Langsung ke konten utama

#DZNBKS2017




Menjadi salah satu orang yang berkesempatan hadir di acara Dr. Zakir Naik di stadion Partriot Chandrabaga Bekasi, meninggalkan kenangan yang luar biasa, dan bahkan sampai detik ini gue masih belum bisa move on dari acara tersebut. Dari awal tahun 2016 lalu ada berita yang beredar bahwa beliau akan datang ke Indonesia, gue udah sangat antusias, tapi ternyata itu hoax, dan akhirnya ditahun 2017 ini beliau beneran datang ke Indonesia, dan Bekasi menjadi salah kota yang disambangi beliau.
Awalnya gue gak yakin bisa hadir diacara tersebut meskipun ini menjadi moment yang dinanti dari tahun lalu. Soalnya acara yang diadakan di stadion Bekasi malem hari, gue kepentok izin dari si Babeh, maklumlah buat gue keluar malem-malem itu suatu yang antimainstream. Makanya dari rangkaian acara safari dakwah Dr. Zakir Naik gue milih untuk hadir diacara istri beliau yang di Kota Wisata, yang waktunya itu ba’da ashar ceritanya bisa di baca DISINI(meskipun gue gagal focus diacara tersebut hehehe ). Makanya ketika pada rame-rame daftar tiket acara DZN gue cuek aja, karna gue mikir gak bakalan dapet izin dari si babeh soalnya acaranya malem dan lumayan jauh juga. Dan waktu itu bibi gue nanyain gue “ka dapet tiket Zakir Naik Gak?” ya gue jawab aja gue gak daftar, gue udah pesimis duluan dapet izin dari babeh. Tapi gue jadi mikir, kenapa gak coba aja dulu izin ama babeh, meski tiket belum dapet ya izin aja dulu, kan acaranya masih kira-kira seminggu lagi, kalo izin pertama gak digubris ama sibabeh coba lagi sampe babeh luluh 😂. “ beh, hari sabtu Ika mau ke stadion Bekasi ya?”. Obrolan gue tanpa basa basi to the point. “mau ngapain? Kan hari sabtu mau ke Condet” jawab si babeh, “Iya, pulang dari Condet, ke Bekasi”. Gue belum bilang mau ada acara apa di Bekasi, “Jangan dua-duanya, kalo mau ke Condet gak usah ke Bekasi, kalo mau ke Bekasi jangan ke Condet” pinta si babeh gue disuruh milih salah satu. “emang kenapa sih? kan nanti dari Condet Ika izin pulang lebih awal”. Bujuk gue, karna gue juga sayang banget buat izin tahsin, karna peraturannya juga ketat banget jatah izin Cuma 3 kali. “enggak, pilih aja salah satu, jadi orang gak ada capeknya banget sih, kasian badan itu, entar kalo sakit aja” cerocos si babeh. Dan adek gue juga ngompor-ngomporin aja lagi “ udah teteh gak usah ke Bekasi, ke Condet aja”. “emang kenapa?” Tanya gue “gak apa-apa hehehe”. Nyebelin nih adek satu.
Gue buka link pendaftaran tiket, ternyata buka pendaftaran jam 5 pagi. Gue mana kepikiran ada pendaftaran jam segitu. Dan gue baru buka jam setengah 9 pagi. Ternyata udah penuh dari jam 7 kuotanya. Besok paginya dari selesai shalat subuh gue udah pantengin tuh hp buat daftar tapi sampe jam 6 pagi gue gak bisa acces itu web, mungkin terlalu banyak yang ngakses jadi susah kebuka webnya. Dan jam 6 lewat gue baru berhasil masuk ke webnya, yaudah langsung gue daftar, setelah gue berhasil daftar, gue lari kerumah bibi gue buat ngedaftarin dia gue minta data dirinya, tapi gue coba berkali-kali kayaknya data dia gak ke record gue coba daftar pake hp yang lain sama aja gak bisa juga. Setelah gue berhasil daftar gue dapat sms dari panitia bahwa tiket akan dikirim pada H-1.
H-2 pendaftaran di buka lagi, gue suruh bibi gue cepet-cepet daftar lagi, tapi rupanya dia udah nyoba belasan kali tapi gak bisa-bisa juga. Gue galau kalo gue pergi sendirian gak bakalan dizinin ama babeh tercinta. Setelah gue berhasil daftar gue udah pasrah banget, kalo gue dapet tiket, ya berarti Allah ngizinin gue dateng ke acara tersebut. Kalo gak dapet ya berarti Allah nyuruh gue tahsin. Di group whatsapp ramai banget ngomongin acara itu, dan ada BC kalo yang gak kebagian tiket diluar disiapkan layar buat nonton. Sabtu pagi sebelum berangkat ngantor gue kerumah bibi gue buat nanyain keputusannya dia mau dateng apa engga, soalnya itu menentukan schedule gue juga, antara pulang ngantor tahsin atau ke stadion. Tapi rupanya bibi gue gak mau kalo Cuma liat dari layar, mendingan nonton di youtube. Terus dia nyaranin kenapa gak ngajak Ila. Si Ila itu 11-11,5 ama gue, tipe-tipe orang yang anti keluar malem. Makanya kalo bisa semua acara itu siang, kalo gak kepepet-kepepet amat gak bakal keluar malem. Makanya gue juga mikir lagi kalo ngajak Ila dia dibolehin gak sama babehnya. Pas dikantor gue nanyain Ka Ros, dia jadi dateng gak ke acara itu. Oh iya Ka Ros itu temen kuliahnya si Ila. Dan sama nih orang meski baru ketemu dua kali udah kayak orang kenal dari zaman  prasejarah langsung akrab aja gitu 😁. Terus gue iseng-iseng nanyain si Ila, mau ikut gak dia. eeh rupanya gayung bersambut, nih anak mau ngikut ✊. Yowess jadi banyak temennya gue.
Sepulang kantor gue meluncur kerumah Ila, oh iya sebelumnya gue bilang ke Ila minta dianterin kondangan dulu kerumah kakak kelas gue. Eh rupanya juga dia ada undangan ketempat adek kelas, yaudah kita sekalian aja lewat mampir dulu kondangan di dua tempat.

saat minta dianterin kondangan ama si Ila, dia ngebales WA guenya begini, nyebelin banget nih makhluk padahal dia juga kalo kondangan bingung nyari gandengan hahahaha.
Kita janjian dimasjid belakang komsen sama ka Ros. Sekalian shalat ashar tapi nunggu lumayan lama gak nongol-nongol juga ka Ros.
Dan akhirnya si gadis berkerudung orange pun muncul dari kejauhan 😁. Kita pergi gak hanya bertiga tapi sama satu teman kuliahnya si Ila lagi. Ini lama-lama gue kenal semua anak STKIP Panca Sakti nih 😂. Kita nungguin temannya si Ila yang namanya Vira, kali ini beneran lama banget nih anak ditungguin gak muncul-muncul. Gue yang tadi pagi sarapan dirapel makan siang jam setengah 12 dan itupun makan dengan setengah porsi berdua temen gue pula makannya jadi perut gue minta di isi. Ditempat kondangan tadi kita gak makan, Cuma makan bakso doang, dan tau kan porsi bakso ditempat hajatan itu dikit banget, Cuma 3 butir bakso dan kuah dan itupun gue makan bakso ditempat kondangan adek kelas, dan minumnya ditempat kondangan kakak kelas gue, apa banget itu rasanya 😁, bukan karna gak disediain minum tapi emang nih anak gesrek banget otaknya hahaha. Oh iya sehabis kondangan gue mampir dulu ke minimarket beli roti. Dan Ila bilang “ ini kita mentang-mentang mau beli roti, langsung aja ketempat yang dituju, orang mah muter-muter dulu kek, nyari apa gitu??” 😀, gue kayaknya gak seperti cewek-cewek pada umumnya yang gila belanja. Gue kalo udah nemuin barang yang gue maksud yaudah langsung keluar tanpa muter-muter liat yang lain, males  gue. Makanya kalo nemenin orang belanja gue gak semangat, mendingan ajakin gue main dikebon happy gue 😃.

Akhirnya orang yang ditunggu menampakkan wujudnya, tanpa membiarkan si Vira istirahat langsung aja kita menuju stadion Bekasi. Dan ketika sampai ramenya POOOLLL. Kita sampe sekitar jam setengah 6, diantara kita berempat hanya gue yang punya tiket. Tapi udah gue putusin buat bareng-bareng aja sama mereka, gak usah masuk. Dan ternyata si Vira ini juga sama aja gilanya kayak gue, makanya meski baru pertama kali ketemu udah langsung nyambung aja haha. Dapat temen baru, awalnya takut gak ada temen ternyata malah dapat temen baru, Alhamdulillah. “Keluarlah maka akan kau temukan pengganti kerabat”. Gue dapet nih kalimat dari novel Rantau 3 warna karya Ahmad Fuadi. Yang dikutip dari syairnya Imam Syafi’i.
Ribuan jamaah memenuhi stadion, karna diantara kita hanya ada satu tiket kita muter-muter dulu aja nyari tempat. Semakin sore dan semakin mendekati azan magrib, gue pikir kalo wudhu nanti pas azan bakal antri banget, dan pasti udah pada tahu kan kalo magrib itu waktunya singkat banget. Yaudah kita nyari toilet buat wudhu, dan toilet itu bersebelahan sama pintu masuk yang punya tiket, jadi dilarang kita masuk ke kesitu. Yaudah pindah tempat nyari lagi toilet, dan ketemu toilet kita wudhu. Awalnya gue pikir kita shalat di luar, soalnya kan kalo masuk stadion harus nunjukin tiket. Tapi setelah keluar dari kamar mandi, panitianya bilang, “naik aja keatas udah gak diperiksa lagi tiketnya”. Alhamdulillah kejadian waktu di acara Farhat Naik keulang lagi. Kita yang gak punya tiket tetep bisa masuk. Betapa Allah memudahkan semuanya. Betapa maha baiknya Allah, gue sama Ila yang sebelumnya punya pengalaman yang sama, merasakan rentetan kebaikannya Allah. Allah memudahkan semuanya, mungkin ada banyak yang karna gak kebagian tiket akhirnya gak jadi datang. Tapi kita tanpa tiket tetep datang dan bisa liat langsung acara tersebut.
Selepas shalat magrib gue ketemu temen gue ka Sari namanya, dan ternyata dia belum shalat magrib, dia belum wudhu tapi disuruh panitianya naik aja kelantai atas, panitinya bilang dilantai atas ada tempat wudhu, setelah dicari gak ketemu tempat wudhu, untung ka Sari udah prepare bawa air, wudhu lah dia pake air mineral, gue nungguin dia shalat dulu, dan ketiga temen gue gue suruh masuk duluan ke tribun. Selesai dia shalat gue mau masuk ke tribun, tapi tribun tempat si Ila dkk masuk udah penuh. Dan gue disuruh sama panitianya masuk lewat pintu lain. Gue takut keilangan temen-temen gue, secara ada puluhan ribu manusia yang ada disitu. So, kalut lah gue temen-temen gue ada dimana, hp gak ada sinyal. Sempet panic gue. Tapi lagi-lagi Allah menolong gue, Allah mudahkan gue menemukan ketiga temen gue ini. Alhamdulillah.

Gak lama setelah gue ketemu temen-temen gue, Fariq Naik anak dari DR. Zakir Naik memberikan ceramahnya. Gue gak terlalu fokus saat Fariq ceramah, tema pembahasannya pun gue juga kurang nyimak gara-gara becanda mulu ama ketiga makhluk disamping gue ini🙏, tapi dari isinya ceramahnya yang bisa gue tangkep dengan dibantu si Ila sebagai translatornya isinya kurang lebih begini :
Dibolehkan poligami asalkan :
1.       Tidak bisa punya anak
2.       Tidak bisa melayani suami
3.       Tidak bisa mengurus anak
Kenapa poligami dibolehkan sedangkan poliandri tidak diperkenankan?
1.       Karna saat istri hamil, akan bingung nasab anak itu nantinya
2.       Ketika wanita punya suami banyak, wanita bisa terkena penyakit kelamin
Kenapa wanita harus berhijab?
1.       Karna zaman dahulu wanita itu dipandang rendah
2.       Zaman dahulu wanita dianggap sebagai akar kejahatan prostitusi
3.       Wanita dianggap sebagai simbolisasi dari setan, pada zaman dahulu di Arab jika melahirkan anak perempuan maka bayi tersebut dikubur hidup-hidup.
Dari alasan – alasan tersebutlah kenapa wanita harus menutupi dirinya, islam datang untuk melindungi kaum perempuan. Islam membicarakan tentang hijab untuk menjaga perempuan dari kejahatan-kejahatan dan anggapan-anggapan yang diatas tadi dan agar para laki-laki menjaga pandangannya. Pandangan pertama itu diperbolehkan, pandangan pertama selama 10 menit diperbolehkan tanpa mengedipkan mata.
Ada beberapa kriteria hijab:
1.       Batasan-batasan aurat ( muka dan telapak tangan )
2.       Tidak menarik lawan jenis
3.       Tidak ketat dan tidak menyerupai non muslim
( sisanya gue gak nyimak hehehehe )
                                Fariq mengambil contoh : Jika ada 2 orang dari Bekasi yang kembar, yang satu menutup auratnya lalu yang satunya membiarkan auratnya terbuka, maka siapakah diantara keduanya yang akan digoda?? Sudah pasti yang menampakkan auratnya akan digoda, maka dari itulah alasan kenapa kita harus berhijab, agar kita tidak diganggu. Abad 21 ini merupakan abad yang biadab ( bar-bar )
                Jika seorang lelaki melakukan pemerkosaan maka hukumannya mati, jika aturan tersebut tidak diterapkan maka tingkat pemerkosaan akan meningkat tajam, karna tidak ada efek jera dari para pelaku pemerkosa jika tidak dihukum berat.
                Menurut Fariq negara yang paling sulit di acces adalah Amerika, sebab ada aturan islam yang tidak diterima disana. Seperti di kota Mekkah, syarat untuk masuk kesana adalah kita harus sudah bersyahadat, tidak sembarang orang bisa masuk. Begitupun Amerika, bahkan dinegara asalnya sendiri ada kota-kota yang tidak bisa ia masuki.
                Orang-orang non muslim menganggap bahwa orang muslim menyembah ka’bah, menyembah batu, padahal ka’bah hanya sebuah arah untuk kita menghadap bukan untuk disembah.

Selesai Fariq ceramah acara break 15 menit, buat shalat isya. Lalu acara dibuka lagi oleh MC Syahrul Gunawan. Acara dibuka dengan pembacaan kalam Ilahi, oleh seorang Hafiz Qur’an gue lupa namanya siapa. Saat dia sedang membacakan ayat suci Al-qur’an, suaranya tuh kayak orang nervous, gemeteran gitu suaranya. Gue pikir dia nervous banget diliatin oleh ribuan sorot mata manusia. Lalu kamera menyorot kearahnya, dan ternyata ALLAHUAKBAR, Allah lagi lagi menunjukkan kekuasaannya, dia ternyata cacat otak namun dia berhasil menghafalkan Al-qur’an. Gue MALUUUUUUUUU. Gue yang dilahirkan dengan keadaan sempurna, tapi gue gak tau dia tadi baca surat apa dan ayat berapa. Itu tandanya gue kalah KALAH. KALAH JAUH DARI DIA. dia dengan keistimewaanya berhasil menghafalkan Alquran. Tapi gue sok sibuk sampe-sampe sehari sejuz aja kadang gak sampe target. Astagfirullah.
Acara selanjutnya, sambutan dari pak Walikota Bekasi, dan ada satu statement dari pak Walikota yang bikin gue, dan temen-temen gue ini ngakak hahaha, ( tapi gak mau gue sebut kalimat apa itu 🙊 ) saat pak walikota ini sambutan, seluruh stadion mensoraki beliau, gue juga gak tau alesannya apa sampe-sampe di soraki seperti itu.

Orang yang ditunggu akhirnya naik juga keatas panggung. Yapz, dia adalah DR. Zakir Naik, untuk beliau dan Fariq ini aksen Indianya tidak terlalu kental, jadi gue masih bisa ngerti sedikit-sedikit sama isi ceramahnya. Tema dari acara ini adalah “similarity between islam and christianity”

Seperti tema isi ceramah beliau mengenai persamaan antara islam dan kristen. Beliau bilang islam datang dengan salam ( kedamaian ), menurut beliau orang yang menyerahkan diri kepada Allah berarti ia muslim.
Kristen berarti orang yang mengikuti yesus, dan islam adalah yang mengikuti kedamaian, tidak tepat jika islam disamakan dengan kekerasan, karna islam itu adalah kedamaian. Jihad itu bukan dengan bertempur tetapi dengan berjuang dan berusaha.
Nabi Muhammad itu bukan penemu islam, melainkan utusan Allah seperti dijelaskan dalam surat Fathir : 24
إِنَّا أَرْسَلْنَاكَ بِالْحَقِّ بَشِيراً وَنَذِيراً وَإِن مِّنْ أُمَّةٍ إِلَّا خلَا فِيهَا نَذِيرٌ 
 “Sungguh, Kami Mengutus engkau dengan membawa kebenaran sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan. Dan tidak ada satu pun umat mela-inkan di sana telah datang seorang pemberi peringatan”.
Seperti dalam agama kristen yang mengimani nabi Isa, dalam islampun kita wajib mengimani nabi Isa, nabi Isa yang lahir tanpa seorang ayah, yang bisa menghidupkan orang mati, menyembuhkan orang buta. Dalam ajaran kristen dilarang minum alkohol, makan babi, namun banyak orang kristen yang melakukan larangan tersebut, dan justru orang islam yang meninggalkan dan menjauhkan dari larangan tersebut, jika diperhatikan justru orang islamlah yang lebih kristen dari orang kristen itu sendiri. Sebab islam yang melarang apa yang dilarang dari agama kristen
Dalam injil tidak ada satupun pernyataan bahwa nabi Isa adalah Tuhan, Yesus berkata : “Tuhan saya lebih baik dari pada segalanya”. Ini menandakan bahwa Yesus pun punya Tuhan, bahkan dalam bible dinyatakan bahwa Yesus itu muslim. Saat Yesus disalib, Yesus berkata “Tuhan dimanakah kamu?” dan ini sebagai bukti lagi bahwa Yesus bukan Tuhan. Dr. Zakir Naik menantang jika ada yang dapat menunjukkan dalam bible bahwa Yesus itu Tuhan maka beliau akan masuk kristen saat itu juga. Namun sampai saat ini belum ada yang dapat membuktikan itu.
Dan banyak lagi persamaan antara islam dan kristen, karna Al-qur’an itu merupakan penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya, jadi apa yang ada didalam injil juga terdapat dalam Al-qur’an, sebab al-qur’an jika terdapat hal yang kurang lengkap dikitab sebelumnya maka Qur’an melengkapinya, dan jika di kitab sebelumnya sudah benar maka Qur’an pun membenarkannya. Ada juga persamaan antara kristen dan islam, dalam kristen diperbolehkan ibadah pakai sendal atau sepatu, dan di islampun hal tersebut diperbolehkan kita shalat memakai alas kaki, jadi jangan mengganggap ini hal yang salah,  namun untuk sekarang agaknya hal tersebut tidak baik jika kita  masuk ke dalam masjid menggunakan alas kaki, karna akan mengotori karpet.
Dalam shalat berjamaah kita harus berdekatan, jangan merenggangkan shaff, hal ini untuk menyatukan umat islam. Secara psikologis sujud merupakan cara terbaik untuk mengendalikan otak, karna untuk mengendalikan otak, otak harus diletakkan ditempat terendah. Nabi Adam, Musa, Harun mereka semua melakukan sujud, dan dalam bible surat Joshua, Yesus disebutkan melakukan sujud.
Sebenarnya Dr. Zakir Naik membahas tentang rukun Islam, tapi keterbatasan gue menyerna kalimatnya🙈, jadi kepotong-kepotong yang bisa gue simak Harap dimaklumi 🙏. Zakat itu menyucikan, Puasa itu melemahkan nafsu dan menguatkan iman, dalam haji kita semua sama mau itu raja, presiden atau bahkan rakyat biasa kita itu sama melakukan rukun yang sama dan berpakaian sama. Ibadah itu mengangkat derajat, mengikuti perintah Allah dan rukun islam merupakan dasar kita untuk beribadah. Apabila kita meninggalkan syetan maka hidup kita akan sejahtera.
Kurang lebih itu yang bisa gue tangkep dari ceramah beliau kemaren, kalo ada yang salah mohon dikoreksi 😊.
Sesi yang ditunggu-tunggu pun tiba,sesi tanya jawab, peserta yang diutamakan untuk bertanya adalah non muslim, bahkan untuk yang baru mualaf pun ditunda waktu bertanyanya, gak tau juga ditunda atau malah gak jadi nanya, didahulukan dari kalangan non muslim. Mungkin untuk sesi tanya jawab bisa diliat aja di youtube nih LINKnya untuk penanya pertama dia beragama budha,tapi dia sedang bingung dengan agamanya. Penanya kedua seorang bapak-bapak bergama kristen, untuk penanya kedua ini lumayan makan waktu, dan bikin jamaah seisi stadion geregetan dengan kalimat-kalimatnya, pertanyaannya muter-muterNIH VIDEONYA  dan untuk penanya ketiga membuat gue baper, sebab gue menjadi salah satu orang yang menyaksikan orang ini bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah, menyaksikan ia mengucap syahadat, merinding seorang wanita cerdas yang diberi hidayah oleh Allah dan menyatakan dirinya siap mengikuti ucapan Dr. Zakir Naik mengucapkan Syahadat videonya bisa ditonton DISINI  . Penanya ke empat seorang dokter, ia beragama kirsten Roman, gue juga baru tahu ternyata kristen gak hanya katolik dan prostestan tapi banyak macemnya, namanya Adi selama sepuluh tahun menjadi kristen Roman, tapi ada hal yang membuatnya bingung dengan agamanya Nih videonyadia percaya bahwa nabi Isa adalah utusan Allah, bukan Tuhan. Aahhh setiap ada yang menyatakan diri untuk mengucap syahadat itu merinding, ALLAHUAKBAR, takbir pun menggema disetiap sudut stadion. Penanya selanjutnya ada seorang yang mengenakan busana sangat tertutup mengenakan cadar pula, tapi ternyata dia non muslim dan siap juga menyatakan diri masuk islam. Wanita ini menanyakan dalam islam menyakiti hati orang tua merupakan perbuatan yang durhaka, kalo ia masuk islam, maka ia akan menyakiti hati kedua orang tuanya, dan tanggapan Dr. Zakir Naik pun menjawab, dalam islam berkata "ah" saja sudah masuk kategori yang salah, jadi meski sudah berislam, kita harus tetap berbakti kepada orang tua, jangan membangkang terhadap mereka, patuhi perintahnya kecuali mereka memerintahkan yang melanggar syariat islam boleh kita tolak, tapi tentunya dengan sikap yang baik. Yang bikin gue seneng dengan jawaban-jawaban beliau itu tidak menjelekkan agama lain, ia tetep menghormati agama lain, tanpa langsung menjudge bahwa itu salah, diberi penjelasan dulu, baru ke titiknya. Aaaaahhhh itu rasanya gue gak mau pulang dari stadion gak nyadar ternyata sudah menunjukkan waktu tengah malem, lupa kalo perut lapar, lupa kalo rumah gue jauh ternyata😂
Allahuakbar, menyaksikan mereka bersaksi tidak ada Tuhan selain Allah itu membuat BAPER. Malem minggu gue dibuat baper oleh mereka yang mendapat hidayah, semoga kalian bisa istiqomah dan iman terus tertancap dihati kalian hingga akhir hayat. Dan untuk pribadi gue sendiri menjadi bahan renungan udah sejauh mana gue mengenal islam??. Sejauh mana gue mengerti akan agama gue.
Gak sampe acara selesai gue dan temen-temen gue meninggalkan stadion jadi gue hanya menyaksikan 3 orang yang bersyahadat, kita pulang jam setengah 12,soalnya takut nanti kendaraan yang kita tumpangi berubah jadi labu makanya sebelum jam 12 teng kita harus pulang ( Cinderella kali ah 😂) itu rekor banget gue pulang tengah malem, awalnya bilang ke babeh pulang jam 9, tapi sampe jam setengah 12 gue masih disana hahaha. Mau hubungi orang rumah juga gak bisa, soalnya gak ada sinyal. Tapi alhamdulillah jalanan masih rame, jadi gue gak takut-takut amat. Sampe akhirnya saat sampe dikomsen kita misah sama ka Ros, dia lewat jalan Ratna, jadi tinggal gue dan Ila, 2 anak ini tengah malem masih ada dijalanan, hadeeuuh rasanya apaan tau, iseng-iseng ngeri gue jalannya. Disepanjang jalan menuju rumah Ila gue liatin warung-warung dipinggir jalan kalo masih pada buka hati gue legaan dikit. Soalnya setelah nganterin Ila pulang gue pulang sendirian, takut gue sebenernya. Makanya gue liatin jalanan masih rame apa engga. Mungkin buat yang sering keluar malem mah pada biasa kali dengan suasana seperti itu, tapi buat gue itu luarrr biasa jam 12 malem gue ada dijalanan. Pas sampe didepan rumah Ila, gue nengok kebelakang SURPRISEEEEEEE ada babeh tercinta gue aaaaaahhh, babehhhh love you, padahal gue gak janjian minta dijemput, dan gak tau juga bakal pulang jam berapa, tapi ngeliat si babeh ngejemput gue itu rasanyaaaaa legaaaaaaaaa. Gue gak takut lagi pulangnya. Aaaahhh babeh gak tau ah mau ngomong apa ama si babeh, perhatiannya, kasih sayangnya aahh semuanya lah pokoknya LOVE YOU BABEH. Dia ngejemput gue ditemenin tetangga gue, dia lupa rumah si Ila, soalnya sekarang rumah si Ila ketutup banget didepannya banyak tukang dagang jadi rumahnya gak keliatan, dia nanyain ketukang es kelapa yang ada dideket situ, rupanya si babeh gak tau nama Ila, dia malah ngira namanya Naila, GUBRAAAAKK disitu gak ada yang tau Naila siapa, terus si babeh juga bilang itu “Naila anaknya Bapak Surya”. Hadeeeeuuuhhh si babeh ngarangnya jauh banget siapa pula itu bapak Surya wkwkwkw hahaha, si Ila itu anaknya Bapak Nurdin. Yah tuh tukang es gak kenal Naila anak Bapak Surya, tukang es bilang Bapak Surya itu anaknya cowok semua, gue ngakak pas denger cerita si babeh.
Aaahh menurut gue itu malem minggu paling luar biasa, meskipun begadang gue, dan pagi harinya gue ngepel rumah rasanya sambil merem ngadepin ember, gue ajak beberes rumah tapi nih mata bawaannya pengen merem aja, tapi gue gak nyesel. Dan seneng banget bisa hadir di acara itu. Semoga kita semua di istiqomahkan berada dijalan-Nya. Aamiin🙏

Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya