Langsung ke konten utama

Si Ila cengceremen


Si Ila sahabat gue yang satu ini selalu aja dapet apesnya kalo pergi bareng gue hahaha, maaf la, entah kenapa selalu aja ada kejadian yang menegangkan, selain pernah gue aja ngusruk di got waktu kita kelas 3 SMP, cerita ngusruk bareng Ila bisa di baca DISINI tadi sore hampir aja kejadian ngusruk itu terulang lagi, berawal dari kita janjian buat maen, entah kenapa sekarang gue lagi hobi bgt main ketemen2 lama gue, kayaknya kalo ada waktu kosong bawaannya pengen maen aja,setelah sehari sebelumnya gue main sama temen MI gue, tadi sore giliran gue maen ama si Ila temen SMP gue, entah giliran main ama temen SMK gue kapan, sebenernya gue rindu bgt sama temen2 SMK gue, semoga aja dalam waktu dekat ini kita bisa ngumpul.
Oke balik ke Ila, tadi pagi gue chat ama dia, intinya si gue pengen ngajak dia main,gue kirim WA ( whatssapp) ke dia, awalnya gue bilang “ la roti lu yang waktu seminar kemaren ketinggalan di gue”. Waktu itu gue ngajak dia ke Attin buat ikut seminar, nah diseminar itu kita dapet roti, berhubung si Ila tasnya kecil jadi dia nitipin rotinya ke gue, sampe seminggu setelah seminar itu rotinya masi ada di gue, ga gue sentuh ataupun gue makan, ya gue mau makannya takut blm dapet ijin ama yg punya padahal si Ila nya juga mungkin lupa, gue pun ngajakin dia main setelah gue pulang kerja.
.


Nih isi WA gue sama Ila
Jam pulang kerja tiba gue pun langsung bilang ke babeh gue yang selalu ngejemput gue setiap hari, “beh ika mau main ya ke cakung ke rumah Ila”. Babeh gue udah tau bgt kalo gue udah bilang mau main ke cakung pasti dia bakal bilang “ yang rumah deket masjid itu??”. Dia udah tau banget rumah si ila, ya soalnya babeh gue pasti kepo kalo gue mau main kemanapun pasti ditanyain dengan detail rumah temen gue itu dimana, bahkan waktu itu dia bilang “ babeh tau semua rumah temen ika”. Gue hanya bisa cengo lah gue aja yang temennya ga tau rumah semua temen gue, masa iya babeh gue yang tau, kalo begitu sebenernya itu temen gue apa temennya babeh gue sih hehehhe.
Pas nyampe dirumah gue langsung buka rak makanan, karna gue laper bgt dikantor gue ga makan siang, paginya pun gue sarapan ala kadarnya karna lagi pagi perut gue rasanya ga karuan, sakit perut gue dikantor, disuruh buat laporan pun gue nyuruh mba Lusi buat sendiri laporannya, biasalah cewek kalo lagi PMS perut suka ga karuan. Dan seperti biasa dikantor gue kalo hari senin pagi diadakan doa bersama, ya beti lah ama disekolah kalo senin ada upacara, dikantor gue doa bersama.
Yaudahlah setelah gue buka rak ga ada makanan sepertinya emak gue ga masak, gue tau pasti alesannya karna ga sempet masak gara2 ngurusin ade gue yg kecil, gue langsung ngambil kunci motor dan ngibrit kerumah ila, gue pun ngajakin dia nyari makan.
Akhirnya kita pun nyari makan kearah auri, awalnya sempet bingung mau nyari makan apa??, dan gue pun bilang makan apa kek yang penting kita bisa ngobrol, yaudah akhirnya kita memutuskan buat nyari bakso,meskipun Cuma gue yg makan karna si Ila udah makan mie ayam,jadi dia Cuma nemenin gue makan aja,dan akhirnya dia beli es buah. Di perjalanan gue ngobrol ama Ila “ la kemaren gue abis kondangan ke rumah temen MI gue, nah disitu gue ketemu adek kelas gue, yang dulu gue kelas 6 dia kelas 2 MI, pas gue ngeliat ya ampyyyuuunnn udah dewasa bgt beda bgt sama gue yg masih bocah, dan kan gue cerita ke emak gue, eh emak gue bilang dikit lagi juga dia mah nikah” jlebbbbbbb bgt itu dulu dia gue yg gendong2 pas lagi bayi sekarang gedenya udah kayak gue bahkan sepertinya dia jauh lebih dewasa dari gue, gue ama si Ila masi bocah yg kaga idep kalo kata orang kampung, ternyata gue ama si Ila sama, masi sama2 masi dicuciin ama emak kita, sebenernya itu bukan maunya kita dicuciin tapi dicuciin juga alhamdulillah hehehe, dan parahnya kita yg emang gue bingung nih bocah dua otaknya ada dimana tau, udahnya baju dicuciin ama emak bukannya terimakasih malah ngomelin “lagian siapa suruh bajunya dicuci”. Adduuuuhhh durhaka bgt itu ga tau terima kasih bgt,aduuuuhh emakkk maaf gue kira gue doang ternyata si Ila juga, entah kenapa sekarang jadi males bgt, kemaren2 sebelum berangkat kerja gue nyuci dulu, lah sekarang boro2, nyucinya ntar sore aja pulang kerja, pulang kerja capek, si Ila bilang mau nyuci hari jum’at aja, karna jum’at dia pulang cepet, tapi ujung-ujungnya ga dicuci juga, oalaahh akhirnya mungkin emak2 kita gregetan ngeliat cucian anak perawannya itu numpuk jadi akhirnya dicuciin juga, dan kadang emak gue bilang “ Ka, elu di rumah hari ini ga ngapa2in pisan, nyuci kaga, gosokan numpuk”. Dan gue hanya jawab dengan enteng “ besok pagi mak ngegosoknya”. Dan sekarang emang jadwal gue tiap pagi itu dari abis shalat shubuh sampe jam 7 itu ngegosok, jam 7 baru mandi dan siap2 buat ngantor. Kadang jadi kasian aduuuhh ibu rumah tangga itu kerjanya capeknya minta ampun ya, belum lagi sekarang gue punya ade bayi, yg ga boleh ketinggalan emak gue, kalo emak gue pergi sebentar itu nangis, tugas emak gue harus ngurus rumah masak, nyuci,beres2 rumah ngurus bayi juga, bisa gak ya nanti gue ngurus semuanya seperti itu, tugas seorang ibu tuh capek bgt ya ternyata.
Setelah nyampe ditukang bakso kita  Ngobrol ngalor ngidul ngulon ngetan cerita tentang adenya si Ila yang namanya si Dina dan Otong, yg sekarang lagi UTS di sekolahnya yg kedua adeknya itu berharap pas ulangan yg ngawas itu gurunya yg galak. Alesannya biar anak-anak susah nyontek, gue ngalamin banget apa yg dialamin ama si dina dan otong itu, pasti kesel bgt kita belajar cape-cape pusing eh yg lain dengan enaknya ngebet dikertas atau bahkan browsing karna sekarang browsing itu cepet bgt. Ya kesellah kita capek tapi nilai kita ga beda jauh ama yang ga belajar, itu tuh keselnya diubun-ubun. Dengan yang ngawas guru yg kiler itu kan anak-anak ga  bakal berani buat nyontek dan anak2 pun ga bakal berani buat tengok kanan- kiri (emangnya mau nyebrang tengok kanan-kiri hehhe).  Gue jadi inget dulu gue pernah teleponan ama si otong jadi dulu kan lagi booming2nya Hp es** dan hampir semua temen gue hp’nya merk itu dan kita tuh pake paket telponan jadi ya mau ngomong ampe kuping budeg, mulut dower, juga tetep irit pulsa. Waktu itu si otong lagi ada PR nah si Ila nanya ama gue,berhubung gue ada buku RPUL gue bisa ngejawab PR’nya si otong, nah semenjak dari itu siotong jadi pengen nelpon gue buat maen tebak-tebakan soal,nah waktu itu gue salah denger apa gitu si otong ngomong gue lupa, akhirnya dulu dia itu manggil gue dengan sebutan apa gitu gue lupa.
Selesai makan pas magrib yaudah kita langsung pulang, emang gue dipesennya sama babeh gue maennya jangan lama2 magrib pulang, padahal itu gue maen jam setengah 6 magrib kan bentar lagi, akhirnya kata babeh gue yaudah jgn malem2, pokoknya kalo udah gelap pulang, keluar dari tukang bakso udah rintik2 ujan,  lah pas dijalan ujan langsung gede, jalanan pun ga keliatan rasanya tuh air ujan nusuk kemata , susah buat ngeliat jalan, wah ujan makin gede, akhirnya kita mutusin buat neduh
 “ la neduh dimana nih ??”. tanya gue,
 “ yaudah nyari dirumah aja” katanya.
 “ jangan la elu blm shalat?” .
“ yaudah nyari masjid aja”. Kata si Ila
Yaudah kita nyari masjid buat neduh nah berhubung gue lagi ga shalat gue nunggu sambil baca2 brosur. Nah selesai shalat ujan berenti “ ini Allah emang nyuruh kita shalat dulu”. Kata si Ila “iya ya la, udah shalat mah ujannya berenti”.
Nah pas dijalan pulang lagi enak2nya cerita curhat, tiba2 ada jalan yang mendadak jadi kolam, tuh jalan penuh air tepatnya sih itu jalan berlubang. Nah berhubung gue jarang maen ke daerah situ, jadi gue mana tau jalan yang berlubang disitu jalan sebelah mana aja. Gue gas aja motor gue dengan kenceng tanpa ngerem, tiba-tiba “ Gedebuuuuukkk” hampir aja kita ngusruk untuk yang kedua kalinya , tapi sepertinya Allah menyayangi kurcaci mungil ini, Allah ga ingin ngeliat kita ngusruk lagi, gue kaget tapi untung gue ga oleng jadi si Ila ga terdampar diatas kolam kecil itu. Padahal si Ila tiap pagi ke jalan situ karna nganterin si Otong sekolah, tapi dia ga ngasih tau gue jalan yg rusak sebelah mana aja, yaudahlah yang awalnya curhat berubah jadi ketawa ngakak, tuh kan gue heran kita tuh mau lagi apapun tetep aja ngakak, itu mau jatuh aja bukan takut dan trauma tapi ini malah ngakak, “ aduuuhhh ciss, padahal gue setiap hari jalan kesini tapi gue lupa bilang jalan yg jelek yang mana aja” kata si Ila sambil ngakak. Untung aja dia naik motornya ga duduk ala-ala cewek yg duduknya miring, soalnya pas perginya dia duduknya miring, nah pas pulang gue nyuruh dia duduknya jgn miring soalnya jalannya licin gue takut jalannya ga balance ( akuntansi bgt sih bahasa gue hahaha ).  Coba kalo dia duduknya miring pas ada jalanan rusak itu dia mungkin mental sampe ketukang bakso lagi ( aduuuhh sumpah gue nulis cerita ini sambil ketawa sendiri ngebayangin si Ila, pasti  muka dia jadi tablo bgt lagi curhat tiba2 curhatnya berenti  hahahahaha ).
Oh iya abis shalat magrib dimasjid itu dia nitipin kaos kakinya dimotor gue gara2 basah, dan pas udah nyampe dirumah dia, kita pun say good bye, kita berdua ga ada yg inget ama kaos kaki basah yang ada dimotor gue, sampe akhirnya gue baru jalan sedikit inget ama kaos kaki si Ila, untung si Ila belum nyebrang, gue langsung teriak “ Ilaaaaaaaaaaaaaaa, kaos kakinya lupa” kata gue. Akhirnya si Ila nyamperin gue “ eh iya lupaaaaa” kata si Ila sambil nutup muka. “haddeeeuuuh kalo kaos kakinya baru sih gak apa2 ditinggalin, lah ini kaos kaki basah” kata gue sambil ketawa. Si Ila juga ngakak. Kalo kemaren sih yg ketinggalan roti ya gak apa2 bisa gue makan, lah ini apa yang akan gue lakukan dengan kaos kaki basah kalo udah nyampe dirumah gue???? Sebuah tanda tanya besar kalo misalnya tuh kaos kaki sampe kebawa kerunah gue “ AKAN GUE APAKAN BENDA BASAH INI?????.
Si Ila kayaknya selalu dapet apesnya kalo pergi bareng gue, tapi gue heran dia mau aja kalo gue ajak hahaha. Contohnya waktu seminar minggu sebelumnya, gue itukan bocah yang sangat susah kalo ama yang namanya nginget jalan, meskipun gue udah berkali-kali jalan lewat situ, nah waktu itu perdana gue ngajak orang melintasi jalan itu dengan gue yang sebagai penunjuk jalan. Jadi si Ila itu sebagai kelinci percobaan ( gue rasa si Ila udah kenyang jadi kelinci percobaan  jadi gue pikir kalo si Ila gue ajak nyasar juga ga bakal marah hehehe ). “ la sebenernya gue ga hafal jalan lewat sini” kata gue. “ lah jadi lu gak tau jalan lewat sini????” kata Ila. “ ya berdoa aja biar kita nyampe kesana ga ketempat yang lain hehehe”.
“Cis, kata orang2 kalo ke TMII 15 menit juga nyampe, kok ini ga nyampe-nyampe ya???” gue hanya bisa ngakak denger kata-kata si Ila,” yah la kalo kita bisa nyampe aja udah syukur”. Dan ternyata si Ila juga susah ama yang namanya nginget jalan, aduuhh kenapa ya bocah yang deket sama gue,susah-susah bgt nginget jalan, temen SMK gue juga yang namanya si Syifa kalo nginget jalan itu ngejelibet, susahhhh bener, kita nyasar dirawamangun 3 jam, nyampenya ketempat2 itu lagi. Kata ila “ ciss, gue mah kalo lu tinggalin disini gak tau pulang ini, gak tau juga harus naik angkot yang mana”. Hahaha gue ngakak denger ucapan si Ila “ gue juga gak tau la, ini namanya daerah apa, tapi tenang la, gue ga sejahat itu kok, gue ga bakal ninggalin lu disini” kata gue. Gue pertama kali lewat jalan itu bareng temen gue yang namanya si Via, waktu itu Via bilang ke gue “ untung lu perginya ama gue cis, coba kalo ama ila bisa ga nyampe2 lu hahahah”. Aduh anaknya uncle Nurdin and uncle Aan ini ternyata sama.
Sampe di Attin kita zuhur, yaudah shalat dulu kita, selesai shalat kita ga langsung ke tempat seminarnya tapi ngobrol dulu, maklum kita jarang ketemu jadi banyak hal yang ingin kita sharing, terutama masalah kita yg selalu merasa masih kayak bocah kecil, sedangkan adik kelas kita udah banyak yang nikah bahkan udah punya anak sedangkan kita masih kayak bocah dodol, bahkan emak-emak kita masih nganggap kita tuh bocah, dan ga percaya kalo umur kita bakal masuk usia kepala dua, bahkan emaknya si Ila bilang saat nanya umur anaknya “ lah iya geneng si Ila udah gede”.  Itu yang menjadi kegalauan kita, kelakuan kita masih kayak bocah aja.
Sekitar jam 1 kurang gue ngajakin ila buat keruang seminarnya, dan gue ngajak jalan pintas yg ternyata disitu banyak rumput yang rumputnya itu pada nempel dibajunya si Ila, gue ngakak ngeliat si Ila “ cis, gimana sih ini pemandu jalannya, baju gue penuh rumput nih, tanggung jawab ah” kata si Ila, gue gak bisa nahan tawa, ngeliat si Ila, akhirnya sebelum masuk keruang seminar kita ngebersihin baju dulu. “ baju lu enak begitu gak terlalu keliatan rumputnya, baju Ila item nih jadi keliatan bgt”. Kata Ila ngegerutu. Aduh la, apes bgt si dirimu, lagian udah tau jalannya berumput bajunya bukan diangkat malah dibiarkan diseret2, apa jangan2 dia ngerasa itu lagi jalan di atas green carpet kali ya, “ aduh rumputnya nusuk2 kekulit Ila nih” kata dia, aduhhh ni guru TK polos amat ya, gue rasa dia lebih polos daripada muridnya :D.
Saat seminar kita enjoy menikmati seminar itu yang temanya “sang pemuda penghafal al-qur’an”.  Semua peserta di suruh teriak2 ngafal surat al- infitar, seketika juga ruangan seminar rame dengan suara peserta.
Ada satu statement ila yang bikin gue geli sendiri kalo ingetnya sampe saat ini, jadi waktu itu ada seseorang yg begitu dah susah gue jelasinnya. Isi statement si Ila
“untung gak ganteng, coba kalo ganteng bisa ilfeel gue”.
“hah, apa la?? Untung gak ganteng kalo ganteng ilfeel??? Hahahaha jahat bgt lu” gue ngakak.
“ehh, kceplosan ciss, atuh dianya begitu”.




Nih isi chat gue ama si Ila
Oh iya kita tuh ingin bgt punya imam nanti yang mukanya adem ( efek kena air wudhu jadi tampangnya teduh), bercahaya (bukan berati pake lampu ya), enak diliat ga perlu yan ganteng asal enak kita liat aja juga udah cukup hehehe, yang utama sih yang bisa ngebimbing kita ke arah yang baik. Ayooo La, kita perbaiki diri, mudah-mudahan dapet pria sholeh,inget janji Allah “ wanita baik-baik untuk laki-laki baik”. Sekarang kita perbaiki diri, mudah-mudahan pria yang akan menjadi imam kita kelak juga sedang memperbaiki dirinya J.
La, cerita kegilaan kita masih banyak yg belum tertuang dicerita ini, next story segera dirilis tungguin ya, cerita rosiah,rodiah, sama rositi belum ada, cerita sama Pak Jaka, AKA bang jack nanti tunggu terbit ya :D

Seutas tali memadu simpul tawamu duhai kawan
Simpulnya jatuh dipelupuk nurani yang tertambat cinta
Cinta berkawan bersama nikmati semusim masa

Disela kehangatan berkawan adalah aku pandang
Satu persatu garis wajah duhai kawan penuh harapan
Andai saja slalu bersama setiap masa sehati


Suratan Tuhan kita disini menapaki cerita bersama
Cinta berkawan karna sehati dalam kasih Illahi
Tepiskan hal yang berbeda agar kisahmu teramat panjang
Simpan rapi harapan berkawan selamanya..

 _edcoustic- Cinta berkawan _

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya