Langsung ke konten utama

Heyy Mblooo....



                 
                 Jomblo, kayaknya emang selalu jadi objek bullying, awalnya gue bingung gue yang punya title jomblo ini selalu diledekin, kenapa sih jomblo itu diledekin mulu??, ada yang salah dengan jomblo???, tapi kemarin gue abis ngeledekin temen gue yang jomblo yang lagi nyusun skripsi, ternyata emang seru banget ngeledekin jomblo hahahaha *Peace mbloo✌✌..
                Punya title jomblo itu bukan suatu kesalahan, itu hanya status sementara kok, so nyantai aja ga usah🙅🙅 galau merana resah gelisah tiada tara. Karna si dia udah disiapkan oleh Dia, so sabar aja nungguin si doi entar juga dateng kok, kalo ga hari senin ya selasa, atau hari rabu, atau gak ya mungkin hari kamis, atau di hari yang mulia hari jum’at, atau dia mau dateng di hari week end, sabtu / minggu, ya tungguin aja kan hari Cuma ada 7 dalam seminggu, tungguin aja disalah satu harinya, mau dia dateng bulan ini bulan depan, mau tahun ini atau tahun depan hehehe. harinya masih tetep sama ko dalam seminggu ada 7 har, jodoh pasti bertamu kayak filmnya si Sally nih filmnya 😎
                Oh iya diawal gue bilang ngeledekin orang yang jomblo itu seru, iya seru banget emang, pada baper2 gimana gitu kalo abis diledekin😀😀,  meski itu sama aja gue ngeledekin diri gue sendiri hehehe, tapi inget ngeledekinnya jangan sampe kelewatan kalo kelewatan puter baliknya susah, jadi please kasihanilah jomblo ini udah ga punya pasangan diledekinnya kayak orang yang disudutin paling pojok ruangan gelap, semakin terpuruklah kaum jomblo ini nantinya, jadi bercanda sekedarnya aja, biar dia ga merasa sepi dalam kesendiriannya ( ini mah gue curhat hahaha ). Oohh iya gue lupa jomblo mah ga usah dikasihanin tapi dicariin pasangan lebih tepatnya heheh, yang dikasihanin mah tuh yang pada pacaran, WHY?? Abisnya gue liat RU bbm gue bocah pitik yang pada pacaran kerjaannya galau mulu, penuh RU gue ama isi statusnya tuh anak, dia update mulu, isinya gak lagi lain galau mele🙍🙍, kayak gini nih :
“ intinya kecewa”,
“jangan cariin gue kalau gue ga ada”,
“ Baru kali ini sayang sama orang sampe sebegini ga pengen kehilangannya”.
“kalau saya bisa mengulang waktu, saya akan memilih tidak bertemu kamu”
“aneh y, lu sendiri yang bilang sayang dan sekarang? Lu sendiri yang ninggalin gua!”
Ya ampun dek, kamu masih SMP udah harus menanggung perasaan yang sebegitu galaunya ( saya turut berduka ya atas kegalauan kamu :D ). Gue pas kelas 3 SMK pernah update status di fb yang kalimatnya galau gitu, kalimatnya sih gue catut dari dialognya si mas Azzam dan Hafez di film KCB, kalo lu pernah nonton film KCB pasti tau dialognya yang si Hafez bilang baca Qur’an terus bayangan Cut mala malah menari-nari diatas ayat-ayat yang sedang dibaca. Guru gue baca status gue,terus gue dikejar-kejar guru gue ( kayak film India hahaha ), diintrogasi gue “siska ada seseorang yang ganggu pikiran kamu ya??” gitu kata guru gue, Ya ampun gue baru update gitu aja langsung ditembak dengan pertanyaan seperti itu, padahal gue updatenya itu gue pakein hastag judul film itu, buat nyamarin biar ga ketauan banget kalau gue lagi galau gara-gara naksir orang, tapi tetep ketauan hahaha, yah naksirnya sih gak sedramatis si Hafez yang baca Qur’an sampe bayangannya nari-nari diatas ayat yang sedang dibaca, Cuma ya keingetan mulu sama orang itu hehehe. Sekalinya update galau gue langsung dikejar2 guru, apalagi kalo gue update yang kaya diatas coba??? Bisa diapain kali gue, tapi dari kejadian itu gue mau ngucapin terima kasih buat guru gue itu yang udah nasihatin gue, kalau lagi galau ga usah curhat di sosmed entar lu di capnya orang yang sering galau, cukup lu curhatin aja ke Allah. Enaknya deket sama guru tuh gitu, kalo lu udah mulai melencong jalannya, langsung dilurusin lagi, gue rasa nih guru anak SMP yang tadi juga harus cekatan deketin murid-muridnya, biar gak pada galau.  Di balik anak SMP itu yang lagi galau berat, gue malah pengen bersyukur ( bukan bersyukur karna dia galau ya ) gue bersyukur zaman gue SMP belum pernah ampe segalau itu, zaman gue SMP Cuma galau dengan peraturan guru gue yang amazing. Udah cukup jadi ga ada celah buat gue ngegalauin masalah begituan, GAK PENTING!!. Ya meskipun dulu gue di bilang “gak normal” gara-gara ga pernah ngomongin cowok atau deket sama cowok, bodo amatan lah, yang penting gue gak galau merana resah gundah gulana, gara-gara mikirin gituan, dulu gue galau Cuma gara-gara perebut tv gak boleh nonton bulutangkis, itu udah sedih tiada tara, nasionalis banget gue dulu sedih gara-gara ga bisa ngasih support para atlet Indonesia hahaha
                Dari sini bisa sedikit ambil kesimpulan siapa yang harus di kasihani??? Jomblo kah atau para pelaku pacaran??  Jadi mbloo santai aja kalo memang si dia belom dateng berarti itu tandanya lu masih diberikan kesempatan buat bebenah diri, memperbaiki kualitas diri, ketawa dan nangis bareng sahabat-sahabat lu dan kelebihan lain dari jomblo adalah jadi sering zikir, kelebihan yang luar biasa itu, hahaha kenapa bisa begitu??? Soalnya setiap ngeliat orang yang lagi berduaan lu jadi sering istighfar, ngeliat couple yang so sweet lu jadi ngucap “subhanallah” *sambil menghayal pengen kayak gitu wkwkwkwk. Oh iya katanya jomblo itu kan anti banget sama malem minggu,pada berdoa biar malmingnya ujan gede, biar yang pada punya pacar ga bisa pacaran, yaelah siapa bilang satnight itu Cuma buat mereka yang berpasangan, gue jomblo tiap malem minggu selalu diluar, setiap malem minggu ke Pondok gede, hehehe. Bukan belanja atau nonton, tapi mampir ke masjid yang di samping APG buat shalat magrib, soalnya gue ngambil jadwal tahsin sabtu sore jadi setiap pulang tahsin shalat magribnya di situ hehehe, yang penting kan sama aja gue malmingan hahaha. Abis shalat ya pulang kerumah malmingnya Cuma sampe isya 😃😃, gue pikir jalanan kalo malem minggu bakalan rame para muda-mudi yang pada pacaran, tapi semalem gue lewat jalanan sepi, apa karna udah tanggal tua jadi ga pada pacaran??? Gue sih mau tanggal bayi, remaja, sampe tanggal tua tetep malmingan, soalnya emang udah jadwalnya 😄( yeyyy jomblo lebih hebat tak mengenal tanggal hahaha )
                Stop bullying jomblo tapi cariin para jomblowers ini pasangan, mereka yang menjaga diri untuk tidak berpasangan sebelum halal *ciyeee josh ini mah taglinenya ( jomblo sampai halal ).
                Jadi jomblo itu jangan dibuat ngenes, nikmatin aja masa kesendirian ini, ga usah lah baper yang berkepanjangan malah bikin badmood aja, yang pacaran sih kalo bête ada pasangan yang ngehibur ( kali itu juga belom pernah pacaran gue 😊 ). Gue gak tau fungsinya punya pacar itu buat apa??? Belom lama ini gue diledekin ama bos gue, gara-gara si bos ngeliat tiap sore babeh gue udah stand by didepan kantor buat ngejemput gue “makanya punya pacar biar ada yang anter jemput” gitulah kira-kira kata si boss, yaelah jadi punya pacar tuh Cuma buat anter jemput doang, pacar fungsinya buat jadi tukang ojek doang??? Aduhhh kasian amat anak orang Cuma buat diojekin doang yang sabar ya… ( gantian yang jomblo bisa ngeledekin yang pacaran hahaha ).
                Saatnya memandang dari sudut pandang yang lain, lu yang saat ini memilih untuk sendiri buat seseorang yang halal nantinya ga usah lah iri sama mereka yang saat ini berdua merajut cinta ala-ala romi dan yuli,Galih dan Ratna, dkk. Karna berdua itu gak ngejamin lu gak kesepian, buktinya orang yang pada pacaran sering banget ngeluh di sosmed tentang hubungan mereka, pacarnya sibuklah, pacarnya lebih mentingan kerjaannya lah, pacarnya selingkuh lah, dll. mendingan lu ga pernah ngeluh tentang itu disosmed paling ngeluh tentang diri lu yang masih sendiri, Cuma satu keluhannya, coba yang pacaran ada berapa tuh tadi???
                Dari pada baper dikarnakan kesendirian lu saat ini, mendingan lu focus sama apa yang lu cita-citakan, toh jodoh udah ditetapkan, udah ditulis di lauhil mahfuz sana namanya buat bersanding dengan lu, lu tungguin aja lah kalo kata si Sally di film Ketika hati harus memilih “mungkin jodoh tak datang tepat waktu, tapi dia datang diwaktu yang tepat”. Filmnya bisa diliat Disini, Jadi kalo saat ini si doi belum dateng, berarti saat ini bukan waktu yang tepat dia dateng, jadi sabar aja ya hehehe…
                Jadi jomblo itu harus punya rasa sabar yang ekstra ( bukan kulit manggis doang ya yang punya ekstra, sabar juga ada ekstraknya ), lu harus sabar saat sahabat-sahabat lu nyebarin undangan, harus sabar saat ditanyain sodara-sodara lu kapan nikah, harus sabar ketika adek kelas lu udah pada punya anak ( ini mah adek kelas aja yang songong ngelangkahin yang tua hahaha, eh tapi jodohnya kita gak tau ya berarti adek kelas lu jodohnya deket ). Dan harus punya sabar dan rasa ikhlas yang luarrrrrrr biasa ketika lu harus datang ke nikahan orang yang pernah lu taksir hahaha, kalo lu bisa dateng dan tak ada rasa baper berarti lu lulus uji kesabaran dibidang yang itu, soalnya sabar bukan hanya soal itu ya hehehe.., banyak banget yang harus disabarin tentang masalah hati terkait soal itu, sabar ketika ngeliat pasangan muda yang so sweet, sabar ketika keinginan lu buat menggandeng tangan 👫 👫seorang lawan jenis tapi belom bisa✖✖ ( lu gandeng dulu dah emak/bapak lu👪 ), sabar ketika ingin punya temen berbagi keluh kesah mencurahkan isi hati tapi orangnya belom ada ( curahin aja dulu masalah lu ke Allah, dan juga jangan lupa curahin isi hati lu minta didatengin jodohnya hehehe ).
                Gue setiap lebaran dan ketemu keluarga yang jarang banget gue datengin rumahnya selalu dapet pertanyaan kayak gini “Lah si Ika udah gede amat?, kayaknya Ika duluan nih yang nikah, ngelangkahin abangnya, cewe mah gpp ngelangkahin cowok” itu tuh kalimat yang gue denger beberapa lebaran terakhir ini. Gue ini tipikal orang yang kalo pergi ya pergi seharian, kalo ada dirumah ya gue bakal dirumah seharian ngerem didalem rumah jadi gue jarang banget maen kerumah tetangga, makanya gue gak kenal tetangga jadi orang hehehe. Tetangga gue yang seumuran sama gue kalo ketemu gue selalu nanya “ Ka, kapan merried??” atau gak “ Ka, katanya bulan depan mau merried ya?? Tuh tenda udah ada dirumah gue”. Hadeeuuhh dikira nikah modal tenda doang?? Tenda ada calonnya gak ada nikah ama siapa????? Abaikan ajalah pertanyaan-pertanyaan kayak gitu,  mungkin mereka udah gak sabar pengen kondangan kerumah lu, mungkin mereka udah menyiapkan kado yang special buat lo di nikahan lo nanti, makanya nanyain kapan nikah mulu.
                Lu yang saat ini masih menunggu pasangan halal lu, sabar aja ya, lu gak sendiri ko jadi gak perlu lah update di sosmed tentang kemeranaan seorang jomblo, bakal bermunculan ko jomblo-jomblo baru, entah dia yang putus dari pacarnya, atau anak yang baru gede yang sama juga seperti lu memutuskan untuk sendiri demi dia yang halal nantinya( kalo yang ini lu bakal jadi jomblo senior hehehe ). Jadi sebelum lu taaruf ama seseorang, mending lu taaruf dulu ama huruf hijaiyah, udah tau belom kalo huruf hijaiyah itu satu huruf bisa punya 6 sifat??? Banyak kan sifatnya, bukan kepribadian ganda lagi tuh, jadi kalah kasus yang sianida kemaren yang katanya tersangkanya punya kepribadian ganda, huruf hijaiyah yang satu hurufnya bisa punya 6 sifat kalo diusut ga selesai2 tuh hahaha yang kepribadian ganda aja lama banget kelarnya tuh kasus ( efek mau ujian tahsin jadi nyambung kesini  heheh ). Ya sambil menunggu si belahan jiwa kuy lah kita belajar lagi kenalan ama huruf2 tersebut, menurut gue itu penting banget loh buat memperbaiki bacaan kita, ya kalo lu kemaren gak bisa ikut aksi bela Islam kemaren,  dan gak mau memperbaiki bacaan lu, dimana bukti kecintaan lu terhadap Al-Qur’an?? Gak malu sama mereka yang kemaren jalan kaki dari ciamis ke Jakarta buat ngebela Al-qur’an?? Dan elu Cuma buat memperbaiki bacaan lu aja gak mau??? gue jujur malunya banget-banget sama mereka yang ikut aksi tersebut, mereka berkumpul ngebela al-qur’an ( merinding banget ngeliat aksi tersebut Allahu akbar ), sedangkan gue odojnya males-malesan, baca sehari sejuz itu rasanya berat banget harus dipending berapa kali dalam sehari, padahal Cuma butuh waktu setengah jam buat kholas. Astaghfirullah, gue envy banget baca mems2 yang kalimatnya gini “sekarang kita membela Al-qur’an, nanti hari kiamat Qur’an yang ngebela kita”. Dan gue ngerasa rugi banget gak ikut itu, gue ga ada sumbangsihnya sama sekali terhadap aksi itu, dan itu ngebuat gue baper sebaper-bapernya. So, kalo kemaren lu gak ikut aksi kuy lah temenin gue memperbaiki bacaan qur’an kita, kita bareng-bareng belajar lagi kenalan lagi ama Alif, Ba, Ta, tadi aja gue dites lagi bacaan alfatihah gue masih kurang pas makhrajnya, huftttt kalo gitu apa kabar bacaan shalat gue??? -_- *syeedddiiihhh 😢😢
                Oh iya tadi gue tahsin sama ibu-ibu jadi gue doang yang masih muda, selebihnya udah jadi emak semua bahkan mungkin udh punya cucu, dan bacaannya juga masih banyak banget yang salah, mereka belajar iqra lagi, dan emang bener pribahasa “belajar diusia muda seperti menulis diatas batu, tapi kalo udah tua seperti menulis diatas air” SUSAH, mereka jadi iri ke gue, enak banget ya masih muda, masih gampang belajarnya, kalo udah tua susah banget, terus tadi gue bawa Qur’an kecil, mereka nanya ke gue “ini Qur’annya kecil, hurufnya kecil juga dong??” mereka ngeluh yang penglihatannya udah mulai gak jelas, jadi iri ke gue yang masih bisa baca pake Qur’an yang kecil. Nah makanya temen-temen mumpung masih muda kuylah kita taaruf ama alif (yang gue maksud bukan ikhwan yang namanya Alif ya hehehe) Alif yang temennya Ba, Ta, Tsa. Gue aja baru tahu sifat-sifat huruf dua bulanan ini, dulu gue ngaji ya Cuma asal bisa bacanya aja, tanpa tahu sifatnya ternyata banyak banget sifatnya, ayo kita belajar, biar nanti lu bisa ngajarin keanak lu, bisa ngasih tau kalo huruf alif itu keluarnya dari pangkal tenggorokan, kalo Ba itu termasuk huruf bibir, yang keluarnya dari dua bibir tertutup ( review materi hehehe, doain ya sabtu depan gue evaluasi tahsin semoga lulus Aamiin ).
                Kembali ke jomblo, gue punya beberapa temen yang saat ini kuliahnya udah semester akhir, ngeliat tugas akhir kayaknya bikin mereka stress banget, gue belom tau ya gimana susahnya nyusun skripsi soalnya diperkirakan masih 2 tahun lagi kuliah gue. Bibi gue pernah update gini “ ngeliat tugas akhir rasanya pengen ke KUA” nah lohhh seberat itukah skripsi?? Temen gue juga udah galau banget ingin menggenapkan separuh agamanya. Dorongan-dorongan alamiah untuk mempunyai teman hidup yang khusus ini telah menyita konsentrasi. Daya serap terhadap ilmu tidak tajam. Ketika usia semakin bertambah, orang semakin peka terhadap dorongan untuk berumah-tangga. Pada diri manusia, memang terdapat naluri untuk mengikat persahabatan dengan lawan jenis. Dorongan ini muncul pada diri laki-laki maupun perempuan. Seorang wanita yang matang, mengekspresikan kebutuhannya terhadap lawan jenis sebagai teman hidup dengan cara-cara yang dewasa dan mempersiapkan diri baik-baik untuk menyambutnya, jauh-jauh hari sebelumnya. Kerinduan terhadap teman hidup yang membantunya bertakwa kepada Allah, ditunjukkan dengan usaha yang sungguh-sungguh untuk menata hati dan tujuan. Ini gue dapet dari bukunya fauzil Adhim.
                 Gue seneng banget ngeledekin temen gue itu, maaf kak maaf. Gue rasa bercandaan bisa sejenak ngilangin stress (efek kalo gue lagi marah dibecandain jadi ilang marahnya hehehe) asal tau aja batesannya apalagi mahasiswa tingkat akhir yang masih nyandang gelar jomblo suka sensitif hehehehe , yaudah lah kak, fokus dulu ke skripsinya📖📗, satu-satu diselesain.
                Jomblo itu emang harus Taqarrub ilallah ( gue rasa semuanya juga emang harus deket ke Allah, tapi special buat jomblo harus lebih deket ke Allah, soalnya mau deket kepasangan belom ada hahaha ). Gue pernah baca artikel tentang pernikahan💐💍, ikut seminar tentang jodoh ya emang buaannyakk banget kenikmatan dari sebuah pernikahan, ada kalimat dari buku yang gue baca “jika di dunia ini ada syurga, maka syurga itu adalah pernikahan yang bahagia”. Bermesraan dengan pasangan itu berpahala 💑💏( awas baper ) Dimana shalatnya orang yang sudah menikah jauh lebih baik ketimbang orang yang masih membujang, Shalat orang yang masih belum menikah memang sulit mencapai kekhusyukan, apalagi memberi bekas dalam akhlak sehari-hari. Barangkali itu sebabnya Rasulullah Muhammad Saw. menyatakan, “Shalat dua rakaat yang didirikan oleh orang yang menikah lebih baik dari shalat malam dan berpuasa pada siang harinya yang dilakukan oleh seorang lelaki bujangan.” Maka, bagaimana seorang yang masih membujang dapat mengejar derajat orang orang yang sudah menikah, kalau shalat malam yang disertai puasa di siang hari saja tak bisa disejajarkan dengan derajat shalat dua rakaat mereka yang telah didampingi istri. Padahal mereka yang telah mencapai ketenangan batin, penyejuk mata dan ketenteraman jiwa dengan seorang istri yang sangat besar cintanya, bisa jadi melakukan shalat sunnah yang jauh lebih banyak dibandingkan yang belum menikah. Maka, apa yang bisa mengangkat seorang bujangan kepada kemuliaan di akhirat?.
                Meninggal dalam keadaan yang masih membujang adalah hal yang hina. Rasulullah Muhammad Saw. pernah mengingatkan:  “Orang meninggal di antara kalian yang berada dalam kehinaan adalah bujangan.” Rasulullah Saw. juga mengingatkan bahwa, “Sebagian besar penghuni neraka adalah orang-orang bujangan.” Alhasil, membujang rasanya lebih dekat dengan kehinaan, sekalipun jenggot yang lebat telah membungkus kefasihan mengucapkan dalil-dalil suci Al-Qur’an dan Al-Hadis. Benarlah apa yang disabdakan oleh Rasulullah, “Orang meninggal di antara kalian yang berada dalam kehinaan adalah bujangan.” Bujangan. Tanpa seorang pendamping yang dapat membantunya bertakwa kepada Allah, hati dapat terombang-ambing oleh gharizah (instink) untuk memenuhi panggilan biologis, oleh kerinduan untuk mempunyai sahabat khusus yang hanya kepadanya kita bisa menceritakan sisi-sisi hati yang paling sakral, serta oleh panjangnya angan-angan yang sulit sekali memangkasnya. Dalam keadaan demikian, agaknya sedikit sekali yang sempat merasakan khusyuknya shalat dan tenangnya hati karena zikir. Dalam keadaan demikian, kita bisa disibukkan oleh maksiat yang terus-menerus. Sesekali dapat melepaskan diri dari maksiat memandang wanita ajnabi (bukan muhrim), tetapi masuk kepada maksiat lainnya. Pikiran disibukkan oleh hal-hal yang kurang maslahat, sedang mulut mengucapkan kalimat-kalimat yang memiriskan hati. Ini gue dapet dari bukunya Mohammad Fauzil Adhim & Muhammad Nazil “ Kado Pernikahanku”. Semoga kita disegerakan ya dipertemukan si tulang rusuk itu.
                Guys, sekarang kan kita belom ketemu nih sama si doi👨 👩, mungkin udah ketemu tapi belom di satuin hehehe, kan kita gak tau jodoh kita siapa, bisa tetangga lu, sahabat lu, orang yang baru lu temuin, atau temennya temen lu, temennya kakak lu, guru lu, kakak kelas lu,  temen kerja lu dll. Menikah itu kan sunnah nabi, tapi karna saat ini kita blm bisa menjalankan sunnah yang itu, ya kita nyunnah yang lain dulu lah, puasa senin-kamis, ayyamul bidh ( sambil puasa berdoa dah kan doanya orang yang berpuasa di denger,eh Allah mah emang as-sami’ ya ), tambal dulu shalat fardhu kita dengan shalat sunnah, qiyamul lailnya, Dhuhanya, deketin Dia dulu nanti si dia mendekat. Kuy lah kuy bareng-bareng kita memperbaiki kualitas diri kita, charge iman kita🔌🔌. Galaunya buang ya, apalagi bulan-bulan ini banyak banget nerima undangan nikah📩, kuatin hatinya jangan baper, apalagi kayaknya yang galau bukan hati doang tapi isi dompet 💰juga saking banyaknya undangan hahaha (curhat ini mah )
·         

* Tulisan ini terinspirasi dari kakak yang lagi nyusun skripsi yang galau banget antara revisi, sidang, wisuda, jodoh, & kerja Semoga Allah memudahkan semuanya dan si dia segera datang ya kak 😗

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya