Langsung ke konten utama

Kembali pulang



Hp gue kedap-kedip, ada bbm masuk rupanya, gue liat layar hp ternyata dari temen sekolah “bu hajiiii, jenguk ustad suryadi yuk ??, gue disekolah biasanya di panggil bu haji, gara-gara penampilan gue jadinya gue dipanggil bu Haji, sampai  guru-guru disekolah juga dulu manggil gue Bu Haji, awalnya risih juga tapi belakangan ya biarkan saja anggap aja itu doa dari mereka biar gue segera menginjakkan kaki ke Tanah Haram. Ustad Suryadi itu guru waktu SMK, beliau mengajar Al-qur’an Hadits, beliau memang sudah lama sakit, semenjak gue lulus tahun lalu kondisinya ngedrop, ketika gue masih sekolah beliau sehat-sehat aja.
Sebenernya udah lama banget di suruh jengukin beliau sama Bu Rita (salah satu guru gue juga), Bu rita sampai ngirim inbox di FB “ Sis, kalo ada waktu jengukin Ustad Suryadi sama temen-temen beliau sakit” kurang lebih isinya seperti itu. Bu Rita nyuruh jengukin dari bulan April tapi sampai bulan Desember gue belum pernah jengukin guru gue itu yang udah membagi ilmunya ke gue, masya Allah murid macam apa ini??? Sebenernya semenjak Bu Rita nyuruh gue jengukin Ustad Suryadi gue udah ngajakin temen-temen gue, tapi temen-temen gue ga ngerespon, dan akhirnya gue pun males untuk pergi sendiri. Sampai akhirnya temen gue yang kebetulan kerja di RS tempat Ustad Suryadi dirawat ngirim Broadcast di bbm hari selasa tgl 15/12/15, isinya seperti ini :
“ Luangin waktu kita buat doain guru kita Ust. Suryadi atau ada yang mau jenguk sekarang di rawat , mohon partisipasinya buat semua”.
Dapet BC seperti itu kan gue jadi kepo, wah jangan-jangan kondisinya parah, akhirnya gue tanya-tanya ketemen gue,  dari kekepoan gue dapatlah gue informasi,Ustad Suryadi sakit ginjal, dan kondisinya udah parah bgt, makan aja harus yang cair dan itupun makannya lewat hidung , kalo diajak ngobrol udah ga nyambung, dan berontak terus kalo tangannya gak di pegangin, dan ternyata bukan hanya sakit ginjal tapi paru-paru juga, jadi udah komplikasi penyakitnya.
Sehabis nerima BC dari temen gue itu, malam harinya temen gue yang namanya Ela BBM ngajakin buat jengukin Ust. Suryadi, “bu hajiiii, jenguk ustad suryadi yuk ??” . yaudah gue bales “ ayoo, hari minggu ya” karna gue Cuma libur di hari minggu. Sepertinya temen gue hari minggu ga dapet jatah libur, waktu itu gue bbm’an  hari selasa, dan temen gue ngajakin jenguknya besok malam, nah berhubung gue anak yang ga biasa keluar malem, apalagi ini jauh, gue pun nolak gue ngajakin minggu aja, dan temen gue bales lagi
“ yaelah bu Haji, ntar kalo dia keburu pulang gimana??” kata temen gue.
“ ya kalo udah pulang, kita jenguknya dirumahnya aja” gue bales, tapi sial gue bbm ceklis ke dia, yaudah gue buat status bbm aja, gue harap temen gue baca, rupanya temen-temen gue yang lain baca PM gue, merekapun comment status gue. Mereka nanyain gue mau jenguk ust. Suryadi, nanti bareng kalo mau jenguk.  Berhubung gue ga bisa kalo pergi malem, soalnya ga bakal di izinin juga sama babeh tercinta gue kalo keluar malem-malem, jadi si Ela sama temen-temen yang lain pergi jenguk duluan, dan gue janjian sama yang lain hari Minggu.
Hari minggu tgl 20 Desember 2015 gue emang udah ada rencana mau ngumpul di rumah sahabat gue yaitu Dedeh, soalnya adiknya Dedeh sunatan, jadi biar sekalian habis dari rumah Dedeh bisa langsung jenguk Ust. Suryadi gue konfirmasi sahabat-sahabat gue buat ngumpul ternyata dari 6 sahabat gue, Cuma gue, Tati sama Dedeh aja yang bisa, padahal ingin ngumpul karna udah lama juga gak ketemu sahabat-sahabat gue, sebelumnya juga gue udah janjian sama Ipul, dia ngajakin jenguk Ust. Suryadi.
Malem minggu gue konfirmasi lagi temen-temen gue, kalo acara besok jadi atau enggak, dan akhirnya mereka menyatakan “IYA”, oke jadi fix yang ikut jenguk Ust. Suryadi kita ber-4, yaitu : gue, Tati, Dedeh, sama Ipul. Sebelumnya si Ipul ngajakin jenguknya jam 10, okelah bagus,  berarti jam 1 gue tetep bisa ikut tahsin di masjid Attin.
Cuaca minggu pagi mendung-mendung syahdu, membuat gue males banget beranjak dari kasur, abis shalat subuh gue tidur lagi masih pake mukena, gerimis pun turun sekitar jam 7’an, rencananya gue mau berangkat jam setengah Sembilan, tapi ngeliat gerimis turun gue jadi males buat ngapa-ngapain,  mandi aja rasanya males banget “ ahh entar aja mandinya, kalo udah jam 8 lewat”  pikir gue. Yaudah gue baca novel aja dulu, jam 8’an Tati bbm gue
“ Sis, nanti kalo mau berangkat bbm gue ya”.  Isi bbmnya
“Ok” bales gue
“ gue mau mandi dulu” kata si Tati
Laaaaaaahhh si Tati udah mau mandi aja, gue aja belum ngapa-ngapain, padahal rumah gue yang jauh, tapi gue belum siap-siap sama sekali, yaudahlah gue mandi, sekitar jam 9 kurang dikit gue rapih, padahal janjian jam setengah 9, ini jam 9 kurang gue masih dirumah, gue bbm lah si Tati “ Tat, gue berangkat”.
Ternyata pas diperjalanan si Ipul nge-PING gue berkali-kali, ya gue di motor mana tau kalo dia bbm gue, sekitar jam setengah sepuluh gue sampe di rumah Dedeh barengan si Tati. Sampai di rumah Dedeh ,si Apih adiknya Dedeh yang lagi di Sunat lagi nangis, rupanya obat biusnya udah abis, jadi dia baru ngerasain sakitnya, “ yah masa gue dateng di sambutnya sama tangisan”. Ngeliat si adiknya Dedeh nangis kesakitan gitu, gue jadi inget adik gue waktu disunat yang kebetulan namanya juga Apih, nangis ga berenti  gara-gara kesakitan.
Jam 10’an si Ipul dateng, yaudah kita pun gak lama di rumah Dedeh jadi langsung berangkat, dan kita mutusin buat gak bawa kue atau buah, kita patungan aja,  kayaknya uang lebih dibutuhin ketimbang makanan. Gue boncengan sama Tati, dan si Ipul sama Dedeh. Kita sampai di RS jam 11, dan itu pas banget dengan jam besuk, sebab jam besuk dari jam 11 s/d jam 12. Udah sampai di RS kita ga langsung masuk, kata si Ipul “ tungguin Lazkia dulu”, Lazkia itu temen gue yang kerja di RS itu, rupanya si Ipul sama Lazkia janjian kalo mau keruang Ust. Suryadi tungguin dia. Yaudah kita nungguin, Lazkia di bbm ceklis doang, di telpon ga diangkat, ahh gue yang bawa tas segede gaban pegel nungguinnya, tas gue berat banget, soalnya abis jenguk ust. Suryadi gue mau langsung belajar tahsin.
Si Ipul nyari Lazkia ke ruangannya, tapi ruangannya kosong, hampir setengah jam nungguin Lazkia , tapi dia ga ada kabar juga. Jam besuk tinggal setengah jam lagi, tapi Lazkia belum juga nongol, semakin lama nunggu itu berarti peluang gue untuk dateng tahsin telat makin lebar. Sebenernya kita udah di kasih tau ust. Suryadi di rawat diruang Mawar no.12. Ruang Mawar no.12 itu 3 kamar lagi dari kita berdiri, tapi kita semua ga ada yang berani,  Tati bbm si Ela, tapi jawaban Ela waktu dia jenguk ust. Suryadi masih di UGD, jadi dia gak tau ust. Suryadi ada diruang mana. si Ipul orang yang deket banget sama ust. Suryadi disuruh masuk duluan ga mau, yaudah lah gue sama Dedeh bergerak duluan, di depan ruang itu rame bgt, tapi orang-orang tamu dikamar ruang 11, dan gue pun buka pintu, gue liat di ranjang pertama kosong, dan ranjang sebelahnya lagi ada pasiennya, tapi itu bukan Ust. Suryadi, gue tanyalah “ permisi bu, ini ruangannya Ust. Suryadi bukan ya?”, dan jawabannya “ Bukan”, gue keluar lagi, ditanya lah gue sama orang yang tadi ada diluar “ cari pasien siapa de?”, mungkin orang itu ngeliatin kita dari tadi ga masuk-masuk, sekalinya masuk salah ruangan, “kita cari pasien yang namanya Ust. Suryadi Pak, katanya di rawat di ruang mawar No. 12” jawab gue, tapi rupanya Bapak itu juga gak tau, dan kita disaranin buat nanya suster, tapi saat itu di ruang suster ga ada orang. Kita memutuskan buat naik kelantai 2, ketika mau naik tangga, kita di tanya sama satpam.
 “ Mau cari siapa de?”
 “ kita mau keruangannya Pak Suryadi pak, ruangannya dimana ya?” jawab gue.
“ Oh, pak Suryadi itu lantai 2, No.12, kebetulan kemarin saya yang bantuin beliau”.
“ Oh gitu, Makasih ya Pak”.
            Kita naik ke lantai 2, kita telusuri jalan menuju kamar no.12, kita lihat dari balik kaca, itu bener ruang Ust. Suryadi atau bukan, dan di dalem ruangan ada seseorang yang lagi duduk mengenakan kaos merah, gue pikir itu Ust. Suryadi soalnya postur tubuhnya sama banget, mukanya juga mirip, tapi kata si Ipul itu bukan. Kita pun main dorong-dorongan didepan pintu nyuruh masuk duluan, akhirnya si Ipul mau masuk duluan,
            “ Assalamualaikum” ucap si Ipul, kita pun ngikutin Ipul dari belakang, dan ternyata benar, orang yang berkaos merah itu bukan Ust. Suryadi, sepertinya itu adiknya soalnya wajahnya mirip banget, tapi beliau kelihatan lebih muda dari Ust. Suryadi,
            “ Waalaikum salam, eh ayo masuk”
Dan ketika gue lihat, diatas kasur pasien, Ust. Suryadi udah terbaring dengan mata terpejam, gue pikir beliau lagi tidur rupanya beliau udah ga sadarkan diri, ngeliat kondisinya ga tega banget, nafasnya pake alat dan udah ga beraturan, itu mirip seperti orang lagi renang lalu tenggelam, narik nafasnya udah ga beraturan, masya Allah guru yang waktu itu kelihatan segar bugar, terbaring di RS dengan kondisi seperti itu, di lehernya ada perban, dan itu bekas cuci darah, jadi beliau seminggu 2 kali harus cuci darah, kita pun sedikit ngobrol-ngobrol sama sodaranya itu, dan beliau bilang, Ust. Suryadi udah ga sadar sejak hari Jum’at, masuk RS sejak minggu lalu, tapi itu masih sadar masih ngerespon, dan kondisinya ngedrop sejak hari Jum’at.
            Sodaranya nyariin istri Ust. Suryadi, tapi sepertinya istri Ust. Suryadi lagi tidur, sodaranya itu cerita, waktu itu Ust. Suryadi udah sembuh dan udah bisa beraktivitas lagi, dan minggu lalu kambuh lagi penyakitnya, sampai akhirnya hari jum’at bener-bener ngedrop ga ngerespon apa-apa ketika dipanggil sampai hari minggu kemarin waktu kita jenguk.
            Gue pun ngajakin Ipul buat kebelakang, kebetulan amplop uang patungan ada di tas gue, gue nyuruh si Ipul aja yang ngasihin, soalnya sodaranya itu laki-laki, masa gue yang ngasihin ga enak lah, dan ketika gue kebelakan ada seorang perempuan lagi tidur, sepertinya itu istri Ust. Suryadi, selama ini gue belum pernah ketemu sama istrinya. Mukanya tampak kecapekan banget.
Gue pun langsung masuk lagi keruangan, si Ipul pun langsung ngasihin amplop itu ke sodaranya Ust. Suryadi, “ ini pak ada sedikit dari kita” kata Ipul.
“oh iya terimakasih ya, maafin ya kalo pak Suryadi ada salah, semoga ini jadi penggugur dosanya”, kita berempat pun segera meng-Aminkan.
Saat mau pulang si Ipul di suruh ngomong dulu di telinganya Ust. Suryadi, si Ipul manggil namanya dan bener aja ga ada respon sama sekali, aaaah kasian banget ga tega liatnya, guru yang dulu badannya gemuk, berubah jadi kurus banget dan terbaring lemah seperti itu. Dan kira-kira setengah jam kita disana, kita pun minta untuk pamit.
Gak lama keluar dari ruangan terdengar azan zuhur, dan itu pas banget dengan habisnya jam besuk, di perjalanan keluar RS si Ipul bilang “ yah kalo udah begitu mah ninggal nunggu aja”. “ apaan si Pul, enggak lah” gue menyangkal, gue tau maksud perkataan si Ipul, dan gue gak mau itu terjadi.
Menurut gue suasana RS itu serem, soalnya gedungnya dipisah-pisah, biasanya gue kalo ke RS di satu gedung, jadi gak terlalu serem, kalo yang ini serem, banyak pohon gedenya menambah kesan horror buat gue, si Dedeh pun sepertinya sama kayak gue dia merasakan hal yang sama, abis suasananya mirip banget yang di film, siang aja kesannya serem apalagi malem, si Dedeh matanya ngeliatin setiap ruangan yang ada, sampe akhirnya matanya tertuju pada sebuah ruang yang ada tulisan Jenazahnya. Si Dedeh nyenggol gue “ Ka, Ka liat deh” dia nyuruh gue buat nengok keruangan itu, sepertinya itu ruangan untuk mengawetkan mayat, kayaknya sih itu juga, soalnya sebelum tulisan jenazah ada tulisan lagi tapi gue lupa, setelah menyusuri jalan di RS akhirnya sampailah kita di parkiran, soalnya kita parkir di depan RS, dan ruangan Ust. Suryadi ada di paling belakang, lumayan juga jalannya jauh, dan kita pun langsung pulang.
Gue gak mau kalo harus jalan duluan, sebab gue gak tau jalannya, gue itu tipe orang yang susah banget sama yang namanya inget jalan, jadi si Ipul lah yang jalan duluan. Ketika di perjalanan, motornya Ipul terhalang mobil, dan gue pun gak tau si Ipul belok ke kanan atau ke kiri, di pertigaan jalan gue udah masang lampu sign ke kiri, tapi gue nanya ke Tati “ Tat, ini ke kanan apa kiri???, si Tati bilang ke kanan, yaudah gue ikutin apa kata Tati, gue pasang sign ke kanan, tapi gue merasa pas tadi berangkat ga lewat jalan situ, gue panggil Tati “ Tat, kayaknya tadi kita berangkat ga lewat sini deh”, tapi Tati diem aja, “Tat, tat”  gue panggil masih diem aja, gue berentiin motor di pinggir jalan, “ Tat ini kita kemana??” gue udah feeling ini bakal telat tahsin, jam udah menunjukan setengah satu, tapi gue gak tau gue lagi ada dimana. Si Dedeh ama Ipul entah udah berada dimana, untung aja Tati tau jalan itu, dan sampai lah gue ke daerah Kalimalang, gue anterin Tati Cuma sampe gang rumahnya doang, si Tati juga tau gue bakalan telat “ Sis, nanti turunin gue di depan Sevel aja”, dan gue pun nganggukin kepala. Setelah Tati turun gue pun melanjutkan perjalanan lagi menuju Taman Mini.
Di perjalanan gue gak PD, setiap minggu gue emang selalu telat kalo dateng tahsin, tapi itu berangkatnya berdua, nah kemarin gue berangkat sendiri, malu rasanya dateng di saat yang lain udah pada mulai, apalagi ustadzah yang biasanya ngajarin gue berhalangan hadir, jadi ada info kelas tahsin di gabungnya sama ikhwan, waduuuhh malunya makin- makin dah gue, sampe di parkiran gue liat hp gue, udah jam setengah 2, itu berarti gue beneran telat, aahh tapi bodo amat telat juga gue tetap masuk, ketika nyampe gue langsung ambil wudhu kebetulan gue belum shalat zuhur, sehabis gue shalat gue liat kelompok tahsin ikhwan belajarnya di lantai shalat, tapi “kok ga ada akhwatnya, aduuh gimana ini, masa gue doang akhwatnya, malu ah nyamperinnya” gue bbm temen-temen tahsin gue tapi pending, gue coba bbm yang lain, eh hp gue tiba-tiba mati, lengkap lah sudah penderitaan gue hari itu. Kelompok tahsin itu di bagi 3, kelas akhwat ada 2, nah biasanya kelompok yang satunya kalo tahsin selalu diruang secretariat di lantai 3, nah ketika gue liat di kelompok ikhwan ga ada akhwatnya berarti temen-temen gue gabung ke kelompok  ustadzah Win, gue mau naik ke lantai 3, otomatis gue harus ngelewatin kelompok tahsin ikhwan, soalnya mereka tahsin di samping tangga, berarti gue kalo mau kelantai 3 harus ngelewatin mereka, aaahhh malu banget lewatnya, awalnya gue mutusin yaudah ga ikut tahsin, ikut tadabur aja nanti ba’da ashar, rencananya gue mau nungguin aja sampai ashar di lantai 2, pas gue nengok ke belakang ternyata ada temen gue juga yang telat, syukurlah gue ga sendirian, kalo berdua kan gue berani lewatnya ke lantai 3. Ternyata benar temen-temen gue gabung ke kelompok ustadzah Win, ga gabung ke kelompok ikhwan, ketika gue sampai ternyata banyak yang belum setor bacaan, okelah gue tunggu giliran, dan gue baru dapat giliran ketika jam hampir mendekati jam 3, wah lama juga nunggunya, pas nunggu giliran itu gue cerita ke temen gue “ Ka, tadi aku jenguk guru aku, kasian banget Ka nafasnya udah ga beraturan”. Kata gue,“ emang sakit apa?”
Tanya temen gue, “ sakit ginjal ka, terus paru-parunya juga udah kena”, jawab gue.
“ Kasian banget kalo udah sakaratul maut gitu” kata temen gue.
“ ihh, kaka mah engga lah jangan sampe”. Jawab gue protes, gue gak mau guru gue dibilang sekarat gitu.
Dan giliran gue pun tiba, gue baca buku tahsinnya, gue baca Cuma satu halaman, sedangkan temen-temen gue 2 halaman, tapi giliran gue disuruh hafalan sedangkan yang lain engga setor hafalan, lah gue belum ada persiapan hafalan apa-apa, untung aja setor hafalannya masih surat-surat yang gue bisa, udah gitu ga Cuma satu surat tapi enam surat, wewwwww mantep banget dah,  emang udah hafal sih tapi Cuma sekedar hafal doang, cara bacanya masih berantakan, makharijul hurufnya masih kurang tepat, tapi Alhamdulillah gue bisa. Akhirnya azan ashar berkumandang kelas tahsin pun selesai, kita turun ke lantai dua untuk shalat ashar.
Selesai shalat lanjut ikut tadabur qur’an, naik lagi kelantai 3, selama kajian tadabur, gue keseringan bercanda sama temen gue, padahal gue duduk di paling depan, entah lah ustadnya mau mandang apa hehehe. Saat tadabur qur’an berlangsung gerimis turun, udara pun jadi dingin banget, ditambah perut gue juga lapar, gue Cuma sarapan doang tadi pagi, di rumah Dedeh pun gue hanya makan pudding,  yaudah lah gue ga konsen saat tadabbur qur’an.
Tadabbur selesai saat menjelang azan magrib, dan gue pun janjian sama temen gue untuk nyari makan dulu habis shalat magrib, sebab bukan hanya gue yang nahan lapar ternyata temen gue juga. Habis shalat kita pun nyari tukang makanan di sekitar masjid, gue mesen mie ayam, temen gue pilih soto pake nasi, soalnya dia lapar banget, dan sialnya temen gue pesenan yang dateng bukan soto tapi bakso, gue ketawa ngakak ngeliatnya “ disini gitu kali Ka, mesen soto yang dateng bakso hahahahha” kata gue. “ iya nih, yaudahlah bakso juga ga apa-apa yang penting pake nasi, mba pesen nasinya ya mba” kata temen gue sambil pesen nasi ke mba yang jualnya. Soalnya dia mau pulang ke Bogor, katanya butuh tenaga extra buat di perjalanan hahaha.Untung aja gue mesen mie ayam, yang dateng beneran mie ayam. Makanan abis kita pun langsung pulang
Di perjalanan terdengar azan isya, biasanya gue isya udah sampe dirumah, tapi karna tadi makan dulu sebelum pulang jadi agak telat nyampe rumah, dan gak biasa-biasanya jalanan yang gue lalui sepi, padahal di jalan itu setiap gue lewat kalo pulang dari kajian selalu rame dan bahkan sering macet, kebetulan temen gue yang biasanya berangkat bareng gue ga dateng, jadi gue pulang sendiri. Udah pulang sendiri jalanan sepi, makin takut aja gue, apalagi belum lama ini tetangga gue habis pulang kuliah dirampok, jadi parno gue.
Gue sampe rumah sekitar jam setengah delapan lewat. Gue charge hp, lalu gue mandi, selesai mandi gue liat hp ada sms masuk. Dan ternyata Bu Rita sms gue mengabarkan ustad Suryadi meninggal. Innalillahi itu rasanya gue lemes, baru tadi pagi gue ketemu, baru tadi pagi gue jenguk beliau. Gue shalat isya pun rasanya lemes, gak nyangka, kaget orang yang tadi pagi gue temuin sekarang udah ga ada. Selesai shalat gue langsung beli pulsa ke warung, semenjak pake bbm gue males banget beli pulsa, gue bales sms bu Rita, nanya kapan meninggalnya ternyata beliau meninggal jam setengah 2, gue pulang dari RS jam 12, berarti di saat gue kesasar jalan pas pulang itu kondisi Ust. Suryadi makin ngedrop. Masya Allah, mungkin di saat gue pulang malaikat maut dateng, atau mungkin disaat gue masih di sana sebenernya malaikat maut udah ada, dan yang gue liat nafas ust. Suryadi seperti orang tenggelem itu beliau lagi sakaratul maut???? Jadi disaat temen tahsin gue bilang “ Kasian banget kalo udah sakaratul maut gitu”  dan gue menyangkal “ ihh, kaka mah engga lah jangan sampe”. Jawab gue protes, gue gak mau guru gue dibilang sekarat gitu. Itu bener kejadian???????, mungkin perkataan Ela yang bilang     “ yaelah bu Haji, ntar kalo dia keburu pulang gimana??” itu berarti pulang dalam artian sebenernya, pulang kembali ke pangkuan Ilahi????
Astagfirullah. Jadi hari itu bener-bener hari terakhir ketemu beliau, bener-bener untuk yang terakhir kalinya, ketemu untuk yang terakhir kalinya tepat di hari terakhir beliau ada didunia ini???  Apa mungkin ustad nungguin muridnya ini buat ngejenguk??? Astagfirullah maafin kita ustadz, baru bisa jengukin ustadz kemarin, sebelum ustadz pergi, tapi Alhamdulillah Allah masih ngizinin kita buat nemuin ustadz meski dengan kondisi ustadz udah ga sadarkan diri, tapi kita masih bisa lihat, untuk yang terakhir kalinya sebelum engkau pulang ke pangkuan Ilahi.
Rasa sesek karna kaget bercampur nyesel, kalo tahu akhirnya seperti itu, rasanya gak mau buru-buru pulang dari RS, mau nemenin di sana, tapi Alhamdulillah banget Allah masih beri kesempatan untuk nemuin, ketimbang temen-temen yang lain yang belum sempet jengukin.
Peci putih sama baju batik yang sering ia kenakan saat ngajar masih terekam jelas banget dikepala ini, diskusi disela-sela jam belajar dulu sering banget gue lakuin sama beliau, di saat yang lain nulis, inget banget perkataan beliau nyuruh gue buat rajin shalat tahajud, aaaahh gue jadi kangen di suruh nyari hukum tajwid lagi sama beliau. Kita saling cerita gimana keluhan gue sekolah di sekolah itu, dan dia pun cerita gimana suka dukanya ngajar disitu, aaahhh ustadz maafin kita, kalo selama ini banyak salah, kita sering nakal, terima kasih atas segala ilmu yang talah engkau berikan untuk kami, semoga Allah mengampuni dosamu, dan sakitnya yang kemarin sebagai penghapus dosa-dosamu dan Allah menerima amal ibadahmu Amiin.
Sekarang kalo buka buku tahunan rasanya ada yang hilang, sosok ustadz Suryadi sudah pulang kehadirat Ilahi.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya