikom bener2 lelah pasalnya pelajaran yang kita pelajari 3 tahun dirangkum, dan dikerjakan dalam waktu 7 JAM, gila aja tuh wuuuaaahhh rasanya bener2 mau meladak kepala gue kaya tabung gas elpiji, biasanya kalo pagi mau berangkat sekolah muka gue berseri-seri seperti mentari baru bersinar, tapi menjelang ujikom, muka gue setiap hari stress, pasalnya dari pagi siang sore malem ketemu pagi lagi ketemunya angka lagi angka lagi,  gue bener2 mabok angka, belom lagi temen gue hampir tiap malem nelpon gue, soalnya kalo di sms gue jarang bgt ngebales, makanya temen gue itu yg namanya Ela dan Irna hampir tiap malem nelpon, dan tahu ga nelpon Cuma buat nanya apa??? Nanya soal akuntansi lagi, mau ga mau gue buka lagi tuh kertas-kertas yg isinya angka lagi, rasanya tuh berangkat sekolah muka stress karna bakal ngadepin angka2 lagi, pulang sekolah juga stress karna habis ngadepin angka2 lagi, dan dulu gue berpikir apakah nanti si angka jadi sahabat gue??? Karna hampir setiap saat yg menemani gue angka2?? Dan terbukti sekarang gue dapet duit juga hasil ngitungin angka duit yg tak berwujud, kerjaan gue dikantor juga ngitungin kas, lagi2 ketemu angka2 itu, yg kadang bikin gue stress kalo udah dilaporin ke kantor pusat dan ternyata ada yg salah, gue pun harus ngerevisi, nyari2 lagi mana yang salah bergelut lagi dengan angka, nyari hasil yang ga balance itu bagai mencari jarum ditumpukan sekam, ruuiiiiibbbeeeettt bgt.


Ini foto kita abis ujian praktek pelajaran Kewirausahaan
Detik-detik UN kayaknya berhasil membuat anak2 stress, dan gue bingung, gue yg bocah gila ini diamanahi buat ngajarin temen-temen gue, entah kenapa temen2 gue percaya aja sama gue,minta diajarin padahal gue juga ga ngerti2 amat, “bu aji ajarin gue kek, gue pengen bisa nih”, kata salah satu temen gue, gue seneng sih, anak cowo yang biasanya cuek ama pelajaran menjelang UN jadi semangat buat belajar, kadang gue lagi males bgt  baru dateng pagi2 udah disuruh ngoreksi kerjaannya, baru nyampe kesekolah pun gue udah disuruh maen ama angka lagi. Dan yang awalnya gue sama temen gue kurang akrab semua jadi berbaur, ada nilai positifnya juga dari ngerjain soal2 yg mumet2 itu kita semua jadi kompak, bahkan ga hanya satu kelas tapi ketemen kelas lain pun kita jadi akrab gara2 soal itu, biasanya kita saling ngeluh “ gila soalnya susah bgt” stress pun kita rasakan bersama. Itu tuh menjadi indah bila diingat kembali, semua rasa lelah, cape, pusing, stress, menjadi manis bila diingat kembali, itu perjuangan kita untuk bisa lulus. Semoga perjuangan keras kita bernilai ibadah ya guys J.



Perjuangan kerja keras membuahkan benda yang kita pegang itu
Itu baru PM Akuntansi, ada lagi cerita PM myob, PM myob itu di bagi perkelompok kalo ga salah diangkatan gue ada 6 kelompok dan berhubung gue anak kelas AK3, dan nama gue juga di absen termasuk golongan yg paling belakang jadi gue dapet kelompok paling bungsu, gue masuk ke kelompok 6, nah jadwal PM’nya hari sabtu, dan biasanya kalo PM myob itu anak2nya sedikit yg masuk, setiap kelompok ada 20 orang dan paling yg masuk Cuma 5 orang, dan kelompok gue itu yg paling jarang PM, entah kenapa selalu aja gatot setiap mau PM, ada hal ini lah itu lah, yaudah dari 2 semester itu kelompok gue PM Myob paling Cuma 5 kali.


Ini nih waktu kita minta pelajaran tambahan di Lab sama Pak Ega

Abis mumet2 belajar ga lupa foto bareng sama yg ngajarin
                Oh iya cerita unik saat PM MTK, jadi kita setiap anak di tes lagi perkalian dan pembagian, sebenernya itu malu2in bgt, udah kelas 3 SMK tesnya perkalian dan pembagian, dan kalo ga lulus yaudah ga boleh ikut PM, temen gue ada yg nangis gara2 ga lulus, dan gue lagi2 karna nama gue di absen ada diujung, jadi rasa deg-degan gue selalu lebih lama dari yg lainnya, pasalnya disaat yg lain udah tes, gue belum itu tuh ga enaknya punya nama dari abjad yg masuk deretan belakang jadi kalo apa2 paling belakang mulu, tapi punya nama dari huruf “A” juga ga enak soalnya kalo apa2 selalu jadi paling pertama, tapi mau nama dari huruf apapun disyukuri aja itu pemberian dari orang tua.
               

Ini nih guru yg ngajarin kita matriks, rente, statistik dll
Pokoknya setiap pelajaran yg ada itung-itungannya meja gue selalu berantakan kayak abis diterpa angin puting beliung, kertas berhamburan, itu tuh bukan hanya kertas gue doang, entah kenapa kertas temen2 gue pada mampir ke meja gue, dan bukan hanya kertasnya doang tapi keorang2nya juga pada ngungsi kemeja gue,dan biasanya kita ngerjainnya berjamaah,kita bagi2 tugas, misalnya gue ngerjain nomer satu, temen gue ngerjain yg lainnya.
                Pernah suatu kali kita dikasih tugas sama Pak Deni ngerjain soal, tapi karna kepala udah terlalu mumet,mata sudah berkunang-kunang, dan waktu itu temen gue ada yg bawa laptop, yaudah kita nonton film aja dan film yg kita tonton itu film “Radio Galau FM” yaudah nonton bareng2 dikelas, dan tiba-tiba pak Deni menampakkan dirinya dari balik pintu “waduh ada pak Deni” kita semua hanya senyum imut,tapi masi tetep dilanjutin nontonnya, dan Pak Deni juga mungkin memaklumi anak2nya ini udah pada stress ngadepin soal-soal jadi kita semua ga diomelin gara2 ga ngerjain, sebenernya gue ngerjain tugasnya tapi sambil nonton hehehe, sebenernya banyakan nontonnya daripada ngerjainnya *Peace Pak Deni :D.
                Oh iya waktu itu temen gue ada yg ga ikut PM dan sebagai hukumannya waktu UTS mereka ngerjain ulangannya dilapangan. Untung aja gue murid teladan jadi ga pernah dapet hukuman dari Pak Deni.

Disaat kelas sebelah PM kita malah asik foto2 J
Beda cerita dengan PM B.inggris, PM B. Inggris hari kamis jam 1, oh iya waktu itu ada PM temanya listening, nah listening di aula, waktu itu kita dapet tugas untuk missing lyric, kita disuruh dengerin lagu David Guetta “ Titanium” jadi masing2 dari anak2 dapet kertas yg ada lyric lagu tersebut dan ada lirik yg hilang kita disuruh isi lyric yg ilang itu, kita dengerin lagu itu, dan sepertinya kita semua ada masalah dengan pendengaran, jadi harus diputer berulang2 tuh lagu, gue yakin kalo david guetta nyanyi live didepan kita dan kita minta ulang hingga berkali2 lagunya, dia minta pulang ke negaranya saat itu juga hahaha. Nah waktu itu temen gue ada yg curang ternyata dia browsing lagunya, gue ditawarin “ nih bu aji lu mau ga”. Tapi gue yakin Allah maha melihat sehingga gue tetep pada pendirian gue biar salah itu usaha gue sendiri, dan setelah dikoreksi ternyata emang isian gue salah bukannya sedih gara2 jawabannya salah gue malah ngakak “ hahahaha sepertinya kita harus ke THT semua”.  Jawaban gue ngaco yang kalo dicari dikamus gue yakin kata2 gue waktu itu ga ada artinya, dan kalo pun ada artinya itu tuh ga nyambung  :D :D, si refina yang kerjaannya selalu ngakak kalo ada disamping gue makin ngakak, setelah ngeliat isi dikertas gue ada tulisan “ break my brown” padahal kalo kalian dengerin tuh lagu sampe beratus-ratus kali ga bakal nemu lyric yg bunyinya begitu. Tapi kata2 itu yg gue denger waktu listening lagu itu.

Nih biasanya suasana kalo lagi nunggu PM B.Inggris di masjid
                Oh iya gue paling BT kalo ngerjain bahasa inggris ada soal yg eror, jadi kita disuruh milih dari kalimat tersebut mana yang salah, udah tau gue orangnya eror, disuruh nyari yg eror ya ga ketemu, ya menurut gue kalimat itu bener semua, wah pokoknya menjelang UN itu pelajaran kita hanya ngebahas soal2, setiap hari ketemu soal, soal inilah itulah, yah pokoknya kertas2 isi pertanyaan yang menemani kita disekolah waktu itu.
                Oh iya gue itu meski sahabatan ama si refina tapi kita ga pernah akur, berantem mulu kalo dikelas, pokoknya udah kaya semut ama banteng, berantem mulu, oh iya kalo kita berantem nih biasanya kita maen kejar-kejaran Refin selalu ngejar gue, gue pun lari ngibritt ala-ala cheetah  lari sekenceng-kencengnya lari dari kelas turun tangga muter kekamar mandi balik lagi kelas, itu rute yg selalu gue lalui kalo lagi maen kejar-kejaran ama si Refin, pernah waktu itu guru gue yang bernama Pak Jalal ngeliat gue lari, beliau nanya “kenapa sis??” . “lagi dikejar monster pak” jawab gue, dan ngeliat yg ngejar gue si Refina Pak Jalal ngakak, “siska jahat bgt Refina dibilang monster”. Gue hanya nyengir sambil lari. Oh iya waktu itu gue lagi nunggu jadwal PM dimasjid dan seperti biasa gue selalu becanda ama si Refin itu, entah kenapa si Refin itu kalo ngeliat gue selalu mau nerkam gue apa karna gue terlalu imut atau apa sehingga dia gemessss setiap ngeliat gue hahahaha. Waktu itu gue dikejar ama dia dari dalem masjid gue pun lari keluar blm sempet gue pake sepatu tapi dia udah ada dibelakang gue, alhasil gue pake sepatu Cuma sebelah yang sebelah gue tinggal didepan masjid gue lari2 dilapangan yang panasnya kaya mie rebus baru mateng, gue lari pake sepatu Vantopel sebelah, kaki gue sakit gue copot aja sepatu gue, gue nyeker lari-lari kayak ayam dilapangan yang panas bgt, Cuma gara2 takut ditangkep ama siRefina , penyebab gue dikejar ama si Refin gara2 tasnya gue ambil diapun ngejar2 gue, dan gue itu emang pea tasnya gue buang ditengah lapangan. Tapi si Refin pun bukannya marah dia pun malah ngetawain gue gara2 gue lari pake sepatu sebelah, emang bocah pea semua, bayangin itu udah kelas 3 SMK, kelakuan kayak bocah PAUD, ga ada dewasa2nya sama sekali,  padahal disitu banyak adek kelas.
                Seperti biasa gue itu selalu berantem ama si Refina mau dipelajaran apapun, dan biasanya kalo udah berantem apa aja dilemparin, buku gue udah ga ada yg rapih bentuknya, waktu itu LKS gue covernya dirobek ama si Refin,pokoknya sampul Buku kita ga ada yg beres semua grepes kayak digigit ulet, malah waktu ituu buku kita buang dibecekan, gue juga bingung kita berdua itu otaknya ada dimana, nah waktu itu lagi PM B.inggris dan seperti biasa kita melakukan hobi kita ngelempar2in buku, awalnya buku gue duluan yg dilemparin ama si Refina, nah pas gue  ngelemparin bukunya Refina, bukunya malah di pungut ama Pak Alan, mungkin Pak Alan mikirnya itu buku gue jatuh jadinya diambilin padahal emang sengaja gue buang, aaaaaaahhh dendam gue tak terbalaskan.

Ini nih Guru MTK dan B. Inggris
                Oh iya waktu itu kita ga kebagian kelas kosong buat PM, kelas kalo siang diisi sama anak kelas 11, ada kelas kosong tapi dipake sama Anak Osis, akhirnya kita muter2 bolak balik kayak orang tawaf buat  nyari kelas. Dan kembali lagi ke Refina, waktu PM bahasa inggris gue itu orangnya emang iseng dan gue pun ngajakin refina buat nanya ke Pak Alan “ Ref, ayo nanya ke Pak alan bahasa inggrisnya kota perang apa??” sebenernya tujuan gue ngajakin refin buat nanya itu gue mau ngeledekin dia, soalnya bahasa inggris kota perang kalo disambungin  itu jadi nama seseorang, akhirnya gue pun maju buat nanya “pak, mau tanya deh”, kata gue. “nanya apa??”. “bahasa inggrisnya kota perang apa pak ??” tanya gue, dijawablah “emm.. war city” kata pak alan, gue pun ngedengernya langsung ngakak.
                Lanjut ke PM B. Indonesia, setiap mau PM itu mood gue turun, udah BT bgt gue, entah kenapa dari dulu gue tuh kurang tertarik dengan bahasa Indonesia, tapi nilai bahasa indonesia gue selalu tinggi bahkan hasil UN kemaren B.indo gue nembus nilai sembilan lewat, entah itu yg gue isi apa, setiap PM nih ya gue itu sengaja nyari duduk dibelakang, beda kalo pelajaran yang lain gue milih duduk paling depan. Biasanya gue kalo PM Cuma nunggu giliran gue baca, setelah gue kelar baca yaudah gue maen aja. Ga pernah merhatiin majas itu apa, ah pokoknya materi b. Indo ga ada yg nyangkut di otak gue, jangankan nyangkut sekedar permisi numpang lewat aja engga. Jadwal PM B.indo itu hari jum’at, nah biasanya anak cewe minta PM duluan, anak laki2 PM’nya setelah shalat jum’at, nah karna gue PM di jam makan siang gue pun lapar, jadi sebelum PM gue prepare beli somay bang Asep, nah pas PM gue duduk dibelakang gue ngumpet2 makan somay, nah waktu itu ada temen gue yg ngeliat dan teriak “ bu, emang kalo PM boleh makan ya ??” gila rese bgt temen gue, gue pun bilang “ iiihhh rese bgt” eh kata temen gue “ ya lagian lo makannya ga bagi-bagi gue”. Guru gue pun nanya “ siapa yang makan??”. Langsung lah tuh somay gue umpetin dibawah meja. PM pun dilanjutkan guru gue ngajar, makan somaypun gue teruskan hehehe... *maaf ya bu,saya lapar waktu itu.
                Meski gue ga suka sama pelajaran itu, tapi buat bolos PM itu haram buat gue,se gak suka apapun gue ama pelajaran itu tapi buat bolos bukan gue bgt, meski gue sakit gue bela-belain gak mau pulang, meski udah dipaksa sama temen2 gue yg ngeliat muka gue udah lemes bgt tapi tetep gue ga mau pulang. Meski pas PM gue hanya sanadaran di bangku ga  merhatiin gurunya ngomong apa. Waktu itu gue sempet tumbang juga mugkin stress dan kecapean emang jadwal menjelang UN itu gila bgt,setiap hari pulang sore makan juga sering telat, ditambah cuaca yg ga bersahabat bgt waktu itu musim ujan, dan gue sering keujanan, ambruk lah gue, sebenernya gue sakit dari beberapa hari sebelumnya tapi gue paksain buat masuk, karna takut ketinggalan pelajaran meski Cuma sehari rasanya tuh rugi bgt kalo ga masuk, dan akhirnya hari jum’at itu badan gue udah ga karuan, tidur salah, duduk rasanya semuanya muter kayak gasing, dan akhirnya hari sabtunya gue ga masuk, itu rasanya gue dirumah BT bgt,sumpek pengennya main sama anak2 disekolah, dan kebetulan waktu itu PM Myob diganti hari minggu, meski badan gue masi kurang enak, gue paksain buat masuk, meski udah diomelin jgn masuk dulu, tapi gue ngotot, dan pas gue sampe ke Lab, gue telat dan kebetulan di Lab ada Pak Deny beliau nanya “ lah katanya siska sakit??”, gue hanya jawab “iya pak kemaren”. Padahal badan gue saat itu masi ga karu2an bgt, tapi karna kelas gue jarang bgt PM myob tapi gue paksain juga buat masuk.
                Ini segelintir kisah gue saat mau UN, masih banyak cerita yg lainnya,disambung lain waktu ya guys.. J

               
Ini dia wajah-wajah penghuni AK3

Ini bidadari Ak3 hehehe J

Ini jagoan2 AK3


Ini para makhluk manis di AK3



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya