Perjalanan gue untuk mengenal huruf
Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus
mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar
untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi
apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin
tertarik untuk terus belajar. Semakin di
pelajari gue semakin merasa bodoh. Bukan
malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin
mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue
gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.
Postingan kali ini gue mau ngebahas
tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an
gue. Dulu pertama kali gue belajar ngaji
diajarin mamang gue, teknik belajarnya yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan
makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal yang sangat
mendasar dalam belajar Al-Qur’an. Dulu
mikirnya yang penting tau gimana bentuk Alif, Ba, Ta dan kawan-kawannya, tau
gimana cara baca huruf yang harokatnya fathah, kasroh, dhommah, tau gimana
panjang pendeknya huruf, dan belajar tajwid pun sekenanya aja.
Zaman gue kecil entah berapa kali
gue pindah ngaji, sering kayaknya gue pondah-pindah ngaji. Dulu belajarnya pake Iqra, gak seperti sekarang yang banyak
banget metode tahsin. Gue sekolah disekolah islam, dari MI sampe SMK semuanya
sekolah islam, jadi bisa dibilang belajar ngaji bukan sesuatu yang baru buat
gue. Gue dapat pelajaran tentang belajar baca Qur’an disekolah, jadi dulu gak
hanya di musholah deket rumah selepas magrib belajar Qur’an tapi disekolah pun
juga dapet pelajaran itu. Tapi belajarnya hanya itu-itu aja. Seperti yang gue
bilang diawal belajarnya seakan mengabaikan makhraj dan sifat hurufnya. Yang
penting bisa bacanya.
Gue mulai sadar untuk memperbaiki
bacaan Qur’an gue selepas gue lulus SMK. Jadi dizaman gue sekolah gue udah
merasa cukup dengan apa yang gue dapat dari sekolah, cukup dengan udah tau apa
Idgham, Ikhfa, Izhar dan Iqlab. Waktu MI gue udah dapat pelajaran tentang Mad
Far’i yang jumlahnya ada 13 itu. Tapi seiring pikiran gue yang semakin terisi
oleh hal ini dan itu materi mad itu seakan memuai dari otak gue, dan tersisa
hanya beberapa mad aja yang masih gue inget dengan jelas diotak gue. Itupun gue
kalo disuruh ngejelasin masih bingung kenapa huruf ini bertemu dengan huruf ini
hukumnya ini?? Gue hanya tau ini hukumnya mad ini, tapi kalo disuruh ngejelasin
BLANK.
Setelah gue lulus sekolah dan
kerja, gue udah niatin gaji pertama gue mau gue pake buat daftar tahsin. Soalnya
gue mulai ngerasa gak cukup dengan apa yang gue dapet dari sekolah, saat masih sekolah kita punya guru buat nanya
ini itu, kita masih ada yang mantau gimana perkembangan bacaan qur’an kita .
Ketika udah lulus gue ngerasa menentukan apa-apa itu sendiri, seakan udah lepas
dari guru-guru. Mereka udah gak bertanggung jawab lagi akan diri gue, dan gue
yang bertanggung jawab akan diri gue sendiri. Gue butuh guru untuk belajar Qur’an.Waktu itu gue daftar tahsin 200ribu dan tempat belajarnya di masjid
Attin dibawah naungan PRISMA ATTIN (Pemuda Remaja Islam Masjid Agung Attin ).
Waktu itu gue inget tanggal 26 oktober tahun 2014 gue mulai belajar tahsin di
sana.
Gue mikir, kita ini shalat pake
bahasa Arab, didalam shalat ada bacaan Al-Qur’an, lalu apa kabar shalat kita,
ketika bacaan Al-Fatihah kita masih
kacau?? Gue belajar lagi mulai dari pengucapan huruf hijaiyah, metode yang dipakai disana metode Ustmani,
soalnya jauh lebih simple ketimbang pake Iqra yang dulu dipake ngaji waktu anak-anak, lebih praktis karna gak
terlalu banyak, jadi cocok buat kita yang gak punya waktu banyak tapi masih
ingin belajar. Jadi gak terlalu makan waktu karna Cuma ada 3 jilid.
Ketika disuruh baca, bacaan Qur’an
gue masih kacau, qalqalahnya masih kurang pantul, tapi saat bukan huruf
qalqalah malah gue pantulin, jadi koreksi gue tiap minggu itu soal qalqalah.
Pernah waktu itu sampe berkali-kali gue baca salah terus, qalqalahnya masih
kurang terus. Salah ulang lagi, salah ulang lagi, dan waktu itu gue ngerasa
udah ada pantulannya, dan temen yang ada disebelah gue juga denger kalo bacaan
gue udah ada pantulannya, tapi guru gue dan temen-temen gue yang lain masih
belom denger kalo bacaan gue udah ada pantulannya, sampe cape rasanya karna
diulang-ulang mulu, geregetan banget rasanya 😁
Belajar tahsin disana gue bolos
mulu, akhirnya selama kurang lebih 2 tahun bacaan gue gak naik-naik, setengah
buku aja ga selesai-selesai gue bacanya. Ketinggalan jauh dengan yang murid
baru. Dulu ustazah yang ngajarin gue pernah nyaranin gue buat belajar tahsin di
PTQ Al-Utsmani, beliau juga alumni sana. Beberapa temen gue juga ada yang
pindah tahsinnya kesana, Sebenernya mau belajar dimanapun sama aja yang penting
kan kita belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, yaudah gue buletin azzam buat pindah belajar
kesana. Karna gue keseringan bolos kalau disini terus. Gue kayaknya tipikal
orang yang lebih bisa belajar dalam tekanan. Gue gak bisa belajar yang gayanya
santai. Karna terlalu santai gue malah merasa masa bodoh, gak ada target, dan
ga ada motivasi. Meskipun seperti itu, gue mau ngucapin terimakasih banyak
kepada ustad/ah yang telah membagi ilmunya ke gue. Mereka yang telah mengajarkan
gue bagaimana caranya membaca al-qur’an dengan baik, membetulkan bacaan gue
yang ancur dan berantakan ini. Sehingga bacaan qur’an gue yang awalnya parah
banget menjadi sedikit lebih baik.
Biaya pendaftaran di Al - Ustmani
waktu gue bayar pendaftarannya Rp.75.000, uang gedung Rp.200.000 dan SPP
Rp.270.000 ( untuk SPP ada pilihan sesuai kemampuan ) jadi total keseluruhan
Rp.545.000. untuk SPP dibayar persemester dan satu semester selama 3 bulan,
jadi nanti ketika selesai satu semester kita hanya membayar SPP dan daftar
ulang sebesar Rp.100.000
Sebelum masuk disana kita dites
dulu untuk penempatan kita ada dilevel berapa, disana terdiri dari level 1-5
dilanjutkan dengan talaqqi dan tahfiz. Hasil tes menempatkan gue di level
4. Tata tertib disana yang harus diikuti
salah satunya adalah izin hanya diperbolehkan 3 kali untuk yang mengambil kelas
seminggu sekali, dan 6 kali untuk yang mengambil kelas 2 kali dalam sepekan.
Jika lebih dari itu maka tidak di izinkan untuk mengikuti ujian kenaikan level.
Usia yang ikut tahsin di sana pun
beragam dari yang masih sekolah sampai yang udah usia lanjut, dan dari berbagai
profesi. Ada salah satu temen gue, gue tuh seneng banget dengerin suara dia
ngaji, gue mikirnya udah bagus banget bacaannya. Gue merasa makhrajnya dia tuh
udah pas banget, tapi ternyata ketika di tes bacanya sama guru gue, banyak yang
salah. Gue sampai bengong dan bergumam dalam hati “hahhh😱, dia bacaannya banyak
yang salah?? Lalu apa kabar bacaan gue???”
Dulu ngerasa udah cukup gitu gak
mau belajar lagi, pokoknya kalo urusan ngaji tuh di nomor kesekiankan, gak
diprioritaskan banget. Temen-temen bilang gue itu udah pinter ngajinya. Padahal kenyataannya,astaghfirullah
bacaan Qur’an gue tuh masih jauh banget dari kata BISA.
Gue mulai kenalan dengan makhraj
dan sifat-sifat huruf. Yang selama ini gue bacanya suka-suka gue, huruf “Ba”
gue keluarin dari mana aja sesuka hati gue. Tapi ternyata "Ba" itu tempat
keluarnya dari bibir lebih tepatnya dua bibir tertutup. Huruf “Jim” itu
keluarnya dari tengah lidah bertemu dengan langit-langit. Gue udah segede ini
belajarnya Alif, Ba, Ta lagi. Malu??? Engga, gue gak malu buat belajar ngapain
malu biarin aja belajarnya disamain sama anak TPA. Dan sifat huruf ada yang
berpasangan dan ada yang tidak berpasangan. seperti manusia ada yang jomblo dan
ada yang couple *Upss🙊 . Gue baru tau kalo
satu huruf itu bisa punya 5- 6 sifat. Ada Hams ( Keluar nafas )
pasangannya Al-Jahr ( tidak keluar nafas ) ada as-Syiddah ( suara tertekan )
pasangannya Ar-Rokhowah ( suara terlepas ) diantara As-Syiddah dan Ar-Rokhowah
ada huruf pertengahan yang disebut Tawasuth dan masih banyak lagi. Gue selalu
kurang nih di Ar-Rokhowah dan Tawasuth, dari minggu ke minggu koreksi gue
selalu itu nih buktinya
Ujian kenaikan kelas tiba, dan ternyata
penguji gue adalah salah satu guru gue tahsin di Attin, ya beliau memang ngajar
di Ustmani juga. Ujian disana ada tes lisan dan tulisan, jadi nanti setiap
peserta ujian akan dipanggil satu persatu untuk maju tes lisan, sedangkan yang
lain mengerjakan tes tulisan, sambil menunggu giliran maju untuk tes lisan.
Saat ngerjain tes tulisan gue ngeblank, ketika ada soal memberikan contoh hukum
tajwid, itu mendadak surat an-nas aja gue gak hafal. Al-fatihah aja gue
lupa-lupa urutannya parah banget ( kebanyakan dosa kayaknya nih gue ),
bener-bener ngeblank. Buntu banget rasanya ini apaan contohnya?? Mau ngarang,
masa ayat Al-qur’an gue karang, lah ngaco banget gue, dosa malah nanti jadinya
ngerubah ayat Allah. Sama seperti ngejawab soal hadits itu harus sesuai banget
tulisannya sama seperti di buku, gue malah takut hadits yang awalnya
shahih,malah jadi dhaif gara-gara gue nulisnya salah.
Nama gue dipanggil, saatnya gue
maju untuk tes lisan, ketika gue baca Ta’awudz penguji gue berdehem itu adalah sebuah kode kalo gue
bacanya salah, kata penguji gue huruf “Tha” nya kepanjangan. Itu belom baca
loh, baru ngucap ta’awudz aja udah salah 😢.
Itu udah cukup ngebuat nyali gue sedikit menciut. Ketika tadi gue ngeblank
ngejawab soal memberikan contoh hukum tajwid gue mikirnya gini, gak usah di isi
dulu, nanti pas tes baca gue coba cari aja hukum itu di soal tes lisan itu,
tapi ternyata hukum yang dimaksud itu gak ada contohnya di tes lisan yang gue
baca huhuhu. Meskipun pengujinya udah gue kenal tetep aja gue gerogi banget
bacanya. Dan akhirnya soal tulisan yang tadi gue ngeblank itu gue isi Cuma 1
contoh padahal disuruhnya isi 2 contoh.
Hasil ujian keluar dan
alhamdulillah gue naik level ke level 5 dan ada beberapa temen gue yang
masuk dikelas yang sama dengan gue,
dilevel ini materinya makin-makin riweuh. Dan yang jadi pembimbing gue di level
ini adalah penguji gue pas evaluasi kemaren. Karna gurunya udah kenal gue, jadi
beliau udah tau banget bacaan gue kayak gimana. Beliau bilang “Siska nih
pembalap ya?? Bacaan qur’annya ngebut banget” gue Cuma senyum aja pas gurunya
bilang begitu. Guru gue di level sebelumnya pernah bilang, kegiatan harian
seseorang berpengaruh terhadap bacaan Qur’annya. Jadi ketika kita beraktifitas
dan kita dituntut untuk kerja cepet maka ketika kita baca qur’an pun jadi cepet
banget, gue ngerasain itu soalnya setiap gue ngerjain sesuatu, di otak gue udah
tersusun rencana-rencana abis gue ngerjain ini gue pindah lagi ke kerjaan yang
ini, selesai bikin laporan ini, gue lanjutin dengan kerjaan lain. Jadi ketika
baca qur’an pun bawaannya mau buru-buru biar cepet selesai. Padahal baca kayak
gitu sifat hurufnya gak terpenuhi, kalo bacaannya udah bagus sih boleh-boleh
aja, sedangkan gue masih belajar ya jadi harus pelan-pelan, makanya koreksi gue
tiap minggu gurunya selalu berpesan bacanya pelan-pelan.
Seperti gue bilang tadi materi
disemester ini makin-makin sulit. Pernah suatu hari ada latihan soal dan untuk
materi tarqiq dan tafhkim itu gue susah banget buat masuk ke otak gue, ya emang
Cuma hukum tipis dan tebal tapi penyebab itu huruf bisa tipis dan tebal itu
banyak banget, susah banget buat dihafalin,ada Ra mati setelah hamzah washal,
ada Ra mati setelah kasrah sesudahnya huruf isti’la yang tidak berbaris kasrah
dll. Itu gue kebalik-balik ingetnya, ada yang inget contohnya lupa definisinya,
dan sebaliknya. Akhirnya gue ngejawab
soalnya ngarang pake bahasa gue sendiri,
gak ngikutin kata-kata dibuku. Dan setelah dikoreksi dibutuhkan tiga orang
untuk mengoreksi jawaban gue karna bingung dengan kalimat jawaban gue 😭, kasihan banget
temen-temen gue udah bingung ngejawab soal bingung pula ngoreksi jawaban gue
yang jawabannya out of topic 😂😂. Ketika ngoreksi jawaban gue dengan muka
bingung temen gue nanya ke guru gue “ ustazah, ini kalo contohnya bener tapi
definisinya salah gimana?” ngedenger temen gue nanya gitu gue hanya bisa ngakak
di pojokan ruangan.
Do’a gue ketika masuk ke level ini
adalah semoga nanti pas ujian gak berbarengan sama jadwal gue UAS di kampus.
Ternyata oh ternyata jadwal ujiannya bergantian hari doang sama jadwal UAS gue.
Evaluasi tahsin hari sabtu tanggal 13 Mei dan UAS gue hari minggu tanggal 14
Mei. Di jabah sama Allah gak berbarengan waktunya. Masuk bulan Mei rasanya kepala gue cenat-cenut 😣, padahal
tanggal 12 Mei adalah hari kelahiran gue, tapi bodo amat udah gak kepikiran
sama ulang tahun. Yang ada bulan Mei itu penuh ujian. Gue ngerasa setress
banget😫, materi tahsin sama materi manajemen itu
jauh banget ,materi tahsin ngebahas apa manajemen ngebahas apa. ini gimana belajarnya. Akhirnya pas UAS di
hari minggu yang melekat banget di otak gue malah definisi dan contoh idgham
mutaqaribain bukan harga indeks, sistem informasi dan sejenisnya parah banget. Tapi Alhamdulillah akhirnya gue lulus tahsin
juga dari level lima, meskipun berpusing-pusing ria. Tapi inget sebuah hadits
dari Bukhari :
“ Sebaik-baik kalian adalah orang
yang belajar al-qur’an dan mengajarkannya”
So, temen-temen gue sih nyaranin
banget buat kalian juga belajar tahsin dimanapun tempatnya, karna itu penting
banget, kemaren gue baca di postingan salah satu temen di FB dia bilang salah
satu qory yang lagi ngehits banget sekarang nih dikalangan anak muda ketika di
tes bacanya sama syeikh Ali Jabeer ternyata ada 4 huruf yang makhrajnya kurang
pas. Wallahu a’lam itu bener apa engga gue juga gak tau, tapi point pentingnya
adalah misal seorang qory aja bacaannya masih kurang pas, apalagi kita lebih
tepatnya gue baca ta’awudz aja masih salah, terus bacaan alfatihah kita dalam
shalat apa kabar???? Gue pernah ikut daurah lalu ustadnya bilang “ saya di
Indonesia dikenalnya hafidz qur’an, tapi ketika saya dapat beasiswa di Timur
Tengah, di tes sama syeikh disana, saya belajar makhraj lagi selama 4 bulan
karna makhrajnya belum beres”. Tuh seorang hafidz Qur’an aja belajar makhraj
lagi, kita udah bisa apa??? Gue malu banget + minder sama anak kecil yang pada
ikutan hafiz Qur’an di tv itu, mereka masih kecil-kecil tapi bacaan qur’annya
udah bagus banget, dan gue diumur gue yang udah banyak ini, baca Al-Kautsar aja
ditegur melulu sama guru gue, gara-gara kalo nyebut huruf “Ra” nya bibirnya
selalu ikutan maju, padahal “Ra” adalah huruf lidah gak ada sangkut pautnya
sama bibir. PR nya masih banyak banget😢😢.
Toosss.... PR di huruf tafkhim tarqiq...
BalasHapusini tulisan tahun 2017 berarti sekarang udah di level tahfidz dong, Ma Syaa Allah tabarakaLLaah.....
iya ini PR banget, njlimet 😁
Hapussemangat tahsinnn💪💪
Siska, ayo sharing lagi.... aku nungguin, ya
BalasHapusmaasyaaAllah ada yg baca tulisan gak jelas ini, jadi malu🙈 😀
Hapus