Langsung ke konten utama

Dede Kia = games buat kakak2nya



Punya adik kecil yang baru berusia 2 tahun disaat umur gue yang udah banyak kayak gini, seru banget ternyata, kayak punya maenan baru, bahkan lebih seru ketimbang game yang ada di gadget. Bikin gregetan banget, pokoknya nih anak pinter banget bikin gue sebagai tetehnya gagal fokus, segala tingkahnya lucu banget, apalagi kalo ngedengerin celotehannya dia, masya Allah bikin gue pengen senyum aja, gue seneng banget ngedengerin dia ngomong, meski omongannya ga jelas, kadang gue juga ga ngerti apa yang dia bilang. Aaahh De, kamu tuh pinter banget ngehibur teteh.
            Adik gue yang satu ini gue kasih nama Adzkia samha Saufa,  sengaja gue pilih nama itu karena biar nama panggilan kita mirip, dia dipanggil Kia dan gue dipanggil Ika, nama kita terdiri dari huruf yang sama hanya beda susunan, semakin kesini gue semakin merasa nih anak mirip banget sama gue, sifatnya kayaknya nurunin gue nih anak. Ngeliat dia gue ngerasa dejavu. Kenapa?? Soalnya apa yang dia lakukan, perlakuan si babeh ke dia, itu sama banget sama apa yang gue alami waktu kecil, perhatiannya si babeh ke Kia, itu persis seperti yang babeh berikan ke gue waktu gue kecil, kita diasuh oleh orang yang sama, dengan pola yang sama banget, ga beda dari gue kecil sampe sekarang ke ade gue sama pola asuhnya. Kalo ga diubah ade gue bakal sama kayak gue nih. Peran kakaknya buat ngebantu ngedidik si kecil, biar bisa kebentuk kepribadian yang beda dan lebih baik. PR buat gue ini sebenernya, gue ngerasa dia tanggung jawab gue, mengajarkannya hal-hal baik, apalagi diusianya yang sekarang baru menginjak 2 tahun masa Golden age, masanya dia merekam kejadian sekitarnya, menangkap apa yang dia dapat dari lingkungannya. Gue merasa daya tangkapnya cepet banget, ketika ade gue yang cowok ngomong sesuatu nanti tiba-tiba dia ngikutin. Hiburan banget sebenernya itu bikin ketawa sekeluarga tapi jadi hati-hati banget buat berucap takutnya dia meniru kata-kata yang ga baik.

            Gue lagi menciptakan keakraban dengan si kecil. Gue sengaja melibatkan dia untuk suatu pekerjaan, misalnya kayak beres-beres rumah, ya tugas gue kalo minggu pagi itu jadi upik abu, gue sengaja minta bantuan dia, biar rame gitu meskipun tuh kerjaan ga kelar-kelar jadinya, bisa 2 kali lipat waktunya. “De, bantuin teteh main air yuk”. Nanti dia bakal dengan semangat langsung lari nyamperin gue. Kita gotong bareng-bareng bak yang penuh cucian kotor ke mesin cuci, ya lagi-lagi meski tambah ribet ngerjainnya, tapi gue seneng aja ngajak dia, sebenernya dia bukan ngebantuin ngacak-ngacak mah iya. Dia dengan segala kekepoannya, kelucuannya, kepolosannya itu menggemaskan banget. Itu yang bikin gue kalo dikantor pengen pulang, gue kangen sama dia. Setiap apapun yang dia liat pasti dia tanya “ini aan teh??” kalimat tanyanya tuh bikin ketawa, babeh gue itu namanya Aan, dan dede Kia tuh kalo nanya pake kata “aan” bukan “apaan”. Seharusnya kalimat tanya yang bener “ini apa teh?” atau “ini apaan teh?”  tapi dia malah “ini aan teh?” babeh gue pas pertama kali denger ketawa, ya mungkin bakal biasa aja kalo Aan itu bukan nama si babeh, tapi jadi beda cerita saat kata “aan” itu jadi kata tanya :D, gue berulang kali ngajarin biar kalimatnya lebih tepat, misal kalo mau nanya benda itu pake kata “apa” nanya nama pake kata “siapa” nanya angka pake kata “berapa” tapi dia mau nanya apapun kalimatnya tetep sama “ini aan teh?”.
            Kia, segala tingkahnya ada aja yang bikin gue ketawa, ngeliat dia aja bawaanya udah pengen senyum aja gue. Masya Allah De, kamu menggemaskan banget. Kehadiran dia membuat gue, abang gue, dan adek gue yang cowo terhibur, kita selalu perebutin dia, aaahh kadang gue pengen punya ade satu lagi, abis kadang gue ga kebagian maen sama dia. Saat si emak hamil dia gue gak tau, gue tau si emak hamil pas kira-kira usia kandungan 3 atau 4 bulanan gitu, gue tau saat bibi gue ngeledekin gue “ciyee  mau punya ade baru”. Si emak gak cerita kalo misalnya lagi hamil, pas bibi gue ngeledekin gue ga percaya, gue geledah lemari emak gue dan taraaaaaa…… gue nemuin Testpeck dengan tanda strip dua. Itu tandanya POSITIF ada dede bayi di perut si emak,  gue emang pengen banget punya dede bayi, tapi jangan si emak yang hamil, soalnya kasian udah tua, pas hamil dede Kia si emak udah ± 42 tahun usianya. Gue pernah update status di FB gini “pengen punya dede bayi” dan bibi gue komen, trus mungkin bibi gue bilang ke emak gue kalo gue pengen punya ade lagi hahaha. Kenapa gue pengen punya ade bayi?? Soalnya tuh anak kecil tuh lucu banget, apalagi pas masi bayi kombinasi dari bedak bayi dan minyak telon tuh heeemmmm wangi baangettt, itu kalo ga di cium rasanya ga afdol banget. Apalagi kalo ditambah minyak telon, capur bedak dan ada tambahan aroma ilernya dia hahaha. Inget ya iler bayi, bukan iler yang udah tua :p .
            Setelah tau si emak hamil, gue mulai searching nama-nama bayi, akhirnya nemu lah gue nama yang gue suka kalo laki-laki namanya “Akhdan latif azizan” kalo perempuan namanya “Adzkia Samha Saufa” gue seneng banget nama yang ada huruf F & Z nya, makanya gue pilih lah nama itu, waktu itu gue pengennya ade laki-laki lagi, entah kenapa pengen aja ade laki-laki padahal udah punya ade cowo, karna biar gue anak perempuan satu-satunya, tapi emang seneng aja gue ngeliat bayi laki-laki yang mungil, kayaknya lucu aja gitu. Pas kandungan si emak udah gede si emak emakn ke dokter buat USG. Dan hasil USG itu perempuan “ teh, dedenya perempuan” kata ade gue yang cowok, kebetulan dia ngikut waktu si emak USG. Pupuslah keinginan gue ingin punya dede bayi cowok. Agak cemberut gue waktu itu pas tau dedenya perempuan. Tapi cemberutnya Cuma malem itu aja, selebihnya udah biasa aja, hehehe…
            Kandungan si emak makin membesar, dan gue itu parno banget kalo naik motor ngeboncengin ibu hamil dan  nenek-nenek, gue gugup banget, nervous banget saat disuruh nganterin si emak kondangan, naik motor itu ga tenang, gue takut jatuh, pasalnya kalo jatuh bukan berdua itungannya tapi bertiga ama dede yang diperut, gue itu tipe orang yang gelian banget, jadi gue kalo bawa motor orang yang gue boncengin ga boleh pegangan, kalo gue ngeboncengin si emak atau nenek gue, dia pegangan pinggang, itu rasanya naik motor pengen gue gubrakin, gelinya tuh dari pinggang naik ke kepala, sampe kaki ngerasa geli semuanya. Jadi si emak atau nenek gue udah tau kalo naik motor ama gue ga pegangan soalnya udah gue pesen “aaahh jangan pegangan geli”. Saat gue naik motor ngeboncengin ade-ade gue, tiba-tiba di pinggang gue ada benda kecil, gue geli “aaahh ini apaan sih??” eehh ternyata itu tangan dede Kia. -_-
            Hari persalinan pun tiba, dede Kia lahir hari Kamis, dan saat itu merupakan tanggal merah, jadi gue libur, seperti biasa gue kalo libur maen ama sepupu gue yang masih umur 2 tahunan, gue bawa sepupu gue si Aira itu kerumah, babeh gue waktu itu lagi ga ada dirumah, ade gue yang cowok sama abang gue juga lagi gak dirumah, jadi dirumah Cuma ada gue dan si emak. Kalo hari libur kerjaan rumah tuh jadi tugas gue, jadi si emak sedikit free. Tapi pagi itu si emak tiduran aja, biasanya kan pagi-pagi udah kewarung atau kemana gitu, hari itu si emak di kasur aja, mungkin si emak udah ngerasain tanda-tanda mau ngelahirin, tapi gue masih ga nyadar gue malah ngajak si Aira kerumah, itu kan jadinya berisik “aduuhh ngapain si dia dibawa kesini?”. Akhirnya gue jadi main diluar sama si Aira. Gue masih belum tau kalo si emak udah mules-mules, abis ekspresinya biasa aja, gue aja kalo pengen pup doang mulesnya heboh, ini mau ngelahirin flat aja ekspresinya, ya jadi gue kira si emak fine-fine aja. Abis main ama Aira gue nyuci,  cuciannya banyak banget. Si emak ternyata sms tetangga gue minta di anterin ke bidan. Si emak berangkat ke bidan gue masih ngadepin satu bak cucian. Gak lama tetangga gue balik lagi kerumah tapi tanpa si emak, si emak udah ga boleh pulang soalnya udah pembukaan, akhirnya tetangga gue yang pulang ngambil baju buat si emak, gue gak tau emak gue udah prepare apa belom, akhirnya gue ambilin baju apa aja, gue gak tau baju-baju bayi yang udah di siapin yang mana, apa aja yang harus di bawa, gue  sama sekali gak tau emak gue nyimpennya dimana, akhirnya gue pake tas laptop gue buat tempat baju emak gue, gue bingung abisnya, kalo udah buru-buru kan ga bisa mikir, gue ngeliatnya tas laptop ya gue pake aja tasnya. Sebenernya itu lahirnya lebih cepet dari perkiraan soalnya perkiraan lahir masih sekitar 2 mingguan lagi. Tetangga gue balik lagi ke bidan, tapi gue ga boleh ikut katanya udah selesain aja cuciannya entar sama bapak nyusulnya. Okelah gue selesain nyucinya. Akhirnya bapak gue pulang gue nyusul ke bidan, rupanya udah ada bibi gue disana. Gue sampe ade gue udah lahir, dan saat itu air mata gue meleleh. Kia lahir tapi dia gak nangis  akhirnya dia diangkat sama bidannya dengan posisi kebalik kakinya di atas kepalanya di bawah, gue ngeliat  itu ga tega banget, Kia belum di balut apa-apa, masih telanjang, belum di bersihin juga kayaknya gue lupa, air mata gue makin meleleh pas si babeh ngazanin dede Kia. Itu momen haru banget, biasanya momen-momen haru dirumah gue tuh kalo lebaran, sama kalo gue mau ujian, tapi ini gue bener-bener ga bisa nahan air mata gue, sampe malu gue sama bidannya.
            Keluarga gue ngumpul gue seneng banget, rame jadinya. Dan gue sebagai anak perempuannya si emak dan si babeh, disuruh nyuciin popok bayi yang ada pupnya dan kain bekas si emak lahiran, itu kainnya penuh darah banyaaaakkk banget, beda sama darah haid, banyak banget soalnya, perjuangan seoarang ibu luarrrr biasa, mengeluarkan banyak darah, mempertaruhkan nyawa demi sesosok bayi mungil yang kelak diharapkan bisa membahagiakan orang tuanya. 



            Seiring berjalannya waktu, dede Kia tumbuh menggemaskan banget, kalo dia tidur itu menggemaskan banget, rasanya kalo ga di gangguin ada yang mengganjel gitu di hati, meski ujungnya gue bakal diomelin si emak, tapi gue geregetan banget pengen gangguin dia tidur, nanti biasanya kalo dia nangis gue tinggal kabur hehehe, (tetehnya rese banget, tapi bukan Cuma gue abang gue juga sama hobi banget ngegangguin Kia tidur :D ). Gue seneng banget bercanda sama dia, bercanda dikasur si emak, ngacak-ngacak seprei, gue sih udah dengan lembut banget bercandanya biar sepreinya ga acak-acakan biar ga diomelin tapi si Kia suka-suka dia jadi lah tuh seprei kusut, yang ngacak-ngacak dia yang diomelin si emak gue :p. bercanda sama ade-ade gue berasa seumuran, hahahaha… lupa kalo umur udah banyak. Bercanda sama Apih dan Kia itu nyenengin banget, anak kecil tuh beneran hiburan banget. Kebiasaan gue sama dia, kalo misal si babeh baru pulang kita ngumpet nanti kita kagetin si babeh, nah waktu itu pas gue pulang kerja, dia ngumpet di balik gordyn, gue nyariin dia gue pikir di ga ada dirumah, tau-tau dia ngagetin gue, reseee gue dikerjain dede Kia, gue dikerjain ama bocah umur 2 tahun hahahaha rasanya pengen gue pites aja kayak kutu ngegemesin banget ( gue juga sih yang ngajarin gue yang kena hahaha).


            Dede Kia nih pinter banget bikin tetehnya gagal fokus, saat gue buka laptop mau ngerjain tugas, baru gue buka dia nyamperin gue, “teteh Ipin” dia minta nonton Upin-Ipin, kalo ga minta “teteh Bismillah” ( kartun si syamil dan Dodo ). Kalo ada Aira dan Kia ngeliat gue buka laptop udah deh mereka langsung bilang “teteh bismillah”. “entar dulu ya teteh ngerjain tugas dulu” jawab gue, awalnya mereka ngerti “entar ya kalo teteh udah selesai ya nonton Bismillah nya” kata Aira. “Iya” jawab gue. Belom ada 5 menit Aira nanya lagi “teteh udah selesai?” “belom de, masih banyak, entar ya kalo teteh udah selesai”. Belom ada 3 menit dia nanya lagi “teteh selesainya kapan sih?” boro-boro selesai belom jg ada soal yang gue jawab, okelah gue ngalah kita kesampingkan dulu tuh tugas, muka si Aira udah melas banget soalnya pengen nonton, kasian ngeliatnya. Makanya gue lebih sering ngerjain tugas kuliah dikantor, disela-sela kerjaan buka modul, karna kalo dirumah ada aja kurcaci mungil yang ngegangguin, tapi digangguin mereka kok gue ga kesel ya, malah kadang gue seneng. Kadang kalo gue ngerjain tugas terus gue ngedenger Kia bercanda sama Apih, gue malah sengaja manggilin dia biar bercanda sama gue. Kia nih seneng banget nonton Upin-Ipin, ada salah satu film Upin-Ipin di situ ada adegan ngitung ayam, tapi mulai ngitungnya dari angka tujuh, Kia bisa ngitung dari film itu ternyata, awalnya orang rumah gue ga ada yang nyadar ini dede ko bisa ngitung dari angka tujuh, satunya kemana??? Oooohh rupanya gue baru ngeh itu dari Upin-Ipin padahal setiap nonton tuh gue selalu nemenin dia, tapi gue ga ngeh kalo ada adegan itu, masya Allah anak kecil daya tangkap luar biasa. Gue lagi mengakrabkan diri sama Kia, “dede temenin teteh wudhu yuk?” dia langsung mau, “teteh pipis” dia pipis dulu baru gue wudhu, ngeliat gue wudhu dia langsung bilang “aku teh aku teh” akhirnya kita perebut keran abisnya gue wudhunya tanggung.  Dia bisa langsung ngikutin gerakan wudhunya padahal belom gue ajarin Cuma dari ngeliat aja, tapi dia agak susah nih disuruh pake kerudung. Kalo misal mau shalat “dede pake mukena ya” kata gue. Dengan tegasnya dia jawab “engga”. Dia malah lebih suka pake peci dari pada pake kerudung. Hadeuuuhhh dede dirimu itu perempuan.





            Oh iya belum lama ini gue terharu banget sama dia, dia udah bisa baca Iqra dia bisa baca satu halaman, ya emang baru bagian Alif sama Ba doang, tapi rasanya tuh senengggggg banget gue, dan lagi-lagi gue nangis. ( cengeng banget gue, bodo amat ah J ) terharu banget gue, ya meski ngajinya suka-suka dia, perhatiannya gampang banget teralihkan, dan dia ga seneng banget kalo diliatin pas lagi ngaji, dia bakal marah, ke babeh gue, ke abang-abangnya, bete mukanya kalo diliatin. Dia ngaji sambil tiduran ya gue ikutin sambil tiduran yang penting dia mau baca. Setiap dia bisa baca satu huruf kita kasih tepuk tangan dan pujian biar dia seneng. Ya meskipun satu halaman itu bisa setengah jam bacanya hahaha.



            Setiap hari kamis tuh dia ngikut ngaji sama emak gue, di musholah deket rumah, dan kamis kemaren gue pulang kantor si babeh sengaja lewat tempat ngaji si emak, keliatan dari jalanan si Dede, tapi si emak ama dede duduknya misah dari jamaah lainnya, gue ajak pulang duluan si dede, gue samperin dia, dia ngaji tapi mulutnya ngunyah aja, gue tanya lah “ dede ngaji apa jajan??” dan dengan polosnya dia jawab “jajan” gubraaaakkkkk, aduuuhh dede ngegemesiin banget sih. Pas si emak pulang dikeluarin lah isi tasnya. Dan isinya adalah sampah bungkus ciki, kotak susu, bungkusan permen, isinya sampah jajanan semua hahahaha. Ya Allah de, gue ketawa ngeliatnya. Dia ngaji jajan doang hahaha, aduuuhh sama banget kayak gue waktu kecil ngaji maunya jajan doang di suruh baca gak mau gurunya sampe nyamperin gue bawa-bawa iqra ke atas perosotan tapi tetep gak mau baca.  Tapi anak kecil tuh bener-bener peniru ulung, makanya hati-hati banget jangan sampe salah ucap. Dia itu sok tau banget sekarang, “teteh minjem HP” entar dia ngotak-ngatik hp gue, “dede jangan buka yang itu” nanti dia dengan gaya sok taunya bakal marah, gue takut dia buka wa atau bbm ntar ngeping2 ga jelas, soalnya pernah begitu, nanti gue harus klarifikasi “maaf ya itu tadi ade gue”.
            Dede kia kosa katanya udah banyak banget, meski ngomongnya masih ga jelas, nyebut ice cream “agem” nyebut sambel “syabel”  nyebut banjir”wajil”, nyebut mandi “badi”, nyebut tiupan gelembung sabun”mpan” dan dia punya tukang maenan langganan namanya abang madun kalo mau beli gelembung sabun dia bilangnya “mpan ndun” maksudnya beli tiupan di abang Madun. Dia juga kalo abis mandi pake baju tuh milih sendiri, ga mau dipilihin, maunya seleranya dia, padahal itu baju udah kecil banget, tapi tetep aja baju itu lagi itu lagi yang di pake. Dia juga sering banget ngeliatin gue setiap pagi ngegosok, tiba-tiba dia praktekin ngegosok baju. Pernah waktu itu gue bercanda sama dia pura-pura tangan gue kena gosokan, eeeeehhh gue dikasih obat batuk sama dia, katanya suruh diobatin, iya kali kena gosokan obatnya obat batuk yang syirup lagi -_- haduuuhhh dede. Celotehannya dia tuh bikin ketawa, gak tau kenapa gue seneng banget ngedengerin dia ngomong, padahal omongannya juga gue ga ngerti, kadang gue “iya-iya” aja apa yang dia omongin. Dia nih kalo gue lagi ODOJ nyamperin gue, dia minta qur’an yang lagi gue baca, gue ngambil qur’an baru di minta lagi jadi ga kholas-kholas gue. Pokoknya bikin geregetan banget, ketika dia punya benda baru, gue baru pulang langsung nyamperin gue, dia cerita, disitu gue seneng banget, seneng ketika si kecil bisa menceritakan apa yang dialami, menceritakan hari ini ngapain aja, meski harus dipancing dengan pertanyaan. Dan kadang gue juga jadi ikutan kayak bocah umur 2 tahun jadinya hahaha. Ngeliat dia lari, dia jalan, ngeliat dia bertingkah itu rasanya pengen senyum aja gue. Kalo gue bilang “dede peluk teteh” dia lari dan langsung meluk gue, saat gue bilang “sayang dede” trus dia jawab “sayang teteh” dengan muka cerianya. Ngeliat binar matanya, ngedenger gelak tawanya itu bener-bener bikin seneng banget.



            Aaahh dede, semoga kau kelak tumbuh menjadi wanita shalehah, yang cerdas, menjadi wanita yang dekat qur’an, menjadi penyejuk di keluarga, buat keluarga bangga ya de.












Bekasi, 20th December 2016.
10.59 pm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya