Langsung ke konten utama

Emak itu Unik




Suatu siang setelah mengikuti suatu acara, entah kenapa rasanya ingin banget pulang, padahal masih ada satu acara lagi, tapi rasanya males banget, ingin banget rasanya pulang terus bobo manis dan mimpi yang manis ( teh kali ah manis ๐Ÿ˜‚ ), maklumlah kemaren-kemaren berkegiatan dari hari minggu ketemu minggu lagi , rasanya ini badan ingin leyeh-leyeh diatas tempat tidur. Kangen banget rasanya bisa tidur siang.
"aku pulang aja ya, gak jadi ikut seminar" pintaku 
" yah udah deh, aku juga pulang aja" rupanya temen yang satu ini juga ingin ikutan pulang, akhirnya kita berdua pulang. dari mulai acara pertama sampai memutuskan pulang kerumah aku tak membuka-buka HP. Kubiarkan HP didalem tas tanpa disentuh, dan HP juga disilent, sehingga tak tahu ada kabar apa.
Diperjalanan pulang ku kendarai motor sambil merem melek ( ngantuknya nampollllll ๐Ÿ’ค). Alhamdulillah nasib baik masih berpihak kepadaku sehingga aku tak mengalami kecelakaan apapun, tapi kalo di inget bahaya banget sebenernya mengendara dalam keadaan mengantuk. 
Tiba dirumah muka si emak udah kayak belimbing wuluh ( Aseemmm cuyyy ). "Kenapa nih si emak???" pikirku, tapi aku tak menanyakan kenapa mukanya jadi jutek banget seperti itu, aku langsung masuk ke kamar. Baru mau merebahkan badan, si emak bilang "lama banget sih pulangnya??" "emang kenapa??" tanyaku. Si emak tak menjawab. Aku buka HP rupanya si emak SMS nyuruh cepet pulang. Pantes aja bawaannya pengen cepet-cepet pulang, rupanya dirumah ada yang ngarep-ngarep anaknya ini cepet pulang๐Ÿ˜‚.
Si emak minta dianter ke suatu toko, karna si babeh gak ada dirumah, jadilah aku yang disuruh cepet pulang untuk menemaninya. Baru beberapa detik nih badan nempel ke kasur, dengan rasa kantuk yang belum hilang, akhirnya aku keluar lagi dari kamar, dan segera melaksanakan mandat dari ibu negara itu. 
Diperjalanan si emak bilang " cepetan ntar tokonya keburu tutup". Diperintah suruh cepet kuputer lah gas motor dengan kecepatan yang lumayan, ngebut lah diriku. "jangan kenceng-kenceeeennngg" kata si Emak. Nah loh tadi disuruh cepetan, tapi diajak ngebut komplen???? terus solusinya apa, pengen cepet sampe tapi dilarang ngebut??. Galau lah diriku sebagai anak. Ini teka-teki yang rumit pecahkan๐Ÿ˜„
Beda lagi ketika aku memperhatikan beliau masak, niat awalnya ingin belajar masak dan diriku mematung dipojok dapur lalu si emak berkata " Orang masak jangan dimandorin" denger si emak bilang gitu aku kabur, padahal itu mungkin sebenernya sebuah kode, jangan dimandorin tapi bantuin masak, emang dasar anaknya ini gak peka bukannya ngebantuin malah ditinggal kabur ๐Ÿ˜‚. Beda lagi cerita saat aku disuruh masak. Aku kalo udah main didapur itu wajan dan panci pada beradu, seperti layaknya sebuah pertandingan rame banget, padahal cuma ngegoreng tempe doang ๐Ÿ˜ฌ, lalu si emak kembali berkata " Makanya kalo orang masak liatin biar bisa". Laaahhh kemaren diliatin malah diomelin sekarang malah disuruh ngeliatin kalo ada yang masak. piye tohhh??? Pantes banyak yang bilang wanita itu sulit dimengerti, aku aja yang sesama wanita gak mengerti ๐Ÿ˜‚
Belum lama ini, aku berkesempatan untuk tidur siang, mumpung ada waktu kosong langsung lah ku manfaatkan untuk bobo muaaniss, menjelang ashar aku belum bangun, tidurnya sih dari sekitar jam 2 lewatan gak lama-lama banget lah. Dan hari kamis itu jadwalnya si emak ngaji, tetangga udah nyamper kerumah. Si emak masuk kekamarku, si emak bilang "Ka, emak lagi masak entar santennya ceburin ya ke panci". "Hmmm" cuma itu yang keluar dari mulutku, sebenernya itu belum sadar 100% masih dialam mimpi, suara si emak aja ada didalam mimpi ๐Ÿ˜‚, dan akhirnya aku malah masuk jauh lebih dalam jauh lebih dalam ke alam mimpi๐Ÿ˜ด ( mungkin begitu kalo kata Romi Rafael ๐Ÿ˜ƒ), daaannnn akhirnya aku bangun, kayak punya suatu utang gitu, kayaknya tadi abis dapat mandat sesuatu, di inget-inget OH IYAAAAAA disuruh nyeburin santan, wuuaaahhh lansung loncat dari kasur dan segera menuju dapur. Tiba di dapur, eeeehhh kok kompornya mati????? gasnya abis kah???? tapi kok di meja gak ada santannya?? apa yang mau diceburin????. Di depan tv ada si babeh, langsung lah tanya si babeh "beh, tadi Ika disuruh nyeburin santankan sama emak?? itu kok kompornya mati??" "udah" jawab si babeh singkat banget kayak SMS. "babeh yang nyeburin??" "iya, udah mateng tuh sayurnya". jawab si babeh. Aaaaahh si babeh ini super hero buat anaknya ini ๐Ÿ˜‚
Aku sering ditinggal berdua aja sama adikku yang paling kecil. Biasanya kalo ditinggal berdua gini, aku ngerasain gimana rasanya jadi mahmud alias mamah muda ๐Ÿ˜ฌ, sambil beres-beres rumah, sambil jagain balita, aku ngepel adikku ekspresinya diem aja dilantai "dede kenapa?? ee ya???" tanpa ada jawaban darinya. "dede pindah dulu ya, teteh mau ngepel", tetep gak ada jawaban. Mulai curiga nih. biasanya anak kecil kalo diem aja itu meninggalkan bau ๐Ÿ˜ท. Aku dekati dia, dan bener aja dia pup. Waaww ngepel baru setengah jalan dan harus dipending dulu nemenin dia ke WC. Ternyata begini rasanya jadi emak, pantes aja aku pernah baca di fb curhatan seorang emak, emak bisa mandi pake sabun aja rasanya udah Alhamdulillah. ๐Ÿ˜„ baru mandi 5 menit aja bayinya nangis, atau apalah, sehingga seorang emak itu tak punya waktu banyak kerjanya 24 jam. 
Waktu itu aku pernah ikut mabit, dan ada muhasabahnya gitu, renungannya itu tentang ibu, nangis bombay dengernya, aduuuh dosa sama emak banyak banget, rasanya pengen pulang, terus ingin peluk emak sambil nangis-nangis, mau minta maaf. Tapii... ketika pulang, si emak ngomel, wuaaahhh baru aja mau minta maaf pengen peluk-peluk emak, eehh malah diomelin gak jadi minta maafnya keburu BT duluan๐Ÿ˜ฃ.
Emak itu unik meski sering banget, berselisih faham, tapi berada disampingnya itu nyaman banget, meski sering diomelin tapi tetep aja aku inginnya nempel disampingnya. Kalo tidur dikamar sendiri itu gak langsung nyenyak tapi Tidur disamping emak itu cepet banget pules, si emak lagi ngelonin si dede, eeh malah aku yang tidur ๐Ÿ˜‚. Dikamar si emak udah sempit banget tapi sering banget nyelip-nyelip buat ikutan tidur bareng ๐Ÿ˜€ "kan punya kamar sendiri, udah tidur dikamar gih" omel si emak, tapi tetep aja aku tidur disampingnya, dan sibabeh entah tidur dimana, asal jangan tidur dirumah tetangga aja ๐Ÿ˜
Jum'at lalu ketika pulang kantor diwarung deket rumah terdengar sebuah suara yang memanggil namaku "Kaaaaaa". Ku hentikan motor lalu ku cari sumber suara tersebut, ternyata si emak ada diwarung, tumben amat si emak sore-sore gini, duduk-duduk diwarung. "Buka puasa gak punya apa-apa nih" kata si Emak. Tumben banget biasanya kalo udah jam 5'an itu rak udah penuh makanan."Bapak buka diluar, apih juga buka diluar" oooohhh rupanya ketiga pria penghuni rumah ku buka puasa diluar, abang kerjanya lagi masuk siang, malem baru pulang. "terus mau beli apa?" tanyaku. "yaudah nyari gorengan" kayaknya gorengan itu menjadi makanan yang wajib ada buat buka puasa. Kuputer balik motor keliling lah nyari makanan buat buka. "Buat Ika aja, emak lagi gak puasa". Lah rupanya hanya diriku yang puasa. setelah beli gorengan, aku bilang "mak, Ika pengen beli kerudung, tapi dimana ya?" aku ada acara dan pakaiannya harus seragam, dan aku belum punya kerudung dengan warna yang dimaksud. yaudah sekalian aja pulangnya ke toko kerudung dulu. 
Pilih-pilih kerudung, emak bilang " Ka, emak yang ini ya". sambil menunjukkan sebuah kerudung. Okelah kita beliin satu buat si emak. Setelah bayar langsung cusss pulang. "Ka, makan belum ada lauknya" kata emak lagi, aku pikir cuma gak punya takjil doang, rupanya si emak emang gak masak apa-apa, karna mikir yang puasa aku doang jadi gak masak, "kenapa gak bilang dari tadi??? tau gitu kan gak usah beli gorengan, langsung aja beli makanan berat" jawabku."terus mau makan apa??" tanya si emak. "udah ah ga usah" karna biasanya juga kalo buka jarang banget makan nasi. Mungkin si emak merasa kasian sama anaknya ini, mau buka ga ada lauknya. "dirumah juga gak ada es loh Ka" kata si emak lagi. Ya ampun mak, emangnya Ika anak kecil apa yang buka harus ada makanan ini dan itu, harus minum es ini dan itu. Aku sih oke-oke aja kalo ada air putih juga. "udah gak usah beli es" jawabku " Beneran???? " si emak nanya meyakinkan, takut banget anaknya ini marah, karna gak punya apa-apa buat buka. "iya, udah nanti bikin es teh aja". akhirnya pulang lah kita. Itu beli makanan pake duit si emak, itu kayak sebuah tanggung jawab makan anaknya tuh orang tua yang nanggung, padahal anaknya ini udah kerja, si emak ga minta duit ke aku
Tiba dirumah, ada anak sekolah yang lagi bagi-bagiin nasi kotak kerumah-rumah warga, "tuh, kan rezeki mah ada aja, gk usah beli lauk, ada yang nganterin makanan" ucapku.
Disamping ibu itu ngerasa nyaman banget, si emak pun gitu, kalo ada apa-apa aku disuruh kerumah nenekku, jemput dia suruh dateng kerumah, misalnya adek aku lagi sakit, aku bukannya disuruh beli obat, tapi malah disuruh ngejemput nenekku, ya nenekku juga kalo ada dirumah gak bisa ngapa-ngapain, gak bisa ngobatin, tapi ya itu tadi disamping orang tua itu, ada kenyamanan, kita bisa lebih rileks dan gak panik. 
Kasih sayang orang tua itu sepanjang masa, meski anaknya sudah besar-besar tapi tetep aja perhatiannya ke kita seperti kita masih kecil. Pengorbanan seorang ibu dari mulai mengandung itu luar biasa.
"Dan Kami Perintahkan kepada manusia (agar berbuat baik) kepada kedua orang tua-nya. lbunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam usia dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu. Hanya kepada Aku kembalimu." ( Q. S Luqman : 14 )
Mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, ngeliatin orang hamil itu rasanya ngiluu, apalagi dengerin cerita orang lahiran, masya Allah itu ngeriiiihhhhh, kadang aku sambil meringis tutup kuping dengernya, katanya ngelahirin itu kalo ngelahirin normal itu, kalo misalnya harus di jahit, maka saat penjahitan itu gak di bius. ITU RASA APA COBA?????? DIJAHIT TAPI GAK DIBIUS DIORGAN YANG PALING SENSITIF PULA???? cuma emak yang tahu itu rasanya. Temen kantor ada yang lagi hamil, lalu dia bercanda bilang ke aku " Mba, nanti kalo aku lahiran mau nemenin gak??'' WHATTTTT???? bisa semaput aku diruang bersalin๐Ÿ˜‚
Aaaaahh emak, dirimu itu unik banget sih, maafkan anakmu ini yang sering banget bikin emak sewot, bikin emak marah, bikin emak emosi, Ika tau cerewetnya emak itu tanda sayang, cerewetnya itu perhatian, cerewetnya emak itu tanda anaknya ini gak mau anaknya celaka.  I LOVE YOU MOM๐Ÿ˜˜
#harike4 #DPKW #tantangan7hari menulis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya