Langsung ke konten utama

Langkahmu memotivasiku

 

Tanggal 17 maret lalu dikalender berwarna merah, mungkin buat sebagian orang yang hari sabtunya libur berkegiatan tanggal merah hari sabtu itu biasa aja seperti bukan hari libur, tapi buat orang yang kerja dari senin s/d sabtu tanggal merah hari sabtu sesuatu yang amajingggg.  Merancang agenda jauh-jauh hari, biar bisa leyeh-leyeh  dihari libur, tapi ternyata diluar ekspektasi. Gak bisa leyeh-leyeh karna tugas yang numpuk.

Seperti biasa kalo libur tiba waktunya olahraga air, olahraga yang saya maksud bukan berenang, diving, snorkling ataupun rafting, tapi olahraganya nyuci, ngepel dan sahabat-sahabatnya.

Tanggal merah kemaren bukan hari libur besar islam, makanya jadwal tahsin gak libur. Tantangan berat sebenernya untuk menaklukan rasa mager. Pasalnya kalo udah dirumah seharian males buat keluar rumah, makanya saya lebih milih kalo pergi seharian dari pagi sampe sore, daripada paginya gak kemana-mana terus siangnya harus pergi.

Cuaca pagi hari terang-terang aja, ba’da zuhur langit mulai mendung, gak lama gerimispun turun, makin mager aja rasanya. Kalo cuaca begitu enaknya ngeringkuk diatas kasur bobo manis. Tapi mencoba melawan mager, bersiap rapih-rapih buat tahsin. Di jam yang biasa saya berangkat tahsin ujan makin gede, petir pun menyambar-nyambar. Galaulah ini, berangkat apa engga??? . itu rasanya ibu peri dan iblis lagi berbisik dikuping kiri dan kanan, yang kanan bilang “ kuuyyy berangkat” yang kiri bilang dengan kerasnya “ udah gak usah berangkat bobo manis aja” . perdebatan batin dimulai hehehehe.

Kalo buat ngaji mah gitu jangankan ujan gede, gerimis doang aja gak berangkat, jangankan gerimis deh, matahari terang berderang aja males berangkatnya godaaannya berat coyyy….

Dalam hati masih berdoa biar hujannya reda. Jam menunjukkan jam 2 lewat tapi hujan gak reda-reda juga, saya pun bersiap pake jas hujan, tapi petir masih menyambar-nyambar, naik lagi keatas kasur, eeehh ujungnya malah ketiduran masih pake jas hujan. Ketiduran sampe 2 kali bangun, hujannya gak reda-reda juga. Berakabar lah digroup  bingung mau dateng apa engga. Lalu ada temen yang ngirim pesan digroup, beliau mengabarkan bahwa dirinya sedang OTW.  GUBRRAAAKK seketikan malu, maluuuu pake banget, pasalnya temen yang satu ini rumahnya lebih jauh dari saya, usianya pun terpaut jauh banget dengan saya, beliau ini udah punya cucu, rasanyaaaa MALU banget, beliau aja semangat banget, melawan hujan untuk menyetorkan hafalannya. Si ibu ini tetap berangkat meskipun hujan gede, setidaknya langkahnya sudah dihitung untuk mencari ilmu, meskipun nanti Allah menaqdirkan dirinya sampai atau tidak ketempat tahsin itu urusan belakangan.

“Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk menuntut ilmu maka Allah mudahkan jalannya menuju syurga. Sesungguhnya para malaikat membentangkan sayapnya untuk orang yang menuntut ilmu karna ridha atas apa yang mereka lakukan, dan sesungguhnya orang yang berilmu bernar-benar dimintakan ampun oleh penghuni langit dan bumi, bahkan oleh ikan-ikan yang berada dilautan” ( HR. Abu Daud No.3641 )

Wuaaahh itu rasanya ketampar banget, malu banget. Akhirnya segeralah saya menaiki motor, si babeh awalnya gak ngizinin soalnya masih hujan, saya bilang “ temen Ika aja yang rumah jauh sekarang lagi dijalan mau berangkat”. Akhirnya sibabeh luluh dan mengijinkan. “temennya naik motor juga??” tanya babeh. “iya sama anaknya” jawab saya. si Babeh bingung, mungkin dia kira temen-temen saya seumuran semua, padahal anaknya ini temennya lintas usia heheh. “temen Ika ini udah punya cucu!!”.

Berangkatlah saya ditemani rintikan hujan, (jomblo mah ditemenin hujan aja udah seneng hahaha ) biasanya saya berangkat jam 2, kemaren jam 3 kurang 10 menit baru OTW. Udah yakin banget bakalan telat. Tapi mikirnya bodo amat telat juga yang penting udah melangkah, perkara nanti Allah menaqdirkan sampe atau engga kesana urusan belakangan.

Azan ashar biasanya saya udah duduk manis didalam kelas, tapi ini ¼ jalan aja belom sampe.  Efek hujan jalanan jadi sepi, jadi bisa suka-suka hati muter gas, bahkan males rasanya narik rem hehehe. Saya mutusin buat berenti dulu dimasjid buat shalat ashar, karna pengennya sampe disana langsung masuk kelas, shalat serasa itu masjid punya sendiri, gak ada orang lain selain saya didalamnya.

Masuk kelas jam 4, dan jam 4 kurang 10 saya baru melanjutkan perjalanan. Udah makin pesimis bakalan telat, ada sanksi yang harus ditanggung kalo telat. Dan ternyata saya sampe kelas jam 4 lewat 1 atau 2 menit doang Alhamdulilaah…….. lega rasanya, gurunya blm masuk kelas, dikelas juga baru ada 1 orang doang.

 

Ngerasa dapet motivasi baru dari si Ibu ini, bahwa langkah beliau memberikan semangat untuk orang lain, dan cerita ini ditulis sekitar 5 tahun yang lalu, tapi baru diposting sekarang hehehe.

Beda cerita saat saya ke Bromo, seseorang bilang ke saya “dek, gue termotivasi dari lu!”

Hahhh??? Kok bisa???

Jadi ceritanya dari parkiran Jeep sampai puncak Bromo saya memutuskan untuk jalan kaki, sebenernya untuk menghemat tenaga bisa naik kuda, tapi saya fikir agar menghemat kantong maka saya dan bibi saya memutuskan buat jalan kaki aja hehehe, karna naik kuda  lumayan harganya, lumayan kan duitnya buat makan Indomie saat turun dari puncak, meski makan mienya bercampur pasir wkwkwkw.

Dari parkiran sampe ke kaki gunungnya aja itu maasyaaAllah jauh belum lagi naik kepuncaknya, mungkin buat yang sering mendaki itu gak ada apa-apanya, tapi buat saya itu luar biasa jauh.

Saat berjalan itu rasanya udah pengen nyerah, capek banget, dengan mulut berisi pasir, pasalnya mulut ngerasa ngeres bgt pengen disapuin rasanya, mana pasirnya bercampur pup kuda, sekali-kali deh makan pup kuda :p

Saat itu rasanya udah gak pengen naik ke puncak, karna beberapa temen juga ada yang nyerah, belum lagi antri naik ke puncaknya panjang bgt, ada track yang gak resminya biar lebih cepet nyampe Cuma bahaya . Tapi akhirnya pelan-pelan sampe juga ke puncak.

Dan ternyata dibelakang  ada yang ngeliat saya terus berjalan dan gak menyerah, memberikan motivasi buat dia. Mungkin dia pikir “dia aja bisa masa gue enggak??” .

Padahal saya sendiri pun udah mau nyerah, tapi rupanya orang lain lihatnya kita tuh kuat, kita tuh mampu, hebat.

Mungkin gitu kan pandangan orang lain, memandangnya kehidupan orang lain tuh iiiih dia hebat banget sih, keren banget sih, kuat banget sih, padahal kita gak tau aja bagaimana sulitnya ia menghadapi kehidupannya,mungkin nangis-nangis dan perjuangannya gak keliatan yang nampak di kita hanya kesuksesannya aja. Dibalik itu jungkir baliknya dia kita mana tau.

Seperti kisah pada zaman Rasul, ada seorang laki-laki bersodaqoh dengan sebuah sodaqoh kemudian manusia lain mengikutinya.

Kisahnya Rasulullah melihat orang-orang arab badui keadaannya memprihatinkan, kelihatan kesusahan dan membutuhkan bantuan, maka Rasul mendorong para sahabatnya untuk bersodaqoh namun ternyata para sahabat ini lambat dalam menjalankan anjuran nabi tersebut. Nabi merasa kenapa para sahabatnya ini lambat dalam menolong orang-orang badui ini, padahal kondisinya sudah memprihatinkan. Lalu datanglah seorang lelaki dari kalangan anshar membawa sekeranjang anggur untuk disedekahkan kepada orang-orang arab badui ini. Ketika melihat lelaki anshar ini maka yang lain pun tergerak hatinya untuk bersedekah juga, dan akhirnya banyak dari mereka yang mengikuti jejak laki-laki tersebut.

Bayangkan si laki-laki anshar ini mendapatkan pahala atas kebaikan menolong orang lain, lalu ia pun mendapatkan pahala dari kebaikan yang orang lain lakukan bersebab dirinya yang menjadi pionir kebaikan tersebut. Karna orang-orang tadi tergerak hatinya melihat kebaikan yang telah ia lakukan, maka ia pun mendapat pahala dari kebaikan yang ia lakukan sendiri, lalu mengalir pula kepadanya pahala shodaqoh yang  dilakukan oleh orang-orang yang telah mengikuti dia. Meskipun ia hanya bersedekah dengan sekeranjang  anggur, lalu ada orang yang setelahnya bersedekah lebih besar darinya misal emas, maka ia tetap kecipratan pahalanya, tanpa mengurangi pahala si orang yang bersedekah emas tersebut.

Langkah kita berpotensi untuk ditiru oleh orang lain. Maka dari itu sekecil apapun itu usahakan agar langkah kita bisa bermanfaat untuk orang  yang melihatnya. Jangan sampai yang ditiru malah yang  jeleknya , bisa ngalir juga dosanya ke kita.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya