Langsung ke konten utama

Upin - Ipin





Kenapa postingan kali ini gue beri judul nama anak kembar yang kepalanya botak ini?? Soalnya kali ini gue mau cerita tentang kisah 2 anak yang beranjak dewasa yang mirip sama si Upin & Ipin :D ( jangan bayangin 2 anak ini kepalanya botak ya :v )
            Seperti biasa, postingan yang gue buat selalu tentang gue dan sahabat-sahabat gue, kali ini pun gue mau cerita tentang sahabat gue juga, yaitu si Ica. Oh iya kenapa cerita ini gue beri judul Upin dan Ipin, karena gue rasa kita berdua mirip banget sama Upin-Ipin. Nama panggilan kita tuh mirip Ica dan Ika bukan hanya itu kita berdua tuh udah kayak anak kembar, apa yang gue rasain itu juga yang si Ica rasain, apa yang gue ingin itu juga yang diinginkan si Ica, apa yang gue cita-citakan itu juga yang dia impikan.
            Gue sahabatan sama si Ica sejak MI, jaman sekolah kita emang sering berantem yah namanya juga anak kecil ga diajak maen aja marahannya seminggu, setelah lulus MI Ica ngelanjutin sekolah di pesantren, 6 tahun dia dipesantren, kita lose contact. Selama 6 tahun dia dipesantren kita ketemu Cuma 3 kali, pertama saat haflatul imtihan di MI, kedua saat buka bersama dirumah Lisa, dan terakhir saat Dwi ulang tahun.
            Sebenernya gue bingung mau merangkai kata apa disini, banyak banget kisah yang gue lalui sama lu ca, gue mau ngucapin makasih banyak buat Ica, udah mau jadi sahabat yang paling ngerti Ika, setelah emak dan babeh gue, lu orang yang paling ngerti gue Ca, apa yang gue suka, apa yang ngebuat gue BT lu tau Ca, bahkan lu tuh lebih tau gue ketimbang diri gue sendiri.

            Malah orang tua gue,  O gue, Bibi gue, ngerasa tenang kalo gue pergi sama lu, disaat gue mau pergi, pasti ditanya sama mereka “perginya sama siapa??” kalo gue jawab “ ama Ica”, mereka ngijinin, heran gue Ca, mungkin keluarga gue yakin karna lu ga bakal ngajak gue main yang ga bener.
            Ca, mungkin ini yang dinamakan cinta berkawan, karna sehati dalam kasih Ilahi. Lu temen yang selalu support gue, kita berjuang bersama, kita menuntut ilmu bareng, karna ada lu gue ga ngerasa sendiri, kita punya mimpi dan cita-cita yang sama, kita punya visi yang sama, kita ujan-ujanan bareng. Kita ngakak bareng, kita nangis bareng. Aaahh pokoknya lu tuh best friend gue Ca.


            Disaat bersama lu tuh gue ga bisa jaim, lu tuh tau luar dalem tentang gue, mungkin ini yang ngebuat gue meski jomblo tetep fine aja, karna gue dikelilingi oleh keluarga dan sahabat-sahabat gue yang sayang sama gue.

            Semakin kesini semakin dewasa usia kita, semakin kita belajar tentang kehidupan, semakin kita mengenal karakter orang-orang yang kita temui, semakin banyak tanggung jawab yang harus dipikul, banyak banget pelajaran yang kita temui saat kita bersama, gue seneng gue bahagia bersahabat sama lu, kita saling mengingatkan, saling menguatkan, saling berbagi, karna bersahabat jangan hanya dengan orang yang ngebuat kita nyaman, tapi yang memaksa kita untuk berkembang juga. Dan itu yang gue dapetin dari lu ca.

            Pertama mau ngucapin syukur ke Allah karna udah ngirimin sahabat seperti dirimu yang mengerti ika banget, kedua gue mau ngucapin banyak makasih buat lu ( ko gue jadi kayak orang abis menang panasonic award ya hahaha ).
            Ah entah lah ca, gue inget banget perkataan lu malem minggu kemaren pas pulang tahsin “ kita ga pernah tau ya, disaat apa kita bakal nangis, dan kapan kita bakal ketawa ngakak ga berenti-berenti”. Lu nyadar ga sih hal-hal yang ngebuat kita ketawa ngakak itu semua sepele banget, seperti yang lu juga bilang “mungkin orang kalo kita cerita perihal kenapa kita bisa kenapa sampe ngakak begitu, juga ga bakal ngerti lucunya dimana” tapi buat kita itu ketawa sampe mules-mules dan lu nyadar ga kalo semua penyebab ketawa kita yang membahana badai itu gara-gara polosnya gue, penyebabnya gue. Gue tablo banget. Abis isi bensin terus lu bilang “jangan naik dulu” tapi gue udah nemplok diatas motor, dengan lugunya gue bilang “yah udah naik” dengan intonasi yang melaaasss banget gue ngomongnya. Itu yang ngebuat lu ngakak disepanjang jalan. Gue kayak bocah pengen jajan terus ga dikasih duit gitu nada suaranya. Terus pas di rumah sayyidi disaat gue parkir terus ngunci setang motor beda dari kebanyakan orang biasanya orang ngunci setang arahnya ke kiri, tapi gue malah ke kanan. Itu lu juga ngakak ga berenti-berenti, kemaren lu bilang “kita mah ga usah ke ancol, Cuma begini aja seneng banget”. Ia kita mah anak yang ga neko-neko ga perlu diajak maen jauh-jauh maen berdua-dua aja udah girang banget.
            Oh iya inget ga saat kita ikut seminar tentang bayi tabung??? Itu kocak banget hahahaha pantes aja pas dimeja pendaftaran mba-mbanya nanya “ pasangannya mana de???” ditanya gitu kita masih ga nyadar kalo ternyata tuh seminar diselenggarakan untuk pasutri. Gue mana tau kalo itu buat pasutri, yang gue pikir ikut seminar biar nambah pengetahuan nambah lagi ilmu gue, gue pikir tuh seminar temanya menarik gue pengen tau proses bayi tabung itu kayak gimana, yang gue pikir orang melakukan bayi tabung itu karna sulit untuk mempunyai keturunan makanya salah satu usahanya dengan bayi tabung. Bodohnya gue ga mikir siapa pelaku bayi tabung itu???? Ya pelakunya pasangan yang sulit punya keturunan inget PASANGAN, nah otomatis tuh seminar isinya para couple semua, pas gue masuk ruangan isinya para pasangan dari yang kayaknya baru nikah sampe yang sudah lumayan berumur. Gilaaaaa itu rasanya gue ga mau masuk maluuuuuu, disitu hanya gue dan si Ica yang masih bocah, yang lain pada dateng sama pasangannya lah gue masa pasangannya si Ica???? Disitu hanya kita berdua yang beda, gue ngerasa alien disitu, asing gue apa yang diomongin gue ga ngerti sama sekali, pembahasannya tentang orang gede otak gue ga bisa nyerna, biasanya kalo lagi dengerin ceramah meski ngedengerinnya sambil bercanda tapi gue masih bisa nangkep tuh ustadnya ngomong apa, tapi untuk seminar kali itu gue udah fokus ngedengerin tetep otak gue ga bisa nangkep apa yang dokternya jelasin, pasalnya itu bener-bener asing banget buat gue, pembahasannya bener-bener tentang orang yg udah nikah, tentang hubungan badan yang baik, lah gue mana ngarti itu otak gue sampe mengekerut rasanya ini ngomongin apaan geli gue dengernya. Ya emang dibahasnya bukan dengan bahasa yang jorok dan vulgar, pake bahasa kedokteran tapi tetep aja itu sesuatu yang belom bisa dicerna otak gue, entah itu kita yang terlalu polos atau gimana padahal saat ikut seminar itu usia kita udah 20 tahun, tapi untuk ngebahas yang seperti itu merinding disko gue dengernya, Peserta seminar lainnya antusias ngedengerinnya saling nanya, tapi gue sama si Ica Cuma bisa bengong ini ngomongin apaan sih???? Itu masih mukaddimah, pembahasan tentang bayi tabungnya belom dibahas. Gue ngerasa salah ikut seminar nih, belom waktunya ikut seminar beginian, tiba-tiba ada peserta yang baru dateng duduk disamping gue dia dateng sendirian, trus ibu itu nanya ke gue “ mba, kalo ikut acara ini boleh ga kalo belom nikah?? anak laki-laki saya belom nikah soalnya”, jiaaaaahhhh tuh ibu ga tau aja kalo orang yang ditanya juga belom nikah “ saya gak tau” . gue jawab aja gitu. Gue bisik-bisik ama ica “ anaknya suruh masuk aja, suruh jadi couple kita hahaha”. Pas dipendaftaran kita dikasih questioner gitu, yaudah ngedengerin seminar gue ga ngerti, gue ngisi questioner aja, pertanyaannya meliputi tentang bayi tabung beberapa pertanyaan yang gue inget adalah : pertama tentang data diri, pertanyaan-pertanyaan selanjutnya tentang bayi tabung seperti kenapa mau ikut program bayi tabung, kapan mau mulai ikut program bayi tabung, bagaimana tentang kondisi pasangan, mau pembayaran program bayi tabungnya dengan cash atau credit, lah gue bingung mau isi apaan???? Suami aja belom punya, lah ini segala kapan mau mulai program bayi tabung??? Yaudah gue ga betah disitu udah pembahasannya gue ga ngerti, itu questionernya kayak gitu, “ ca pulang aja yuk” gue minta pulang, “yaudah nanti pas break kita kabur aja” kata Ica. Ga ada sejam disana gue puyeng itu tadi BAHAS APA????? Makanya besok-besok kalo mau ikut seminar liat-liat dulu, akhirnya kita pun pas break kabur, nyari jalan keluarnya lewat mana??? Kalo langsung keluar kita malu, makanya pura-pura kekamar mandi, abis itu cusss nyari tangga buat kelantai bawah, soalnya lewat lift malu didepan lift banyak peserta seminar yang lagi pada ngobrol, makanya kita mutusin lewat tangga, dilantai 2 deket tangga ada satpam, kita pun ditanya “ loh ko pulang mba??” kita jawab aja “lagi break”. Keluar dari tempat itu kita hanya bisa ngakak gue kira gue doang yang ga ngerti pembahasannya ternyata si Ica juga parah 2 otak anak ini ga ada yang bisa nangkep apa yang dijelasin wkwkkw. Berhubung itu masih pagi sekitar jam 9’an kita ga langsung pulang kerumah tapi melipir dulu ke masjid deket komsen shalat dhuha dulu. Abis itu kita sharing dah entah kalo curhat sama nih anak selalu nyampenya ke masjid, tempat gue curhat sama si Ica tuh di masjid Baitu Haq Puri Gading. Selalu itu ditempat itu.
            Seperti beberapa bulan lalu saat gue lagi galau tingkat dewa, si Ica dengan hati perinya menyediakan waktu buat ngedengerin curhatan gue, tanpa gue minta, dia yang menawarkan diri untuk ngejemput gue dari kantor, meski gerimis dia nungguin didepan kantor gue, padahal kan yang mau curhat gue seharusnya gue nyamperin dia, tapi ini kebalik hahahahaha…

            Si Ica yang ngerti banget akan perasaan gue, gua galau diapun ikut galau, malah lebih galau dia kayaknya,
          dia yang setiap hari nanyain kondisi hati gue (so sweet amat sih ni anak )
gimana ka udah mendingan?? Masih galau ga??” aaahhh Iccruuutt lu perhatian banget sih sama Ika, lu yang paling ngerti gimana gue susahnya ijin pergi ama si babeh, lu tau saat muka gue udah cemberut itu tandanya udah bete.
            Sampai saat tahsin kemaren pas anaknya ustadzah Aini ngeggangguin uminya ngajar lu ngebandingin gue sama ustadzah “ coba Ika yang begitu pasti udah cemberut tuh”. “Hahahah emang gue begitu ya ca???” lu tuh yang paling tau sifat gue, sifat kekanak-kanakan gue. Lu tuh udah mikirin jauh banget tentang gue, gue terharu saat lu juga ngambil kelas tahsin di Ustmani sore, dan lu bilang “ gue udah mikirin ka, kalo gue ngambil yang pagi ntar lu sama siapa perginya, ntar lu berani ga perginya apalagi ini jauh,lu bisa ga perginya??”. Ya ampun ca gue aja ga mikirin itu, tapi lu mikirin lu tau gue kalo gue itu susah banget sama yang namanya inget jalan, lu khawatir sama gue, sedangkan gue orangya coba aja dulu, keberanian akan datang kalo udah dicoba, jadi gue ga mikirin teknisnya berangkat kesana kayak gimana, yang ada dipikiran gue ayooo nyari ilmu belajar, gimana teknisnya itu belakangan yang penting ada niat dulu. Mungkin ini ca Allah menjadikan kita sahabat biar saling melengkapi, lu sebagai planner nya dan gue sebagai aktornya.


            Semoga apa yang kita jalani saat ini kita bisa istiqomah ya Ca, inget kita dikasih jatah izin Cuma 3 kali : 1. Saat sakit, 2. Saat ta’ziyah dan pergi untuk urusan yang bener2 syar’i, 3. Saat menikah. Jadi meski setiap berangkat keujanan dan nyasar (niat ke Ustmani nyampenya ke Unindra), ditambah lagi selalu telat tapi mudah-mudahan kita konsisten jangan sampe ga lulus. Meski pulang ngantor langsung cuss lagi berangkat, malem minggu kita nikmatin dijalan, capek-capek dikit mah nikmatin aja, anggap aja ini investasi, bukankah “ sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-qur’an dan mengajarkannya” ( HR. Bukhori ).
            Oh iya ca, kalo nanti di syurga Ica ga nemuin Ika, tolong tanyain ke Allah ya tentang Ika, agar kita bisa sama-sama ngumpul di syurga-Nya. J.
Ibnul Jauzi pernah berpesan kepada sahabat-sahabatnya sambil menangis “ Jika kalian tidak menemukan aku di syurga bersama kalian, maka tolonglah bertanya kepada Allah tentang aku”.
“ Wahai Rabb kami..hamba-Mu fulan sewaktu didunia selalu mengingatkan kami tentang Engkau, maka masukkanlah ia bersama kami di syurga-Mu”.
Maaf kalo selama kita bersahabat banyak salah Ika, Ika rasa ga perlu nunggu lebaran kan buat minta maaf?? Jadi mohon maaf kalo selama ini Ika ngerepotin Ica, nyusahin Ica
Oooh iya postingan ini special for you, dihari pertambahan usia mu yang ke-22, dua angka kembar sekarang usia dirimu, semoga skripsinya cepet kelar, cepet sidang cepet pake toga, dan bisa mewujudkan apa yang bapa Ica bilang “ bisa ngebiayain dede Hayat sekolah”. Semoga Ica sehat terus, umurnya berkah, dan bisa bermanfaat untuk orang banyak, ibadahnya makin rajin, rezekinya lancar, bisa segera menggandeng tangan yang halal hehehe,…
           















Note :  Cerita ditulis dengan perasaan ga jelas kadang pengen nangis, kadang senyum-senyum sendiri inget kisah ini hahaha ( dibuat saat lagi ga mood ngerjain tugas jadinya bikin nih cerita heheh )
Bekasi, 30th November 2016
11.04 pm

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya