Langsung ke konten utama

Goresan tintamu tak dapat kumengerti




Kisah pagi ini antara gue dan adek kecil gue, ceritanya tadi pagi gue lagi megang buku dan pulpen, gue dapet tugas nulis tentang Qur’an dan tadi pagi acara ceramah di TV tentang Qur’an rencana awal mau nyatet apa yang ustadnya sampaikan biar nambah referensi tulisan gue, tapi realitanya gue malah maen sama adek gue. Anak kecil itu emang follower, apa yang gue lakuin selalu diikutin, apa yang gue pegang dia selalu pengen, ngeliat gue megang pulpen dan buku, langsung dia minta pulpen dan buku juga. Gue kasih dia pulpen, tapi bukunya gak ada, gue kasih lah buku adek gue yang baru lulus SD kan bukunya udah gak ke pake juga, tapi rupanya dia gak mau “itu buku cekoyah, itu buku abang ( itu buku sekolah, itu buku abang )” katanya. Rupanya dia ngerti kalo buku sekolah itu gak boleh di coret-coret. Gue cariin lagi buku yang lain. Dia kalo udah megang buku dan pulpen yang dia buat selalu huruf A dan Ba, gak lagi lain selalu dua huruf itu, karna emang kenalnya huruf itu doang, mau itu huruf kayak kail pancing, dia bilang itu A.
Tadi pagi dia antusias banget nunjukin hasil tulisannya dia ke gue “ Teteh, aku bikin Ba”. Yang gue dapet setelah baca artikel-artikel tentang parenting, kita harus mengapresiasi apapun hasil karya si kecil, mau itu hasilnya berantakan atau apapun, agar si kecil tumbuh kepercayaan dirinya, agar menjadi pribadi yang optimis dan berani untuk terus mencoba, jangan mencela hasil karyanya. “ Wah iya itu huruf Ba” kata gue, sambil masang muka seceria mungkin. Lalu dia gerakin lagi pulpen diatas kertas, kali ini dia buat lingkaran. Biasanya dia bakal nanya ke gue apa yang dia bikin, “ini apa teh” padahal dia yang bikin tapi gue yang disuruh nebak itu gambar apaan. Yaudah ini sebelum dia nanya gue nyoba untuk nebak duluan dia bikin apaan, gue pikir kan tadi dia lagi bikin huruf hijaiyah, yaudah langsung aja gue tebak dia lagi bikin apa “itu Ta Marbuthoh???” ucap gue, meskipun berat banget bahasannya hahahaha ya kan biasanya huruf hijaiyah Cuma ada 30, dan Ta marbuthoh itu gak ada di huruf hijaiyah yang 30 itu. “teteh, ini aguy ( teteh ini anggur )”katanya. Nah loh pikiran gue sama dia ga sinkron wkwkwkw.  “oh anggur๐Ÿ˜€๐Ÿ˜…” gue ngakak. Lalu dia ngebuat gambar yang sama lagi “itu anggur lagi??” Tanya gue. “ini buku”jawabnya, hadeeeuuuhhh salah maning tebakan gue. Buku apa yang bentuknya bulet kayak pilus gitu???? Tapi di iya’in ajalah biar dia gak marah, besok-besok gue gak mau sok-sok’an jawab duluan, sebelum dia ngejelasin dia ngebuat gambar apa, salah mulu tebakan gue๐Ÿ˜‚

Beda lagi waktu gue lagi ngegambar sama anaknya temen kantor gue, Aqila namanya, waktu itu gue disuruh gambar Upin-Ipin sama dia, tapi gue gak mau bikin dua-duanya gue mau bagi tugas gue bikin satu dia bikin satu. Kayaknya waktu itu gue kebagian gambar si Upin dan dia bikin si Ipin. Gue mulai ngegambar begitupun dia. Gue bikin lah gambar Upin ala-ala gue yang penting ada rambutnya satu berdiri, bentuknya absurd banget juga bodo amat ๐Ÿ˜ƒ. Setelah dia selesai ngegambar dia nanya ke gue “ini apa???” lah dia yang ngegambar dia yang bingung sendiri sama hasil karyanya. “kok, mirip kucing” jawabnya kecewa, ngeliat hasil gambarnya lebih mirip kucing dari pada Ipin. Gue ngakak ngedengernya aduuuhhh lucu amat sih kamu. Tiba-tiba dia ketakutan ngeliat gambarnya dia sendiri. Katanya gambarnya serem๐Ÿ˜‚๐Ÿ˜‚
Kalo main sama yang udah gede keseringan bapernya, main sama anak kecil itu tak mengenal kata baper ๐Ÿ˜‚. Segala tingkahnya, keluguannya, kepolosannya semuanya deh seakan tak ada dusta diantara kita *ceileeeehhh ๐Ÿ˜„.  Ngeliatnya ketawanya yang lepas banget, itu seakan terpancar dimatanya bahwa dia bener-bener happy, gak ada dusta, kalo dia ingin ketawa berarti ya memang dalam dirinya dia lagi bahagia, tapi saat sedih ya dia ungkapkan dengan ekspresinya yang bรชte. Kalo udah gede keseringan kita melakukan penopengan pura-pura ketawa, pura-pura bahagia, penuh kepura-puraan๐Ÿ˜…

#harike6 #7DPKW #tantanganmenulis7hari



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya