Langsung ke konten utama

Menunggu Giliran


   

Malam itu, paket internet habis gue biarkan HP tergeletak dimana saja, HP tanpa ada paket internet kayaknya udah seperti bangkai, seperti kehilangan fungsinya. Gue abiskan malam itu dengan ngotak-ngatik laptop tanpa perduli HP gue ada dimana, gue juga gak tau tuh HP batrenya penuh atau engga.
            Selesai shalat subuh baru gue kalang kabut nyariin HP ada dimana, setelah ketemu ternyata batrenya abis, gue charge HP dan gue selesaikan ritual pagi hari. Ketika gue mau berangkat ngantor gue cabut chargeran lalu gue masukan ke dalam tas, tanpa gue hidupkan terlebih dulu tuh HP. 
Sampe di kantor baru gue nyalain tuh HP, ada SMS masuk dari temen kantor isinya mengabarkan kalo anak salah satu temen kantor gue masuk RS. Emang beberapa hari itu salah satu temen kantor gue gak masuk kantor dikarenakan anaknya sakit. Gue masih belum 'ngeh' sama isi pesannya soalnya bahasanya muter-muter. jadi gue gak bisa langsung nangkep apa isi pesan itu, lagian juga gue belum buat laporan harian, makanya pikiran gue masih ke laporan harian. Kalo dikantor gue bisa wifi'an jadi internet lancar jaya 😁, masuklah WA beruntun banyak banget pesan masuk. Dan disalah satu pesan di WA ternyata dari salah satu temen kantor isinya cuma " Mba Siska " begitu doang, gue pikir ini orang kenapa nge-WA cuma manggil nama doang, kebetulan waktu itu baru gue berdua doang yang sampe dikantor. Gue dengan kerjaan gue dan temen yang itu pun ngerjain kerjaan dia. 
Temen gue yang semalem SMS sampe dikantor. Ekspresinya murung, dia nanyain gue kenapa gue gak bisa dihubungi. Ditelpon gak bisa di sms gak bisa? Ya gue jelasin aja kalo HP gue mati. Terus gue nanyain maksud SMS dia tuh apa “Mba, maksudnya SMS itu apa sih??” “Kayla masuk rumah sakit semalem, kondisinya ngedrop, Mba Siska ditelpon gak bisa, di SMS gak di bales” Jawabnya. Gue kaget banget “terus sekarang kondisi Kayla gimana?? Tanya gue panic. “udah gak ada” kata temen gue. “maksudnya????” Tanya gue kepo. “udah meninggal” jawabnya. “HAHHHHHH” SPECHLESS gue, lemes, shock langsung gue kerja ga mood. Ngeliat laporan udah males, tanda tangan aja udah gak selera. “Beneran mba???” Tanya gue meyakinkan kalo apa yang gue denger itu bener apa engga. “lah mba Siska gak tau???” Tanya temen kantor gue yang sedari tadi bareng sama gue. Gue menggelengkan kepala, dan ternyata temen gue yang tadi nge-wa juga mau mengabarkan hal itu “Mas Fian tadi wa kenapa??? Tanya gue. “itu mau ngabarin itu”. Katanya. Astaghfirullah ternyata hanya gue doang yang gak tau berita itu. Ya Allah Kayla itu baru berumur satu tahun, ya emang untuk urusan maut kita gak pernah tau kapan dia akan datang, kita tinggal menunggu giliran, rasanya belum lama gue nganterin ibunya buat beli baju tidur buat dia, dan belum lama juga gue nyari sepatu buat kado ulang tahunnya dia. Dua hari sebelumnya grup WA kantor isinya juga berita duka, Kakak dari bos gue meninggal dunia. Sebagian besar orang kantor pada kerumah duka, dan gue berdua temen gue jadi jaga kantor.
“Terus jenazahnya sekarang dimana mba??” Tanya gue. Rupanya jenazah masih dirumah sakit, pihak keluarganya masih bingung mau dimakamin dimana tubuh mungil itu. Antara mau di kampung ayahnya atau dideket makam kakeknya yang ada di daerah sini. Lalu kita dapat kabar kalo jenazahnya mau di bawa kerumah dulu, nanti baru di bawa ke Kebumen untuk dimakamkan di kampung ayahnya.
Kita dapat kabar kalo jenazah kira-kira nyampe rumah sebelum zuhur, hadeuuuh itu kerja rasanya apa banget, udah gak mood, udah males banget ngeliat laporan, yang ada gue pengennya nangis,  gue gak bisa nahan air mata, teringat gue pernah gendong-gendong dia sampe dia tidur digendongan gue, keinget tawanya dia saat kita bercanda. Aaah sedih banget, padahal gue bukan ibunya tapi ngerasa kehilangan banget, gimana perasaan ibunya coba???
Sekitar jam 11 jenazah tiba, langsung lah semua peghuni kantor datang melayat sehingga kantor kosong. Gue parkirin motor, air mata gue gak bisa ditahan, ngeliat mobil ambulance gue makin lemes. Gue masuk kerumahnya jenazah udah ditutupin kain, gue liat Mba lusi udah lebih stabil tapi gue liat suaminya pandangannya kosong. Kayla ini anak pertama, dan emang anak yang ditunggu-tunggu banget kehadirannya karna mereka udah lumayan lama menikah dan baru dikaruniai anak. Gue duduk tepat didepan jenazahnya, air mata gue rasanya susah banget buat berenti.
Setelah di shalatkan jenazah di bawa ke Kebumen, kitapun kembali kekantor. Gue buka-buka group WA kantor kembali ada berita duka, kakak dari salah satu karyawan meninggal juga. Innalillahi, ini sepertinya Allah sedang mengeliminasi siapa aja yang dipertemukan dengan bulan Ramadhan, ini kejadian beberapa hari sebelum Ramadhan tiba.
Keesokan paginya, gue nyariin si emak gak ada dirumah, gue Tanya ke babeh “Emak mana beh?? “ lagi melayat kerumah haji Yasin” jawab si babeh, Innalillahi tetangga gue meninggal. Perasaan gue gak berselera banget, betapa umur itu kita gak pernah tau, betapa maut itu bukan untuk yang tua, bukan untuk yang sakit, tapi untuk yang sudah waktunya. Beruntun berita duka membuat gue takut, beberapa hari itu mood gue jelek banget, galau banget gue, betapa gak ada jaminan sama sekali bahwa satu menit kedepan kita masih hidup. Malah gue pernah sampe takut untuk tidur, takut nanti pas bangun gue bukan didunia ini lagi, dan jasad gue udah kelilingi banyak orang, gue takut banget, soalnya ngerasa diri ini penuh banget sama dosa.
Bener-bener gak ada penjamin mau asuransi semahal apapun gak bisa ngejamin satu jam kedepan kita masih bernafas.
Gue jadi inget sebuah hadits :
“Sekiranya kalian mengetahui apa yg aku ketahui, sungguh kalian akan sedikit tertawa & banyak menangis”
Merenungi hadits itu, betapa selama ini gue lebih sering tertawa, sampai terbahak-bahak bersama temen-temen gue, ketimbang nangis bareng. Padahal gue gak punya penjamin bahwa setelah kehidupan ini gue bakal langsung melenggang ke syurga, seperti Rasulullah yang sudah di jamin masuk Syurga. Seakan masa bodo untuk urusan akhirat, terlalu ke’PD’an kalo malaikat maut tuh datangnya masih lama, padahal siapa tau sekarang orang sedang menjahit kain kafan utnuk kita, kita mana tahu???.
Gue pernah denger ceramah bahwa salah satu khalifah, padahal ia udah dijamin oleh Rasulullah akan masuk syurga, tapi kalo ibadah selalu sampai nangis-nangis dan lama, ketika ditanyakan hal itu ”kenapa engkau ibadah begitu lama dan sampai menangis-nangis, padahal engkau telah dijamin oleh Rasulullah akan masuk Syurga??” lalu dijawab “ aku memang dijamin masuk syurga, tapi aku tidak dijamin lepas dari azab kubur”. Orang yang dijamin masuk syurga aja, masih ketakutan akan azab kubur, dan gue ga ada jaminan apa-apa, ibadahnya masih sebatas menggugurkan kewajiban doang,  tapi ngerasa PD banget masuk syurga. Pemikiran yang amat sangat keliru.
Beberapa hari lalu denger aa Gym ceramah isinya kurang lebih begini “ kita itu, untuk urusan yang sudah dijamin terkadang rajin banget ngejarnya, tapi untuk urusan yang belum dijamin, kita terlalu PD bahwa hal itu untuk kita, contohnya : rezeki itu udah ada yang ngatur, rezeki itu gak bakal ketuker, kalo emang itu rezeki kita ya bakal jadi milik kita, dan terkadang kita menghalalkan segala cara untuk dapat hal itu, padahal udah porsiin rezeki kita, tapi untuk urusan syurga dan neraka, kita tuh gak ada yang jamin loh bakal masuk syurga, tapi ogah-ogahan banget buat ibadahnya, PD banget dijamin masuk syurga. Emang ibadah apa yang udah bisa meloloskan kita masuk syurga??? Kalo niat ibadahnya aja masih sering banget belok, sudahkah kita mewakafkan sesuatu yang bisa mengalirkan pahala seperti halnya khalifah Ustman yang mewakafkan sebuah sumur yang tak pernah kering hingga saat ini?? Dan sampai sekarang masih ada rekening atas nama Ustman Bin Affan, padahal udah 14 abad yang lalu.
Kita tuh tinggal menunggu giliran, setiap hari jatah umur kita berkurang, tapi kita seakan santai aja melakukan dosa, seakan-akan ngelakuin dosa itu hobi, astaghfirullah. Ini bener-bener reminder buat diri ini yang sering banget melakukan kesalahan. Semoga kita semua diwafatkan dalam keadaan khusnul khotimah, dijauhkan dari siksa neraka, dijauhkan dari azab kubur, dan ditempatkan disyurganya, dan semoga di Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi akan meninggalkan kita, kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin, sebelum ia benar- benar pergi meninggalkan kita. Atau malah kita yang akan meninggalkan Ramadhan terlebih dahulu sebelum ramadhan ini meninggalkan kita, karna usia kita tak pernah tau. Kita tak tau sampai kapan kita ada didunia ini.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya