Langsung ke konten utama

Wisudanya bikin BAPERRZZZZ…



Kemarin pagi gue ikut wisuda & khatmul Qur’an LBQ Al – Utsmani di gedung SG 3 Asrama Haji, Pondok Gede. Alhamdulillah gue lulus level 5 dan wisuda itu diperuntukkan yang lulus level 5 dan yang tahfiz baik itu yang hafal 1 juz sampe 30 juz. Dari kelompok tahsin gue, ternyata hanya gue sendiri yang ikutan wisuda, bukan berarti temen gue gak lulus, tapi memang wisuda itu tidak diwajibkan untuk ikut. Kurang lebih ada 250 peserta yang diwisuda.
Kenapa gue beri judul seperti itu dipostingan kali ini, soalnya wisuda kemaren itu rasanya nano-nano, ini wisuda terbaper yang pernah gue alami ( kayak udah sering wisuda aja gue ) biasanya kalo wisuda-wisuda di sekolah paling sedih pas nyanyi lagu Hymne Guru dan Terimakasihku, selebihnya udah biasa aja. Tapi ini, mereka yang pada diwisuda tahfiz 30 juz itu jahat, kenapa jahat??? Karna mereka telah membuat air mata gue meleleh 😭😭 terharu cuyyyyy. Itu baper banget melebihi bapernya ngeliat foto pengantin yang pada berseliweran di FB *ekh…😂
Mereka yang telah berhasil menghafalkan Al-Qur'an 30 juz itu membuat iri BERATTZZZZ ( boleh kan iri kalo soal begituan??? ), iri banget gue sama mereka yang setiap hari berinteraksi dengan Qur'an, mereka yang disibukkan dengan Qur'an.
Dalam sebuah hadits qudsi Allah SWT telah berfirman, ”Barangsiapa yang disibukkan dengan Al Qur’an dan berdzikir kepadaKu, hingga tidak sempat meminta kepadaKu, maka aku akan memberikan apa yang terbaik yang Aku berikan kepada orang-orang yang meminta. Dan keutamaan firman Allah atas perkataan makhluk-Nya adalah seperti keutamaan Allah atas semua makhluknya.” HR. Turmudzi.
 Tuh, ada hadits yang bunyinya seperti itu, diberikan sebaik-baik pemberian Allah terhadap orang-orang yang sibuk dengan Qur'an. Emang kalian gak iri apa? gue sih iri banget😢, mereka masih pada muda-muda tapi waktu mereka dipergunakan bersama Qur'an, sedangkan gue?? 🙈 usia mereka yang pada diwisuda itu untuk yang akhwat usianya kebanyakan di bawah gue😢
Bukan hanya hal itu yang membuat baper, tapi mereka yang telah menyelesaikan hafalannya itu, saat sesi wisuda orang tuanya diperbolehkan naik ke atas panggung. untuk mengalungkan bunga ke leher kedua orang tuanya, itu puncaknya baper yang gue rasa bersama temen gue. Diatas panggung mereka berpelukan dan ciuman mendarat dikening mereka dari orang tuanya, masya Allah 😍 pemandangan yang amat sangat mengharukan. mereka telah memberikan mahkota untuk kedua orang tuanya diakhirat kelak. Mereka telah mengangkat derajat orang tuanya.
Anak dari pendiri lembaga Utsmani kemaren ada 2 orang yang diwisuda, kedua anaknya telah menyelesaikan hafalan Qur'annya 30 juz. Mantap banget kan itu, keluarga Qur'an banget, itu pasti kedua orang tuanya bangga banget, gue jadi mikir kalo punya anak banyak terus kesemua anaknya penghafal Qur'an gimana ya perasaan orang tuanya?? mahkotanya banyak banget tuh👸




Salah satu pengisi acara kemaren adalah ustad Yusuf Mansur, beliau memberikan motivasi untuk menghafal Qur'an, itu motivasinya pedes banget kaya tahu jeletot ( Kayak pernah makan tahu jeletot aja gue 😂) tapi motivasinya bikin semangat terbakar, semangat membara 💪 beliau bilang dari satu ayat beliau bisa menghasilkan 2 buku dengan masing-masing 400 lembar perbukunya. Prakteknya beliau baca ayat kemudian artinya, baca ayat yang sama berikut artinya berulang-ulang, sampai akhirnya manggut-manggut sendiri, tanda bahwa mengerti pesan apa yang disampaikan di ayat tersebut. Lalu beliau menantang kita para wisudawan/ti untuk menulis dari ayat yang ada didalam Qur'an, kita bisa menemukan pesan apa yang ada diayat tersebut, kita semua ga ada yang berani angkat tangan untuk menyanggupi tantangan tersebut. Akhirnya beliau marah " copot aja selempang kalian, disuruh gitu aja ga berani, saya gak butuh hafalan kalian yang banyak gak guna" JLEBBB. kurang lebih begitulah perkataan beliau, akhirnya setelah berulang kali ditantang, dan disaksikan ust. Effendi Anwar semua peserta mengangkat tangannya menyanggupi tantangan tersebut, dan beliau memberikan waktu seminggu kita harus sudah menyetorkan tulisan kita. Gue mengerutkan dahi, selama ini tulisan gue semuanya absurd, mungkin gue harus merubah genre tulisan gue, agar lebih bermanfaat buat yang baca. Setelah turun panggung ust. YM pun langsung pamit karna beliau ada acara ditempat lain, sambil jalan pulang beliau bilang "saya akan buatkan kata pengantarnya". Udah mau bikin kata pengantar aja nih Ustad, gue kepikiran juga belum mau nulis tentang apa 😅. Gue kira ini gak serius eehh taunya di group ada info begini : 


Setelah pemberian sertifikat gue ketemu pembimbing gue, salaman lah sama beliau, beliau nanya kenapa temen-temen gue gak pada ikutan wisuda. Lalu ada perkataan beliau yang gue Aamiin-kan banget dari lubuk hati gue yang terdalam " Semoga ini awal, untuk wisuda hafalan-hafalan berikutnya" ketika gue mau pamit pulang pun beliau bilang lagi " semoga tahun depan wisuda lagi ya ". Guru yang ini, tau banget gue kayaknya, gue paling rusuh kalo dikelas, gue yang gak bisa nahan ketawa kalo ngeliat temen gue kesusahan nyebut huruf hijaiyah yang pas kocak banget 😂, belajar makharijul huruf itu mulut harus elastis kayak karet menyon kesana dan kesini😀. Dan biasanya kelas rusuh gara-gara gue. Guru yang baik banget menurut gue, padahal dulu gue takut banget sama beliau 😄









Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya