Langsung ke konten utama

Mereka bukan manja hanya saja……..


O aki adalah sebutan untuk kakek, ya memang keluarga gue beda sendiri, untuk panggilan kakek nenek, dimana untuk nenek gue sebut O cewek, sedangkan kakek gue panggil O aki. Entahlah gimana itu permulaannya bisa jadi panggilan untuk orang tuanya emak dan babeh, gue sebut dengan panggilan O. sebuah huruf yang bentuk simetrisnya tak terhingga.
Ayah dari emak dan babeh gue meninggal sejak kedua orang tua gue masih kecil, jadi emak dan babeh gue sama2 anak yatim. Jadi gue belum pernah melihat wujud dari kekasih hatinya nenek gue. Tapi o cewek gue baik dari si emak atau si babeh sama2 menikah lagi, sehingga gue punya kakek sambung, meski tak pernah merasakan gimana rasanya disayangi oleh kakek kandung, gue mendapatkan kasih sayang dari kakek sambung gue itu, bahkan gue gak tau kalo ternyata O aki gue yang ini ternyata kakek tiri, jadi gue taunya ketika gue udah gede, bahwa beliau ternyata bukan o aki kandung gue, sebab yang gue kenal sejak kecil, ya beliaulah O aki gue, dia yang menemani gue ketika gue kecil, dulu sejak kecil gue sering banget maen di kebon bareng O aki gue, layaknya kakek kandung aja, tak membeda-bedakan cucunya, makanya gue gak nyangka bahwa beliau ini kakek tiri. Inget banget pernah o aki marah sama gue gara-gara o aki gue lagi duduk terus bulu idungnya gue cabut, bader banget ya gue, ampun O,  maafin cucunya yang bader ini
Tapi akhir-akhir ini gue sering banget nangis, rindu akan sosok O aki kandung gue, padahal ngeliat aja belum pernah, sebab tak ada peninggalan satu pun fotonya. Gimana rupanya, gimana sikapnya gue bener-bener gak tau. Tapi rasanya gue bener-bener rindu. Yang bisa gue lakukan hanya mendoakannya, dan berharap agar kelak kita bisa dikumpulkan di Syurga-Nya.
Tak banyak cerita yang gue ketahui tentang O aki kandung gue, membuat gue rindu, tapi lagi-lagi hanya doa yang bisa gue langitkan agar Allah menerima segala amal ibadahnya. Setidaknya harapan gue adalah agar setiap doa-doa yang gue langitkan bisa meringankannya di alam kubur.
Setidaknya gue beruntung, meskipun O aki kandung gue tak pernah gue kenal, tetapi ada kakek sambung yang juga menyayangi gue. Yang sekarang ini, gue pun suka sedih ngeliat kondisinya, dimana berdirinya sudah tidak tegak lagi, tak seperti dulu. Sudah membungkuk dan terkadang gue pun gak ngerti apa yang dibicarakan olehnya, sebab bicaranya mulai gak jelas, dan sudah sering sakit-sakitan. Ya Allah tolong jaga beliau, sehatkan badannya, dan berkahi umurnya.
Setiap gue main kerumahnya, kerutan-kerutan diwajahnya terlihat sangat jelas, rambut yang memutih, bahkan alisnya pun mulai memutih, tapi yang gue salut, ibadahnya masya Allah rajin banget. Malu lah diri ini yang masih muda tapi ibadahnya ngoyo.
Pernah suatu hari gue main kerumahnya, mungkin beliau ngerasa gak enak badan, jadi minta dikerokin, gue kerokin beliau, ingin rasanya gue menangis ketika melihat punggungnya yang tak lagi rata, karna sudah membungkuk kondisinya. Beliau yang kini sudah semakin menua, kadang gak tega aja ngeliatnya. Pengen mewek rasanya, sama halnya kalo ngeliat si uyut, jalan sudah semakin membungkuk, teringat perkataannya, “udah tua mah apa aja udah diambil : tenaga, penglihatan, pendengaran”
Aaahhh sedih rasanya ketika beliau udah ngomong begitu, mereka merasa kondisinya mulai melemah, tapi maaf karna kami yang merasa sok sibuk kadang tak mengerti bahkan acuh terhadap keinginannya, yang tak sabar menghadapinya, merasa direpotin dengan segala keinginannya yang mulai manja, mereka bukan manja hanya saja karna sudah tak mampu lagi untuk melakukannya sendiri, tenaganya sudah tak seperti dulu, karna memang proses tumbuh kembang manusia, dari belum bisa apa-apa menjadi bisa, lalu menjadi kuat, dan akhirnya melemah, tapi kami yang muda malah merasa direpotkan, berbanding terbalik bila ada anak bayi ketiak aja bisa sampe di cium-cium, tapi mereka yang sudah sangat berjasa dalam hidup kita malah kita acuhkan.
Beberapa waktu lalu gue nginep dirumah uyut gue, terus gue bawa kue kerumahnya, lalu uyut gue bilang “buat sahur nanti” gue tanyalah beliau “mau puasa apaan?”  beliau jawab “buat bayar utang puasa” gue bingung, perasaan uyut gue puasanya rajin, kok punya utang puasa, bulan puasa aja selalu full meski sudah tua, gue tanya lah “ emang masih punya utang puasa?” lalu beliau jawab lagi “puasa yang dulu, dulu mah ngurusin laki, ngurusin anak”, subhanallah jadi utang puasa, zaman nenek gue masih pada bocah lahhh sekarang nenek gue aja statusnya udah mau jadi uyut, dan si uyut masih bayar utang puasa, karna kesibukannya ngurusin anak dan suami zaman baheula.
Dirahim beliaulah dulu O gue tinggal, lalu O gue melahirkan emak gue, dan emak gue melahirkan gue, beliau ini sangat berjasa, karna lewat perantara beliaulah gue bisa hadir didunia ini. Aaaaahhhhh semoga Allah selalu melindungi uyut, kakek, nenek, emak, babeh dan semua keluarga gue, menjaga iman islam, dan dapat mengakhiri hidup dengan kalimat Tauhid.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya