Langsung ke konten utama

putih biru


Masa2 SMP,masa yang sulit gw lupain,banyak banget kenangan yang gw lalui,susah,sedih,takut,bahagia,pokoknya kayak nano2 masa SMP gw,sekolah gw emang bukan favorit,fasilitasnya juga ga lengkap,tapi kekurangan bisa jadi suatu kelebihan. 
Setiap murid punya lembar mutaba'ah,kertas tersebut isinya tentang kewajiban2 yang harus dijalani (gw sering kena hukuman gara2 ngelanggar.peace pa jaka ;) ) 
saat SMP gw punya sahabat 2 org,& ketika SMP kita ber-3 termasuk yang ga punya temen(bukan karna ga ada yg mau temenan ama kita ) karna mereka bilang ngobrol ama kita ber-3 ga nyambung (kasian banget gw SMP temennya cuma 2) dan apalagi kita ber-3 anaknya rusuh,bahkan guru gw sendiri geleng2 kepala,ketika selesai ngajar dikelas gw,pas ditanya sama guru lain "kenapa pak?".jawabnya "abis ngajar dikelas 3 diva".YA ALLAH segitu rusuhnya kah diriku?? Perasaan gw murid yang pendiam,manis,imut,lucu (pd muntah dah yg baca hehe) 

tapi meski kita rusuh,pringkat 3 besar selalu di raih kita ber-3,masing2 dari kita pernah peringkat 1.      Disekolah gw pelajaran syar'i malam hari,jadi seminggu 3x kita nginep disekolah,nah klo pada nginep pas sekolah ga pada mandi gara2 ga kebagian kamar mandi,yaudah cuci muka&sikat gigi aja,untung kelas ikhwan&akhwat di pisah jadi ya ga terlalu malu, meski ga mandi tapi kita tetep pada kece ko :D.
 
            Biasanya kalo pelajaran syar'i selesai gw ber-3 bakal cerita2 sampe larut malam,cerita,menghayal masa depan yang pada ngaco,tapi aneh hayalan kita ber-3 nyambung (gimana ga nyambung bocah pea+gendeng+stress=gila,klop dah tuh :) 
kita ber-3 ga pernah berantem,bahkan pengen berantem tapi bingung mau berantem gara2 apa,akhirnya malah pada ketawa ga jadi berantemnya. 

Suatu kejadian lucu saat pelajaran penjas,saat itu olahraganya jalan sehat,jadi pelajarannya diisi dengan keliling kampung,tapi gw ber-5  yaitu gue, Ila, Nursanin dan 2 orang lagi gue lupa siapa,ketinggalan rombongan teman2 dan pak Samin, akhirnya kita berlima keliling ga jelas,kaya ayu ting2 nyari alamat palsu hehe.. 
Satu alasan yang ngebuat kita ketinggalan,cuma gara2 kita ketinggalan nyebrang jalan di depan pom bensin, dan itu menjadi fatal akibatnya.Kita kehilangan rute dan akhirnya setelah kita muter2 ga ketemu2 juga sama pak Samin kita memutuskan buat naek angkot dengan feeling akan ketemu rombongan di pinggir jalan (padahal guru gw sama temen2 gue arahnya bertolak belakang sama arah gue naek angkot) sedikit curang emang,masa olahraga naek angkot,temen2 gw pada jalan kaki (hahaha peace ya temen2 ;) ) ketika naek angkot lumayan jauh dan ga ketemu juga sama guru gw,sopir angkot nanya "mau kmana neng?". jawab temen gw "mau olahraga bang". Akhirnya kita ditawain sama supir angkotnya masa olahraga naek angkot,agak malu sih,akhirnya setelah kita diawain kita mutusin untuk turun dari angkot,dan kalian tahu ga apa yang kita lakukan setelah turun dari angkot??? kita nyebrang jalan dan  berentiin angkot lagi, naek angkot balik lagi kesekolah, sungguh bocah2 ga jelas.
 
Waktu itu olahraga 2 hari, kamis dan sabtu,kadang baju yang di cuci hari kamis belum kering hari sabtu jadi temen gw ngejemur bajunya di genteng rumah guru gue,gendeng kan temen gw,tapi kadang gw juga ikutan sih hehe...
 
            sebelum pindah ke gedung baru sekolah gue berhadap-hadapan sama sekolah MI, ada juga cerita,saat ujan turun lantai sekolah licin karna kena tampias ujan, entah apa yg ada di pikiran temen gw (dan yang gue tahu kayaknya diotaknya ga ada pikirannya, sama kayak gue yg ga punya pikiran hehehe..) dia maen slidingtackle2’an ala-ala captain tsubasa,akhirnya dia jatuh kepleset,jadi deh dia bahan tertawaan 1 sekolah,di tambah sama anak2 MI.
Kisah ini juga gue alami saat masi digedung lama, gue pernah dihukum ngepel satu sekolah bertiga sama temen gue, yaitu pela dan Zizah. tau gak masalahnya apa??? Gara-gara pas waktu shalat berjamaah gue bertiga tawa cekakan dikamar mandi, cerita awalnya gini,waktu itu kita antri buat ke kamar mandi,sepertinya emang dimanapun yg namanya kamar mandi cewe itu selalu antri, ga Cuma di masjid sekolah gue doang, dimanapun kalo gue kekamar mandi umum tempat wanita itu selalu penuh, beda bgt sama tempat cowo yg selalu kosong melompong. Gara-gara udah antri kelamaan waktu shalat berjamaah pun udah mau dimulai yaudah akhirnya kita memutuskan untuk masuk berbarengan ke kamar mandi, yang satu jaga pintu, yg satu kepalanya menghadap ke atas, yang satu dipersilakan untuk buang hajat, itu cara biar diantara kita ga ada yg ngeliat, tapi karna emang kita bocah rese temen gue yg lagi pipis itu gue ledekin “iiihhh itu apa yg keliatan???hahahaha”. temen gue yg satunya ikut tawa, temen gue yg pipis marah tapi tawa juga, ya pokoknya itu yg membuat kita rame bgt dikamar mandi,dan kebetulan tempat imam sama kamar mandi itu berdeketan, ya otomatis kita tawa kedengeran sama imam, entah lah itu temen2 gue shalat pada khusyuk apa engga gara2 ngedenger suara kita cekakakan dikamar mandi, dan akhirnya setelah itu kita di panggil pa Jaka “tadi siapa yg ketawa dikamar mandi???” ya karna kita bocah yg polos, lugu dan culun kita jujur2 aja ngaku lah kita yg ketawa ngakak dikamar mandi,itu adalah kita, dipanggillah kita kekantor. Dikantor ada Pak Ma’mun “ kenapa mereka pak??” tanyanya ke pak Jaka “ itu pak mereka cekakakan di kamar mandi waktu shalat, enaknya disuruh ngapain ya pak???”. tanya Pak Jaka. Kita ber-3 hanya tertunduk malu, gila kelas 7 udah punya kasus, dan akhirnya kita pun disuruh ngepel besok harinya, jadi anak2 diberi kebebasan untuk ga piket,selama sehari.
Besok pagipun tiba, kita udah prepare bawa extra joss biar ga cape, halaaahh lebay bgt ya, Cuma disuruh ngepel aja, pake segala minum extra joss, sebenernya malu bgt masi kelas 7 udah ada kasus, apalagi ada kakak kelas gue inget bgt dulu nama kakak kelasnya itu Pepen sama Mustakim, mereka ngeledekin kita “ kenapa lu, disuruh ngepel?? Enak bgt deh gue jadi ga piket hahaha”. Rese bgt bukannya ngebantuin malah nawain. Cape juga pagi2 disuruh ngepel satu sekolah, tapi ya namanya juga bocah pea mau disuruh apapun tetap aja kita riang gembira, meski udah dihukum gara-gara ketawa ngakak tetep aja sambil ngepel kita ketawa ngakak.
Oh iya jarak masjid sama sekolah lumayan jauh, dan dulu kita pulang habis shalat ashar jadi sebelumnya ada muhadhoroh dulu, dan siapa yg telat dateng ke masjid bakal kena hukuman, mulai dari koling AKA konser keliling sampe upacara badut. Jadi biasanya setelah bel sekolah bunyi kita semua bakal lari ngibrit biar ga telat masuk ke masjid udah lah pada lari-larian berduyun-duyun, dan biasanya dimasjid bakal ada yg ngitung pake mic masjid,dan itu siapa lagi kalo bukan Pa Jaka “ 3..2...1..”  wuuuuaaaahhh makin kalang kabut kita kalo ngedenger itu, udah kayak ikut sekolah tentara. Dan sekarang kalo diinget-inget jadi senyum2 sendiri ya ampun dulu itu parah bgt.  Dan kalo kita telat masuk ke masjid ketauan aja, yg telat siapa aja, besok paginya disuruh konser masuk kekelas2 nyanyi di depan kelas, tapi untung aja untuk yg itu gue ga pernah ngalami karna selalu ontime masuk masjid, yg lebih parahnya kalo hujan turun jalan yg biasa kita lewatin itu becek karna jalannya masih tanah, jadi kita muter lewat jalan raya, biar ga kotor, tapi tetep aja dari masjid ada suara orang ngitung, jadi gerimis2 kita tetep lari2 dengan tangan menenteng sepatu, rasanya tuh ploooonnngg bgt kalo kita nyampe dimasjid tapi itungan belum selesai. #sujudsyukur.
Dan biasanya di setiap event2 tertentu kita selalu mengadakan pidato 3 bahasa yaitu bahasa arab,inggris dan bahasa Indonesia, setiap kelas harus menunjuk wakilnya 3 orang, dan seperti biasa gue selalu kebagian bahasa Arab, padahal muka gue ga ada potongan arab2nya sama sekali dan gue juga gak pinter bahasa arab, tapi kenapa selalu gue yg kebagian bahasa Arab??? Dan kalo ga ada perwakilan kelasnya bakal dihukum dengan upacara badut, yaitu upacara dengan seragam yang aneh2 di lapangan sekolah, nah dulu anak 7B ga ada perwakilannya akhirnya mereka pun harus upacara dilapangan nah kelas yg lainnya ga boleh ngeliat jadi gue ngumpet2 di depan pintu buat ngeliatin dari dalem kelas, tapi ke gape sama guru gue, akhirnya pintunya di tutup .
Dulu pelajaran MTK sangat menyenangkan karna diajarinnya dengan sangat asik, waktu kelas 7 guru MTK itu Bu Inah, setelah materi diajarin, setiap siswa harus menyiapkan kertas kecil2, lalu kita dikasih soal dan dikerjakan dikertas kecil tersebut sambil dikasih waktu beberapa detik akhirnya kita pun bercepet2 buat ngumpulin kertasnya bahkan kadang sampe jatuh2 karna saling lari2 maju ketempat gurunya. Nanti akan disebutin siapa aja yg jawabannya bener, lalu setiap mau semester score kita dijumlah dan hasilnya ditempel di kelas. Belajar seperti itu seru karna membuat muridnya termotivasi. Tapi akhirnya saat kita kelas 8 Bu Inah berhenti mengajar. Entah karena alesan apa.

Ketika pensi kenaikan kelas, angkatan gue menampilkan drama,temanya gue juga bingung itu tema apa, tapi yang pasti cerita itu hasil pikiran kita sendiri dibantu sama kakaknya Ila, yaitu Mpo Dian, wah cerita drama itu ngalor ngidul ga jelas,setiap hari gue ngarang bikin cerita, meski skenarionya ga nyambung, lagian entah ada angin apa kita malah memutuskan buat nampilin drama, padahal kita semua ga ada basic teater sama sekali dan sangat awam dengan dunia drama, gue pernah ikut drama waktu pensi di MI gue, selebihnya ga pernah ikut drama apa2 lagi, lah ini akting ga bisa ditambah nulis skenario juga,kita semua berjibaku susun semua materi drama, ngumpulin anak-anaknya maksa nyuruh temen2 buat ikut, tapi banyak anak-anak yang ga tertarik apalagi anak cowok susah banget diajakinnya, akhirnya setelah dipaksa anak cowonya yaitu Lutfi,Wahyudin,Syamsul dan Zaenal mau juga setelah nego yang sangat panjang. Dan anak ceweknya yang waktu itu ikut drama yaitu gue, Nur sanin, Ila, Pela, Zizah, Nur M, Diana, Rani.
            Latian drama hampir setiap hari, sepulang sekolah bahkan hari liburpun kita latian drama, waktu itu gue dan Nuraini Mista berperan sebagai pembantu ( kasian ya nasib gue, tapi tenang pembantunya cantik ko hehehe ). Cerita drama waktu itu tentang kehidupan warga desa gitu ada tukang kredit, pak RT, tukang sayuran aaahh pokoknya tentang kehidupan sehari-hari lah, sebenernya kita semua yang ikut main drama itu orangnya pemalu semua, kalo latian itu masi pada malu2, ga serius mainnya pada belum lepas, tapi saat tampil dipanggung semua rasa malu hilang,mainnya all out, yang tadinya saat sesi nari pada ogah-ogahan, tiba-tiba pas dipanggung wah kita semua nari tanpa canggung, dan gue pun bersama Nur M tanpa malu lagi joged aja diatas panggung berdua. Kebetulan scene gue ada adegan narinya gitu ceritanya derita para pembantu. Meskipun awalnya ada kendala karna kaset yang kita rekam ga bisa diputer akhirnya yang niat awalnya kita lipsing akhirnya kita semua tampil live. Ya meski skenario akhirnya ngaco tapi kita semua sukses menampilkan drama tersebut.
            Oh iya dulu waktu kelas 7 gue sama temen-temen gue tergila-gila bgt sama yang namanya badminton, waktu itu ada kejuaraan Thomas dan Uber Cup, kita semua punya atlet idola masing-masing, Nur sanin seneng sama simon santoso, Pela suka sama Sony Dwi Kuncoro, Zizah suka sama Greysia Polii, Ila Suka Sama Taufik Hidayat, dan gue suka sama atlet dari Cina yaitu Bao Chunlai. Akhirnya gue pun dibully gara2 ga ngedukung Indonesia, makanya setiap Indonesia VS Cina gue galau gue ga mau Indonesia Kalah, tapi gue juga ga mau si Bao gue kalah, pokoknya setiap kali ada bulu tangkis kita semua pasti rame cerita tentang idola kita, bahkan setiap hari beli koran, apalagi si Nursanin setiap berangkat sekolah pasti mampir ke tukang koran, gue rasa tukang koran udah apal banget ama mukanya, dan kalo ada gambar atlet favorit kita dikoran itu kita gunting dan dikoleksi, bahkan dulu gue pernah minta gambar si Bao chunlai sama temennya si Nursanin, yang gue ga kenal, tapi emang udah gila bgt sama badminton ama siapapun juga kalo ada gambar atlet yang diresepin kita minta.
            Dulu juga kita punya band Favorit, gue seneng sama Yovie & Nuno, si Nur dan Rani suka sama Ungu, pokoknya kalo ada band tersebut di tv dan kita ga nonton udah uring-uringan, galau resah gundah gulana, makanya kerjaan kita kalo dirumah udah stay tune aja didepan tv rasanya tuh ga nonton tv sebentar aja rugi takut mereka ada di tv tapi kita ga ngeliat, pernah waktu itu saat ulangan ada yovie & Nuno di acara musik pagi-pagi, nah waktu itu kantor sekolah MI bersebrangan ama kelas gue, dan dikantornya itu ada tv, gue yang lagi ulangan ga tenang pengen banget nonton tv, akhirnya gue nyolong-nyolong buat ngintip sebentar ke tv kantor itu, pas guru gue dateng ngerjain lagi, aduuhh kalo dipikir-pikir parah banget ya gue dulu, Cuma gara-gara artis doang sampe segitunya emangnya mereka siapa, nyokap gue sering banget ngomelin gue soalnya kalo gue udah nonton band favorit gue itu gue udah males ngapa-ngapain, disuruh-suruh ga mau, dan waktu itu ada chart tangga lagu gitu dan gue ingin bgt band favorit gue itu ada diperingkat pertama dan gue disuruh sesuatu gak mau gue tetep stand by didepan tv, sampe- sampe nyokap gue bilang “emangnya kalo dia( band favorit gue itu ) menang elu dikasih apa??? “ saking keselnya nyokap gue sampe bilang begitu.
            Oh iya waktu kelas 7 gue pernah diceng-cengin sama temen sekelas gue, dan itu konyol banget masalahnya Cuma gara-gara waktu itu temen gue itu lewat dan karna berhubung waktu itu gue belum terlalu kenal sama semua temen sekelas gue apalagi anak cowoknya, dia lewat berdua temen sekelas gue juga dan dulu gue pikirnya mereka mirip dan gue ga bisa ngebedain mereka berdua, dan pada akhirnya gue nanya sama temen gue si Pela “ eh gue ga bisa ngebedain deh mana si...... dan mana si ....” Pela pun jawab “ beda tau mereka berdua”. Dan akhirnya gue pun jawab lagi “ eh iya deh si... lebih putih”. Dan langsung deh beredar berita kalo gue naksir si.... aduh parah banget masa Cuma gue bilang dia lebih putih dari temennya langsung beredar gue naksir si....., dan bahkan sampe sekarang kadang gue masi suka dikecengin ama temen-temen gue, hadeuuh parah bgt. Gue heran temen gue yang pada pacaran beneran ga pada dikecengin tapi gue yang Cuma gosip dikecengin sampe tiap hari, dan ketika gue tanyakan hal itu sama temen gue “ kenapa yang pada pacaran beneran ga di kecengin??”, jawaban temen gue adalah “ yang pada pacaran beneran mah dikecenginnya ga asik”. Jiaaahhh jadi menurut mereka ngecengin orang yang ga pacaran itu seru hadeeeuuuhhh.
            Oh iya seperti gue bilang diatas gue bersahabat tiga orang yang nama kita kalo disingkat menjadi SNI ( Siska, Nursanin. Ila ). Kita tuh dulu dikenalnya anak buahnya pa Jaka, yang temen-temen gue bilang kita itu ga normal sebabnya apa??? Karna kita bertiga ga pernah deket ama cowok, sampe ada yang nanyain “ elu tuh naksir cowok gak sih ???” parah banget mereka gak tau aja kalo kita bertiga sering ngomongin cowok tapi cowonya gaib hehehehe. Pasalnya kita bertiga emang dingin sama cowok dulu kalo main bertiga2 aja, tapi bertiga juga udah kayak orang seribu rame banget. Seperti gue ceritain diatas gue disekolah selalu dikecengin sama temen gue, kedua sahabat gue juga diceng-cengin, si Nur di kecengin sama anak cowok yang inisial nama nya dari “F”, kalo Ila banyak nih, dari yg kita baru masuk SMP, waktu itu kita mos nah si Ila dapet hukuman disuruh nembak cowok, dan seperti biasa kalo mulai ada yg begitu pasti bakal dikecengin tau sendiri kan anak SMP, terus juga Ila sempet di kecengin sama mr. Fajar entah apa penyebabnya si Ila pernah dikecengin sama pria berkacamata merah itu hahahaha, aduuuhh si Ila tuh nasibnya malang bgt sih.
            Dulu tuh kalo misalnya ada cowok yg diceng-cengin ama kita diwarung kita gak jadi jajan ditempat itu, karna kita tau pasti bakal dikecengin, aaahhh temen2 gue kan rese2, oh iya dulu tuh kalo istirahat udah pada antri diwarungnya nde Munah, beli otak-otak sama bakwan ditambah pilus sama air udah cukup Rp.2000, dan dulu kalo abis beli itu kita semua pada jongkok dibawah pohon manggis, dulu biasanya kita bertiga dapet makan paling terakhir soalnya kan sebelum istirahat kita diwajibin shalat dhuha dulu, nah kita kalo shalat pasti bercanda jadi lama bgt, makanya kita kalo jajan jadi yang terakhir, temen2 gue udah pada nongkrong dibawah pohon manggis, disaat kita udah dapet makanan dan nyamperin temen-temen gue ke pohon manggis, temen2 gue satu persatu pergi, kita yang pengen berbaur sama temen2 tapi kita malah ditinggalin, akhirnya jadilah kita bertiga2 lagi, sebenernya kita tuh ga ada masalah apa2 sama temen2 gue itu, tapi karna kita dipandangnya kita tuh bocah yang belajar mulu, kalo ngomong juga ngomongin pelajaran mulu, ga pernah ngomongin cowok jadi mereka nganggapnya main sama kita tuh ga nyambung, padahal kita itu bocah gila. Sekarang gue jadi kangen sama otak-otaknya nde munah, masi jualan gak ya si Nde???. Oh iya si Nde punya anak cowok nah temen gue ada yg naksir ama anaknya itu, kalo anaknya shalat dimasjid sekolah gue sendalnya ditungguin ntar nyoba-nyobain dah sendalnya dipake emang pea bgt nih bocah. Dan temen gue yang satunya juga naksir salah satu orang yg rumahnya ga jauh dari sekolah kadang kalo si doi lagi main kesekolah karna nyokapnya dagang disekolah gue kita ceng-cengin temen gue itu, dan dulu juga kita punya kecengan anak kampus, sekolah gue kan disamping kampus nah ada salah satu mahasiswanya yang keren kita tuh manggil dia dengan sebutan “ si sweater merah “ karna setiap kali kuliah dia selalu pake sweater merah.
            Oh iya kita tuh kalo jajanan di Nde munah udah abis kita lari ke warung mbah, buat beli makaroni, cokicoki, chocholatos, sama air putih, biasanya itu yg selalu kita beli, tapi akhirnya karna jajannya ga ada yang bikin kenyang alhasil kalo abis jajan begituan gue pulangnya masuk angin. Kalo lagi males ke warung mbah, kita jajan di mama Rival, dan biasanya beli roti ngebul, itu tuh semacem donat yang diberi gula halus gitu, kenapa dinamain roti ngebul karna kalo kita makan tuh roti sambil ngomong gulanya suka berhamburan sehingga bikin ngebul heheheh, itu tuh yang namain si nur sanin.
             Oh iya temen gue ada yg gila banget sama K-pop dan sampe sekarang kalo gue lihat status2 mereka di FB masih ngomongin k-pop, mereka itu si puput, bedah,rinanda, wining the pooh ( eh salah namanya winingsih hehehe), mereka tuh kaayaknya K-poperzzz sejati kalo udah ngomongin k-pop rame bener kayak pasar malem baru buka. Bahkan mereka sering begadang buat nonton BBF ( boys before flowers) dulu tuh drama itu mulainya jam11 malem, sampe sekitaran jam1, gue juga dulu kadang2 nonton, bahkan genk K-poperz itu pernah ga ikut pelajaran syar’i yang nginep disekolah itu Cuma buat nonton BBF.
            Oh iya dulu tuh si Rinanda jualan dikelas, jualan coklat, apa aja deh, bahkan kita kadang belajar sambil makan coklat, dan dulu guru bahasa Inggris gue yang namanya Miss Lia ikutan juga makan permen, “ bu belajarnya ntar dulu, makan ini dulu” kata temen gue.
            Oh iya tadi awalnya gue sebut2 kertas mutabaah, itu tuh kertas yang isinya kegiatan yang harus kita lakukan sehari-hari isinya : menutup aurat ( pake kerudung ), sahalat rawatib (minimal sehari 4 rakaat mau di rawatib dibagian shalat yang mana aja), baca Qur’an minimal sehari 2 lbr, baca buku minimal sehari 2 halaman, nyuci baju, nyuci piring (birrul walidaiin), qiyamullail (minimal seminggu sekali ). Puasa sunnah (minimal sebulan sekali ), belajar sehari minimal se’jam, baca al-matsurat pagi atau sore. Itu yg wajib kita lakukan setiap hari nanti kalo udah sebulan disetor, dan itu selalu dipantau oleh pak Jaka. Gue pernah dihukum gara2 ada satu agenda itu yang gak gue lakuin, yaitu gue belajar kurang dari se’jam Cuma setengah jam, soalnya kalo ga ada PR itu tuh rasanya males belajar dan apalagi kalo udah ada bulutangkis pasti gue udah duduk manis didepan tv. Nah waktu itu sebelum pulang kita semua ngumpul dimasjid, dan ditanyakanlah lembar mutabaah itu, siapa yang gak mengerjakan salah satu agenda dari situ, awalnya anak2 ga ada yang ngaku, tapi sepertinya kita semua sulit bohong sama pak jaka. Ketika ditanyakan siapa yang belajar gak satu jam, akhirnya gue berdiri bukan hanya gue sih tapi banyak, dan akhirnya ditanyalah gue “ Siska kenapa belajarnya gak satu jam??”. Gue pun menjawab “ abisnya pak lama bgt L
“oh satu jam itu kelamaan??? Yaudah kamu belajar satu jam setengah”. Kata pak Jaka
“ yah pak jangan iyadeh satu jam aja” kata gue
“ kamu yg bilang gak mau satu jam” kata pak jaka lagi
“ yah pak engga gitu, ah jgn satu jam aja”. Bujuk gue
Pak Jaka pun tau alesan gue kenapa gue gak belajar sampe satu jam gara2 gue nonton tv, akhirnya gue dapet hukuman setiap acara tv yg gue tonton harus dicatet, biar ketauan acara apa sih yg gue tonton dan mmbuat gue jadi males belajar. Akhirnya dari situ gue nonton acara2 yg buat anak kecil kayak gue nonton bolang, abis bolang unyil, yah pokoknya acara yg buat anak kecillah, padahal keseharian gue dirumah jarang nonton gituan bahkan dirumah gue sering berebut tv sama adek gue gara2 gue gak mau lihat itu.
            Oh iya kan kita diwajibin buat puasa sunnah minimal sebulan sekali, nah waktu itu gue puasa gak barengan sahabat gue si Ila sama Nur, gue waktu itu puasa bareng erna, nah waktu itu kebetulan disekolah belajar lagi gak aktif, jadi kita dibebasin. Si nur ngajakin ke warung,dan dodolnya gue sama erna mau aja kewarung akhirnya kita bareng2 kewarung “ udah sis jajan aja “ kata si nur, “ ah sayang puasa gue” jawab gue. Si Nur pun merayu-rayu gue buat ngebatalin puasanya dia inginnya puasanya bareng-bareng aja nanti,  dan akhirnya gue pun sama erna beli air, tapi gue masih ragu-ragu buat ngebatalinnya, tuh air Cuma gue pegang2 aja ga gue coblos ( pemilu kali akh di coblos hehe ). “ udah sis, Allahumma laka sumtu” kaya si nur, si Ila ngeliatin gue hanya tawa aja. Gue sama erna masi sayang sama puasa gue, dan sepertinya ada orang-orang yg ngeliatin kita, mungkin mereka berfikir “ nih bocah ngapain sih, pagi2 udah Allahumma laka sumtu aja”. Dan akhirnya iman gue sama erna pun goyah, gue tusuk juga tuh air ( hadeeuuh setan yg berwujud si nur itu ngegodaiinnya mantep bener, batal deh puasa gue jam 8 pagi ).
            Oh iya si nur itu bocah gila, jadi waktu itu dia pake sepatu kurang kenceng gitu dan dia ngayun-ngayunin kakinya gitu dan akhirnya sepatunya lepas, dan sepatunya itu lepasnya nyebur ke got. Bukannya diambil dia malah lari, gak mau ngeliat sepatunya, bocah dodol, dan akhirnya untung ada si Pela si Ibu peri dengan tulus dia nyebur ke got dan ngambilin sepatunya si Nur, oh iya si Nur juga pernah disuruh keluar kelas sama guru gue, waktu itu lagi pelajaran Aqidah dan si nur itu berisik bgt dan akhirnya dia disuruh keluar “ daripada kamu berisik mending kamu keluar “ kata guru gue, dan akhirnya diapun keluar sendirian hahah lagian sih bader bgt diomelin kan jadinya hahaha.
            Oh iya kita kan dikenalnya anaknya pak jaka, padahal kita bertiga juga sering dihukum sama Pak jaka, jadi waktu itu kita tuh baru bisa main internet ( katro bgt ya, maklum anak pedaleman hehehe) dan biasanya juga kalo kewarnet yang kita liat Cuma buka gambar dan liat artis2 yang kita suka, dan namanya juga internet kita ketik keyword apapun pasti diselipin gambar-gambar yang begitu lah foto cewek2 sexy, pasti ada aja gambar yg tidak sesuai kita liat, ada aja tuh gambar padahal gue ngetiknya gambar apaan tapi gambar2 yang “begitu” ada aja, kan jadinya mau tidak mau tuh gambar terlihat oleh kita. Sampe akhirnya guru gue tau akhirnya kita pun ga dibolehin lagi kewarnet, kalo kewarnet harus diawasi guru, harus ada guru yang ikut, setelah ada kabar begitu kita pun jadi ga berani buat kewarnet lagi. kita tuh bocah-bocah polos yang sebenernya bukan mau kita lihat tuh gambar, kan tujuan kita bukan ingin ngeliat itu, itu Cuma foto aja kita udah geli ngeliatnya. Makanya setiap gambar yang seperti itu muncul langsung kita ganti keyword yang lain, kita juga sadar itu bukan hal yang bagus buat diliat. Tapi waktu itu pak Jaka buat negur kita semua, nanya lah beliau “ siapa aja yang udah liat gambar2 porno??? Nah gue bertiga mau ngaku ragu2 ragu karna itu bukan kita yang mau ngeliat foto itu, Cuma gambar yang sepintas nongol dan langsung kita ganti, tapi kita juga ga mau bohong karna biar gimanapun tuh foto2 wanita2 sexy itu udah kita lihat, dan akhirnya ngaku lah kita, “udah liat berapa kali kalian???” tanya pak jaka. “ehmm.. 3 pak”.(maksudnya kita gambar wanita2 berbikini yang kita liat) “ ehh... yang waktu itu lihat bareng gue ga di itung” kata temen gue “ ehhh.. 4 deh pak, eeehh 5 deh pak”. Akhirnya setelah diitung2 5 gambar yg kita liat.kenapa tiba2 hal itu ditanyakan ke kita karna waktu itu ada berita akan datangnya pemain film panas asal jepang ke Indonesia. Takutnya kita semua pada mengakses situs2 panas, padahal ngerti juga engga, tapi parahnya temen gue ada yg ngeliat video bintang panas itu dan akhirnya dia disuruh nyeritain apa yg dia lihat itu, dan sebagai hukumannya kita disuruh bawa pohon semakin banyak ngeliat semakin gede pohon yang dibawa. Nah gue bertiga ngeliat 5 gambar akhirnya gue disuruh bawa pohon yg lumayan gede juga dengan pot yg gede. Padahal gue yakin banyak yg ngeliat lebih banyak. Tapi setelah dilihat dari pohon2 yang dibawa temen2 gue, ternyata pohon gue bertiga yang paling gede.
            Oh iya dulu gue pernah berantem sama si Pela entah apa masalahnya gue lupa. Pokoknya gue bertiga berantem sama Pela dan Zizah. Sumpah itu tuh kayak anak kecil bgt. Kita cuek2an, maen kata2an, sampe akhirnya waktu itu Zizah lewat disamping si Nur dan bilang “ kuntilanak luh”. Si Nur engga ngerti dan langsung masang muka tablo “hah, tadi dia bilang kuntil anak??? Gue dibilang kuntilanak???” aduh gue ngakak ngebayangin itu ga ada angin ga ada ujan si Nur dikatain kuntilanak hahahaha, kayaknya lebih tepatnya dia lebih mirip gerandong ahahahaaa. Sumpah gue lupa penyebab berantem itu tuh apa, bahkan yang biasanya gue pulang sekolah udah kayak galih dan ratna sama si Pela, ini gara2 berantem itu ga nyapa ( yaiyalah namanya juga berantem, kalo berantem ngobrol ga jadi dong berantemnya hehehehe ) biasanya kita kalo pulang gak mau pisah, ini jadi cuek2an, bahkan kakak kelas gue yang satu angkot sama gue sampe nanya “siska lagi berantem ya sama Pela??” tapi waktu itu gue hanya senyum aja.
            Oh iya kita pernah ikut lomba pramuka waktu itu, lombanya di Yasfi, sumpah ya itu tuh rempong banget, latian tiap hari, ngecat tongkat sampe2 rok putih gue kena cat, latian sampe sore, dan ketua kelompok gue waktu itu si Ila, yel2 kita tuh kayak orang mau jihad, pake bahasa arab. Aduh gue jadi malu sendiri kalo inget itu, kalo latian disamping rumah nde Munah, teriak2 biar semangat. Hari H lombapun tiba dandanan kita udah kayak si bolang Cuma beda gak pake topi aja, pergi lomba dianter bapaknya Mila naik mobil bak. Pas udah sampe disana kita gak PD. Pasalnya orang yang ikut lomba2 gede semua, sedangkan kita kayak pitik baru netes. Yaudahlah akhirnya kita baris upacara sejenak. Kebetulan kita bukan kelompok yang paling pertama maju jadi kita sempet lihat performance kelompok yang lain, dan itu membuat kita minder soalnya gerakan mereka bagus2 bgt. Akhirnya giliran kelompok kitapun maju, pokoknya kita yang paling beda ama yang lain yel2 kelompok yang lain pun ga ada yg kayak kita rata2 mereka pake lagu dangdut, pop nah kita pake bahasa arab wkwkwkwkwk. Nah si Ila entah gugup atau gerogi atau kenapa tiba2 dia salah saat komandoin kita dia bilang “ balikkkkk kirrrriiiiiiiiiiiii gerak “. Hah, kita sebagai anggotanya pada bingung. Dan  saat PBB tongkat kita pada jatuh aduhhh itu malu2in bgt, dan gue waktu itu kebagian tali temali, gue sama rani dan dewi, dan ceritanya gue waktu itu yg jadi korban, jadi kita disuruh buat tandu, dan sebagai korbannya tangan sama kaki gue di gips, tapi berhubung temen gue si Rani dan Dewi itu buat tandunya lama bgt, akhirnya gue turun tangan juga buat tandu, padahal itu gak boleh, dan akhirnya gue ditanya, sama kakak panitianya “ ini yang jadi pasien yang mana?” “saya kak”. Jawab gue, “kok kamu buat tandu juga??” “abisnya temen saya lama bgt kak”. Kata gue.
            Waktu pensi kenaikan kelas 3 gue sama temen2 gue nampilin tari saman, dan seperti biasa setiap ada event kita selalu pulang sore bahkan sampai mau magrib, kita latian nari, nari saman itu emang capek banget. Ngumpulin anak2nya juga susah banget, bahkan kadang setiap latian itu gak pernah kompak jarang yg pada dateng, bahkan hampir aja nari saman ga jadi tampil karna kita latiannya ga serius, dan gue itu emang bocahnya sableng apa mungkin gue itu keturunan mbah Wiro kali ya hehehe, jadi waktu itu si Nursanin lagi sakit gigi nah gue lagi megang buah apa gitu bentuknya kecil, dan gue entah lagi kerasukan apa tuh buah gue timpuk ke pipinya si Nur sebenernya gak sengaja mau ngebuang tapi malah kena ke pipinya si Nur, dan si Nur pun dari matanya mengeluarkan tetesan air bening, dia nangis *aduuuhhh nuurrr maaf gue gak tau itu lagi kenapa, jahat bgt ya gue hahahahaha.
            Masih banyak banget kisah kita saat berseragam putih biru tapi sepertinya otak gue mulai buntu untuk mengingat2 kembali moment-moment yang kita alami waktu itu disambung lain waktu ya teman-teman.

MAKASIH YA Rabb,udah bkin skenario hidup yg indah :)
 nih anak2 akhwatnya
NB: maaf beberapa foto tidak ada.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya