Langsung ke konten utama

Tahsin




Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.  Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.  Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.  
Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.  Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya  yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal yang sangat mendasar dalam belajar Al-Qur’an.  Dulu mikirnya yang penting tau gimana bentuk Alif, Ba, Ta dan kawan-kawannya, tau gimana cara baca huruf yang harokatnya fathah, kasroh, dhommah, tau gimana panjang pendeknya huruf, dan belajar tajwid pun sekenanya aja.
Zaman gue kecil entah berapa kali gue pindah ngaji, sering kayaknya gue pondah-pindah ngaji. Dulu belajarnya  pake Iqra, gak seperti sekarang yang banyak banget metode tahsin. Gue sekolah disekolah islam, dari MI sampe SMK semuanya sekolah islam, jadi bisa dibilang belajar ngaji bukan sesuatu yang baru buat gue. Gue dapat pelajaran tentang belajar baca Qur’an disekolah, jadi dulu gak hanya di musholah deket rumah selepas magrib belajar Qur’an tapi disekolah pun juga dapet pelajaran itu. Tapi belajarnya hanya itu-itu aja. Seperti yang gue bilang diawal belajarnya seakan mengabaikan makhraj dan sifat hurufnya. Yang penting bisa bacanya.
Gue mulai sadar untuk memperbaiki bacaan Qur’an gue selepas gue lulus SMK. Jadi dizaman gue sekolah gue udah merasa cukup dengan apa yang gue dapat dari sekolah, cukup dengan udah tau apa Idgham, Ikhfa, Izhar dan Iqlab. Waktu MI gue udah dapat pelajaran tentang Mad Far’i yang jumlahnya ada 13 itu. Tapi seiring pikiran gue yang semakin terisi oleh hal ini dan itu materi mad itu seakan memuai dari otak gue, dan tersisa hanya beberapa mad aja yang masih gue inget dengan jelas diotak gue. Itupun gue kalo disuruh ngejelasin masih bingung kenapa huruf ini bertemu dengan huruf ini hukumnya ini?? Gue hanya tau ini hukumnya mad ini, tapi kalo disuruh ngejelasin BLANK.
Setelah gue lulus sekolah dan kerja, gue udah niatin gaji pertama gue mau gue pake buat daftar tahsin. Soalnya gue mulai ngerasa gak cukup dengan apa yang gue dapet dari sekolah,  saat masih sekolah kita punya guru buat nanya ini itu, kita masih ada yang mantau gimana perkembangan bacaan qur’an kita . Ketika udah lulus gue ngerasa menentukan apa-apa itu sendiri, seakan udah lepas dari guru-guru. Mereka udah gak bertanggung jawab lagi akan diri gue, dan gue yang bertanggung jawab akan diri gue sendiri. Gue butuh guru untuk belajar Qur’an.Waktu itu gue daftar tahsin 200ribu dan tempat belajarnya di masjid Attin dibawah naungan PRISMA ATTIN (Pemuda Remaja Islam Masjid Agung Attin ). Waktu itu gue inget tanggal 26 oktober tahun 2014 gue mulai belajar tahsin di sana.
Gue mikir, kita ini shalat pake bahasa Arab, didalam shalat ada bacaan Al-Qur’an, lalu apa kabar shalat kita, ketika bacaan Al-Fatihah  kita masih kacau?? Gue belajar lagi mulai dari pengucapan huruf hijaiyah,  metode yang dipakai disana metode Ustmani, soalnya jauh lebih simple ketimbang pake Iqra yang  dulu dipake ngaji  waktu anak-anak, lebih praktis karna gak terlalu banyak, jadi cocok buat kita yang gak punya waktu banyak tapi masih ingin belajar. Jadi gak terlalu makan waktu karna Cuma ada 3 jilid.
Ketika disuruh baca, bacaan Qur’an gue masih kacau, qalqalahnya masih kurang pantul, tapi saat bukan huruf qalqalah malah gue pantulin, jadi koreksi gue tiap minggu itu soal qalqalah. Pernah waktu itu sampe berkali-kali gue baca salah terus, qalqalahnya masih kurang terus. Salah ulang lagi, salah ulang lagi, dan waktu itu gue ngerasa udah ada pantulannya, dan temen yang ada disebelah gue juga denger kalo bacaan gue udah ada pantulannya, tapi guru gue dan temen-temen gue yang lain masih belom denger kalo bacaan gue udah ada pantulannya, sampe cape rasanya karna diulang-ulang mulu, geregetan banget rasanya 😁
Belajar tahsin disana gue bolos mulu, akhirnya selama kurang lebih 2 tahun bacaan gue gak naik-naik, setengah buku aja ga selesai-selesai gue bacanya. Ketinggalan jauh dengan yang murid baru. Dulu ustazah yang ngajarin gue pernah nyaranin gue buat belajar tahsin di PTQ Al-Utsmani, beliau juga alumni sana. Beberapa temen gue juga ada yang pindah tahsinnya kesana, Sebenernya mau belajar dimanapun sama aja yang penting kan kita belajar membaca Al-Qur’an yang baik dan benar,  yaudah gue buletin azzam buat pindah belajar kesana. Karna gue keseringan bolos kalau disini terus. Gue kayaknya tipikal orang yang lebih bisa belajar dalam tekanan. Gue gak bisa belajar yang gayanya santai. Karna terlalu santai gue malah merasa masa bodoh, gak ada target, dan ga ada motivasi. Meskipun seperti itu, gue mau ngucapin terimakasih banyak kepada ustad/ah yang telah membagi ilmunya ke gue. Mereka yang telah mengajarkan gue bagaimana caranya membaca al-qur’an dengan baik, membetulkan bacaan gue yang ancur dan berantakan ini. Sehingga bacaan qur’an gue yang awalnya parah banget menjadi sedikit lebih baik. 
Biaya pendaftaran di Al - Ustmani waktu gue bayar pendaftarannya Rp.75.000, uang gedung Rp.200.000 dan SPP Rp.270.000 ( untuk SPP ada pilihan sesuai kemampuan ) jadi total keseluruhan Rp.545.000. untuk SPP dibayar persemester dan satu semester selama 3 bulan, jadi nanti ketika selesai satu semester kita hanya membayar SPP dan daftar ulang sebesar Rp.100.000
Sebelum masuk disana kita dites dulu untuk penempatan kita ada dilevel berapa, disana terdiri dari level 1-5 dilanjutkan dengan talaqqi dan tahfiz. Hasil tes menempatkan gue di level 4.  Tata tertib disana yang harus diikuti salah satunya adalah izin hanya diperbolehkan 3 kali untuk yang mengambil kelas seminggu sekali, dan 6 kali untuk yang mengambil kelas 2 kali dalam sepekan. Jika lebih dari itu maka tidak di izinkan untuk mengikuti ujian kenaikan level.
Usia yang ikut tahsin di sana pun beragam dari yang masih sekolah sampai yang udah usia lanjut, dan dari berbagai profesi. Ada salah satu temen gue, gue tuh seneng banget dengerin suara dia ngaji, gue mikirnya udah bagus banget bacaannya. Gue merasa makhrajnya dia tuh udah pas banget, tapi ternyata ketika di tes bacanya sama guru gue, banyak yang salah. Gue sampai bengong dan bergumam dalam hati “hahhh😱, dia bacaannya banyak yang salah?? Lalu apa kabar bacaan gue???”
Dulu ngerasa udah cukup gitu gak mau belajar lagi, pokoknya kalo urusan ngaji tuh di nomor kesekiankan, gak diprioritaskan banget. Temen-temen bilang gue itu udah pinter ngajinya. Padahal kenyataannya,astaghfirullah bacaan Qur’an gue tuh masih jauh banget dari kata BISA.
Gue mulai kenalan dengan makhraj dan sifat-sifat huruf. Yang selama ini gue bacanya suka-suka gue, huruf “Ba” gue keluarin dari mana aja sesuka hati gue. Tapi ternyata "Ba" itu tempat keluarnya dari bibir lebih tepatnya dua bibir tertutup. Huruf “Jim” itu keluarnya dari tengah lidah bertemu dengan langit-langit. Gue udah segede ini belajarnya Alif, Ba, Ta lagi. Malu??? Engga, gue gak malu buat belajar ngapain malu biarin aja belajarnya disamain sama anak TPA. Dan sifat huruf ada yang berpasangan dan ada yang tidak berpasangan. seperti manusia ada yang jomblo dan ada yang couple *Upss🙊 .  Gue baru tau kalo satu huruf  itu bisa  punya 5- 6 sifat. Ada Hams ( Keluar nafas ) pasangannya Al-Jahr ( tidak keluar nafas ) ada as-Syiddah ( suara tertekan ) pasangannya Ar-Rokhowah ( suara terlepas ) diantara As-Syiddah dan Ar-Rokhowah ada huruf pertengahan yang disebut Tawasuth dan masih banyak lagi. Gue selalu kurang nih di Ar-Rokhowah dan Tawasuth, dari minggu ke minggu koreksi gue selalu itu nih buktinya

Ujian kenaikan kelas tiba, dan ternyata penguji gue adalah salah satu guru gue tahsin di Attin, ya beliau memang ngajar di Ustmani juga. Ujian disana ada tes lisan dan tulisan, jadi nanti setiap peserta ujian akan dipanggil satu persatu untuk maju tes lisan, sedangkan yang lain mengerjakan tes tulisan, sambil menunggu giliran maju untuk tes lisan. Saat ngerjain tes tulisan gue ngeblank, ketika ada soal memberikan contoh hukum tajwid, itu mendadak surat an-nas aja gue gak hafal. Al-fatihah aja gue lupa-lupa urutannya parah banget ( kebanyakan dosa kayaknya nih gue ), bener-bener ngeblank. Buntu banget rasanya ini apaan contohnya?? Mau ngarang, masa ayat Al-qur’an gue karang, lah ngaco banget gue, dosa malah nanti jadinya ngerubah ayat Allah. Sama seperti ngejawab soal hadits itu harus sesuai banget tulisannya sama seperti di buku, gue malah takut hadits yang awalnya shahih,malah jadi dhaif gara-gara gue nulisnya salah.
Nama gue dipanggil, saatnya gue maju untuk tes lisan, ketika gue baca Ta’awudz penguji  gue berdehem itu adalah sebuah kode kalo gue bacanya salah, kata penguji gue huruf “Tha” nya kepanjangan. Itu belom baca loh, baru ngucap ta’awudz aja udah salah 😢. Itu udah cukup ngebuat nyali gue sedikit menciut. Ketika tadi gue ngeblank ngejawab soal memberikan contoh hukum tajwid gue mikirnya gini, gak usah di isi dulu, nanti pas tes baca gue coba cari aja hukum itu di soal tes lisan itu, tapi ternyata hukum yang dimaksud itu gak ada contohnya di tes lisan yang gue baca huhuhu. Meskipun pengujinya udah gue kenal tetep aja gue gerogi banget bacanya. Dan akhirnya soal tulisan yang tadi gue ngeblank itu gue isi Cuma 1 contoh padahal disuruhnya isi 2 contoh.
Hasil ujian keluar dan alhamdulillah gue naik level ke level 5 dan ada beberapa temen gue yang masuk  dikelas yang sama dengan gue, dilevel ini materinya makin-makin riweuh. Dan yang jadi pembimbing gue di level ini adalah penguji gue pas evaluasi kemaren. Karna gurunya udah kenal gue, jadi beliau udah tau banget bacaan gue kayak gimana. Beliau bilang “Siska nih pembalap ya?? Bacaan qur’annya ngebut banget” gue Cuma senyum aja pas gurunya bilang begitu. Guru gue di level sebelumnya pernah bilang, kegiatan harian seseorang berpengaruh terhadap bacaan Qur’annya. Jadi ketika kita beraktifitas dan kita dituntut untuk kerja cepet maka ketika kita baca qur’an pun jadi cepet banget, gue ngerasain itu soalnya setiap gue ngerjain sesuatu, di otak gue udah tersusun rencana-rencana abis gue ngerjain ini gue pindah lagi ke kerjaan yang ini, selesai bikin laporan ini, gue lanjutin dengan kerjaan lain. Jadi ketika baca qur’an pun bawaannya mau buru-buru biar cepet selesai. Padahal baca kayak gitu sifat hurufnya gak terpenuhi, kalo bacaannya udah bagus sih boleh-boleh aja, sedangkan gue masih belajar ya jadi harus pelan-pelan, makanya koreksi gue tiap minggu gurunya selalu berpesan bacanya pelan-pelan.
Seperti gue bilang tadi materi disemester ini makin-makin sulit. Pernah suatu hari ada latihan soal dan untuk materi tarqiq dan tafhkim itu gue susah banget buat masuk ke otak gue, ya emang Cuma hukum tipis dan tebal tapi penyebab itu huruf bisa tipis dan tebal itu banyak banget, susah banget buat dihafalin,ada Ra mati setelah hamzah washal, ada Ra mati setelah kasrah sesudahnya huruf isti’la yang tidak berbaris kasrah dll. Itu gue kebalik-balik ingetnya, ada yang inget contohnya lupa definisinya, dan sebaliknya.  Akhirnya gue ngejawab soalnya ngarang  pake bahasa gue sendiri, gak ngikutin kata-kata dibuku. Dan setelah dikoreksi dibutuhkan tiga orang untuk mengoreksi jawaban gue karna bingung dengan kalimat jawaban gue 😭, kasihan banget temen-temen gue udah bingung ngejawab soal bingung pula ngoreksi jawaban gue yang jawabannya out of topic 😂😂. Ketika ngoreksi jawaban gue dengan muka bingung temen gue nanya ke guru gue “ ustazah, ini kalo contohnya bener tapi definisinya salah gimana?” ngedenger temen gue nanya gitu gue hanya bisa ngakak di pojokan ruangan.
Do’a gue ketika masuk ke level ini adalah semoga nanti pas ujian gak berbarengan sama jadwal gue UAS di kampus. Ternyata oh ternyata jadwal ujiannya bergantian hari doang sama jadwal UAS gue. Evaluasi tahsin hari sabtu tanggal 13 Mei dan UAS gue hari minggu tanggal 14 Mei. Di jabah sama Allah gak berbarengan waktunya. Masuk bulan Mei  rasanya kepala gue cenat-cenut 😣, padahal tanggal 12 Mei adalah hari kelahiran gue, tapi bodo amat udah gak kepikiran sama ulang tahun. Yang ada bulan Mei itu penuh ujian. Gue ngerasa setress banget😫, materi tahsin sama materi manajemen itu  jauh banget ,materi tahsin ngebahas apa manajemen ngebahas apa.  ini gimana belajarnya. Akhirnya pas UAS di hari minggu yang melekat banget di otak gue malah definisi dan contoh idgham mutaqaribain bukan harga indeks, sistem informasi dan sejenisnya parah banget.  Tapi Alhamdulillah akhirnya gue lulus tahsin juga dari level lima, meskipun berpusing-pusing ria. Tapi inget sebuah hadits dari Bukhari :
“ Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar al-qur’an dan mengajarkannya”
So, temen-temen gue sih nyaranin banget buat kalian juga belajar tahsin dimanapun tempatnya, karna itu penting banget, kemaren gue baca di postingan salah satu temen di FB dia bilang salah satu qory yang lagi ngehits banget sekarang nih dikalangan anak muda ketika di tes bacanya sama syeikh Ali Jabeer ternyata ada 4 huruf yang makhrajnya kurang pas. Wallahu a’lam itu bener apa engga gue juga gak tau, tapi point pentingnya adalah misal seorang qory aja bacaannya masih kurang pas, apalagi kita lebih tepatnya gue baca ta’awudz aja masih salah, terus bacaan alfatihah kita dalam shalat apa kabar???? Gue pernah ikut daurah lalu ustadnya bilang “ saya di Indonesia dikenalnya hafidz qur’an, tapi ketika saya dapat beasiswa di Timur Tengah, di tes sama syeikh disana, saya belajar makhraj lagi selama 4 bulan karna makhrajnya belum beres”. Tuh seorang hafidz Qur’an aja belajar makhraj lagi, kita udah bisa apa??? Gue malu banget + minder sama anak kecil yang pada ikutan hafiz Qur’an di tv itu, mereka masih kecil-kecil tapi bacaan qur’annya udah bagus banget, dan gue diumur gue yang udah banyak ini, baca Al-Kautsar aja ditegur melulu sama guru gue, gara-gara kalo nyebut huruf “Ra” nya bibirnya selalu ikutan maju, padahal “Ra” adalah huruf lidah gak ada sangkut pautnya sama bibir.  PR nya masih banyak banget😢😢.

Komentar

  1. Toosss.... PR di huruf tafkhim tarqiq...
    ini tulisan tahun 2017 berarti sekarang udah di level tahfidz dong, Ma Syaa Allah tabarakaLLaah.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini PR banget, njlimet 😁

      semangat tahsinnn💪💪

      Hapus
  2. Siska, ayo sharing lagi.... aku nungguin, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maasyaaAllah ada yg baca tulisan gak jelas ini, jadi malu🙈 😀

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen