Langsung ke konten utama

ILA CENGCEREMEN PART 3 ( GAGAL FOKUS )





Holllaaaaa…
Postingan kali ini masih menceritakan gue dengan makhluk yang gue bahas dipostingan gue sebelumnya, liat aja tuh judulnya masih sama ama yang kemaren hehehe. Yupzz si Ila adeknya bang Mansur tanpa S dibelakangnya 😂.
Nulis blog ini sebenernya sebagai pelarian gue. Dulu saat belum punya laptop kayaknya laptop tuh keren banget gitu,  maenan games dilaptop. Tapi sekarang, kepala gue nyut-nyut’an ngeliat nih benda, seharian dikantor mantengin laptop, terus juga tugas kuliah berhubungan lagi dengan benda ini, kadang malah gue mikir laptop sama modul itu obat tidur paling mujarab, pasalnya setiap ngeliat nih benda ngantuk melanda gue, belum gue buka tuh laptop dan modul bawaannya pengen nguap aja nih mulut. Gue kayaknya gak perlu beli obat tidur diapotik-apotik cukup ngeliat dua benda ini aja ngantuk pun datang hahaha. ( ehhh jadi curhat gue ).
Ooohh iya, gue kan mau bahas tentang si Ila,  sahabat gue yang absurdnya kebangetan.Jadi akhir-akhir ini gue lumayan sering main ama dia, soalnya Cuma dia yang bersedia gue ajak kemana aja hahaha. Jum’at lalu gue sama dia ikutan acara “International talk with Mrs. Farhat Naik”, Farhat Naik itu istrinya DR. Zakir Naik, penceramah kondang asal India. Semenjak dapet info beliau bakal ada di Indonesia gue udah tertarik banget buat hadir, tapi berhubung schedule DR. Zakir Naik di Bekasi malem, dan gue pesimis bakal di ijinin ama si babeh, jadi sasaran gue ikut acara istrinya aja yang acaranya sore. Gue ajakin lah si Ila, rupanya nih anak mau gue ajak hadir diacara itu. Awalnya gue gak tau cara daftar diacara itu gimana, harus registrasi dulu atau gak usah. Gue tanya-tanya di group. Akhirnya gue dapet contact panitianya, yaudah gue coba hubungi panitia itu. Tapi rupanya ID card untuk acara itu udah abis. Salah gue juga sih, terlalu santai baru nanya-nanya pas H-2.  Keabisan lah kuotanya. Tapi panitianya bilang kalo mau hadir silahkan aja tapi gak dapet ID card. 

Jum’at pagi sambil masukin laporan keruangan si bos, gue sekalian minta izin buat pulang jam 2, “pak, saya izin pulang jam 2 ya,nanti siang”. Alhamdulillahnya bos gue tipe orang yang gak ribet, tanpa nanya-nanya lagi gue izin mau ngapain beliau langsung bilang “oh, yaudah”. Karna izinnya Cuma setengah hari, jadi gue gak perlu buat surat izin, langsung ngomong aja ke si bos. Dulu saat pertama kali gue ngajuin izin buat ngurus daftar kuliah, gue ditanya-tanya ama si bos “mba Siska izin mau ngapain?? Mau lamaran ya??”. Hadeeuuhhh jomblo mah gitu ya, kalo mau izin aja dicurigain mau lamaran. Gubrraakkk.
Jam 2 gue pulang, berhubung gue belom makan siang, yaudah gue kerumah dulu buat makan siang, baru sekitar jam setengah 3 gue kerumah si Ila. Nyampe dirumah si Ila tanpa menunggu waktu lama langsung lah kita meluncur. Awalnya si Ila takut. Soalnya kita gak punya tiketnya, takutnya nanti gak bisa ikut acara itu. Tapi berhubung panitianya bilang boleh dateng, yaudah dateng aja, kalo nanti gak boleh masuk, yaudah jalan-jalan aja disana hehehe.
Kalo dari rumah gue buat ke Kota Wisata, biasanya gue lewat Vila Nusa Indah, nah berhubung waktu itu gue berangkatnya dari rumah si Ila, rasanya muter banget jalannya kalo harus lewat Vila Nusa Indah. “ La, kalo dari sini, ke Kotwis jalannya lewat mana?” dia bilang lewat Danamon aja. Giliran gue masang lampu sein buat belok ke komplek Danamon, dia bilang “ Cis, lurus aja lewat pom bensin”. Nyebelin banget nih orang gue udah masang sein disuruh lurus, entar kan gue dikira orang mba-mba penguasa jalan, yang masang sein kemana jalannya kemana hahaha.
Dijalanan ngebahas si Ila yang helmnya ketuker diparkiran, dia bilang helmnya gak enak banget dipake, kacanya kendor, kena anjlokan sedikit lansung turun kacanya :D. dia juga bilang helmnya ilang dan yang kena omelan bapaknya si Dina adeknya Ila, padahal yang ngilangin dia hahaha bisa banget nih orang yang ngilangin siapa, yang didamprat siapa wkwkwk.
“lewat rumah o nih” kata Ila. Dia inget aja jalanan rumah O gue. Dulu pas SMP gue pernah ngajak dia maen kerumah O gue. Ada jalanan yang seharusnya belok tapi gue malah lurus aja. Si Ila gak bilang lagi kalo harus belok, yaudah gue nyelonong aja sampe akhirnya si Ila teriak “BELOKKK”. Dia bilang belok bukan dari jauh, pas udah kelewat dia baru teriak :p. Di surat Alfatihah itu kan ada salah satu ayat yang artinya, “tunjukilah kami jalan yang lurus” yaudah makanya gue sukanya jalan yang lurus aja jadi gue gak suka jalanan yang belok-belok hahaha ( ini mah ngeles beneran hahaha, bilang aja gue gak bisa nginget jalan) medan yang harus dilalui selanjutnya adalah sebuah jembatan. Jembatan yang terbuat dari besi doang, dan gue sebagai pengendara amatiran lewat medan itu ngeri banget, tapi dulu gue pernah sih ngeboncengin ibu-ibu lewat situ abis ujan, dan ibu-ibunya naik motornya miring lagi, aduhh itu ngeri banget, tapi untung lewatnya malem jadi gue gak tau kalo samping kiri kanannya itu kali, coba kalo tau tuh ibu-ibu gue suruh turun :D.  karna gue bakalan parno ngeliat kiri kanan kali. Dan si Ila kemaren pas lewat diatas jembatannya dia tahan napas, buat ngilangin takut, kayak orang lagi nonton film horor pas suasana setannya mau dateng wkwkwkw.  Pas berhasil melintasi tuh jembatan dia sambil menghembuskan nafas yang tadi tertahan dan bilang “ gue tadi tahan napas cis” wuhahahahahaha saking takut si Ila ampe ditahan nafasnya wkwkwk. Gue tau dia trauma karna dulu pernah gue ceburin di got ceritanya bisa dibaca DISINI  makanya dia takut banget kemaren wkwkwk. 
Gue sebenernya gak tau masjid Darussalam tempat acara Farhat Naik itu dimana, gue tau Kota Wisatanya doang, tapi masjidnya gue gak pernah tau. Dan si Ila pun gak tau, tapi dengan sotoynya dia bilang, “itu masjid gede banget Cis”. “lu udah pernah kesana La??” tanya gue dan jawaban dia adalah “Belom hahahah”. GUBRAAAKK gue kira dia udah pernah kali ngomongnya kayak orang udah sering banget kesana wkwkwkw. “gue kata temen gue, dan gue browsing”.
Nyampe di Kotwis bingung tuh masjid ada disebelah mana, yaudah modal nekat aja, ikutin aja jalanan, lurus aja terus. Sampe akhirnya udah mentok ketika hanya ada jalanan yang mengharuskan belok ke kiri atau kekanan. Bingung dah disitu, ini kemana beloknya, dan kita memutuskan untuk nyamperin  bapak satpam “mau kemana neng?” kata bapak satpamnya, kita belom nanya tapi udah ditanya duluan heheh. “pak masjid Darussalam dimana ya?” ini sih pertanyaan yang dijawab dengan pertanyaan pula 😀😁. “ohh masjid ikutin jalan ini terus belok kiri ada puteran belok kanan” . pas satpamnya ngasih pengarahan jalannya itu bener-bener gue simak dengan seksama, tapi kayaknya otak gue emang lemot banget kalo buat nginget jalan, itu bapaknya udah jelas banget ngasih arahannya, tapi gue masih bingung. Makanya dulu pas waktu PKL selama 2 bulan, gue sampe lupa jalanan ke sekolah parah banget. Setelah mengucapkan terimakasih ke bapaknya kita puter  gas. Dan disitu gue ama Ila ngerasa kayak Dora dan si Boots. Beneran cara nginget jalannya kayak si Dora abis dapet alamat dari si Peta. Belok kiri, puteran, belok kanan. Ila tuh nginget jalannya begitu sambil diucapin nadanya persis kayak si Dora ama si Boots, entah nih diantara kita siapa yang jadi Dora siapa yang jadi Boots, tapi yang udah pasti satpamnya yang jadi Peta 😂😃😄😆.
Dan akhirnya ketemu juga masjidnya, pas nyampe udah rame banget, tapi gue bingung di pamflet tertulis itu acara hanya untuk muslimah, so pasti jamaahnya perempuan semua, tapi ini banyak banget laki-laki, ada yang bapak-bapak, yang muda. Tanda tanya pun muncul dikepala gue, Ini sebenernya muslimah only or general??? Polisi juga banyak banget, buat jaga-jaga acara itu. Gue bingung nih parkir motor dimana, terus diarahin sama bapak-bapak disitu. Ooh ternyata para laki-laki itu untuk mengatur kendaraan jamaah. Dan gue sama Ila kan pake jilbab ya, terus yang ngarahin parkir bilangnya gini ke kita “ iya terus pak” WHAAATTTTT???? Kita dipanggil bapak?????? Gue udah pake jilbab dan pake gamis dipanggil BAPAK??????? Emang tampang gue macho banget ya??? Perasaan girly lemah gemulai gini dah kita😄
Turun dari motor dan melangkahkan kaki kemasjidnya, ternyata disitu udah ada pintu-pintu khusus untuk yang punya ID card. ID card warna hitam masuk dari pintu pertama, warna merah dan biru dari pintu selanjutnya. Lalu apa kabar dengan 2 anak ini yang dateng tanpa membawa ID card?? Masuk lewat manakah kita?? Apa masuk lewat pintu gerbang Ancol, atau kah masuk lewat pintu kamar mandi tunggu cerita selanjutnya. Eeeehh engga deh, masa ceritanya ngegantung, cukup cucian aja yang digantung, cerita mah jangan digantung, apalagi perasaan beuuhhh jangan dah ngegantung perasaan kasian orangnya yang digantung *eeh ngapa jadi kesitu😄

Kita nanya sama panitia yang jaga pintu disitu, “mba kalo yang gak punya ID card gimana?” “oh adek kepintu sebelah sana tunggu dikantin, nanti kalo jamaahnya masih memungkinkan untuk masuk, adek boleh masuk, tunggu aja dulu”. Wwiiihhh kita dipanggil adek, tampang kita berarti masih imut banget La, masih cocok lah buat pake seragam putih biru hehehe. Lalu ada dua orang ibu yang nyamperin kita “mba, gak punya tiket ya? Ini kita ada, tapi Cuma satu, mau gak?” ehmm, ini sebenernya rezeki, kita gak kenal sama ibu itu, tapi dia yang nyamperin dan mau memberikan tiketnya buat kita, “yah Cuma satu ya bu” kata Ila. “ iya mau gak?” akhirnya diambil lah tiket itu. “cara dapet ID cardnya gimana sih bu?” tanya gue. Ibunya bilang lewat sms dapetnya. Heemm, gue ketinggalan info. Abis yang gue tau link pendaftaran buat acara yang distadion Bekasi doang, buat yang di Kotwis gak ada link pendaftarannya.
Kita menuju pintu selanjutnya, ternyata banyak juga yang gak punya tiket. Dan gue yang dateng berdua tapi ditangan hanya ada satu tiket, bingung lah, dan berhubung gue lagi gak shalat akhirnya gue bilang “yaudah lu aja yang masuk sana, shalat dulu, ntar kalo abis shalat keluar lagi aja, gue tunggu disini”. Si Ila sebenernya takut, kalo udah didalem gak bisa keluar, soalnya jamaah banyak banget, dan hp harus dimatikan, soalnya Farhat Naik gak mau kalo ada yang ngerekam atau foto dirinya. Dan itu bener loh, gue browsing gak nemu satupun foto Farhat Naik, di youtube pun gak ada, yang ada malah testimoni jamaahnya, privasinya bener-bener dijaga. Gue juga sebenernya was-was takut kepisah dari si Ila. Soalnya kuota gue abis, takut ga bisa ngehubungi si Ila. Dan kita pun gak bisa kontak jamaah yang udah didalam, soalnya hp harus bener-bener udah dimatiin pas dari depan kita masuk. Gue nunggu diluar, Ila kok ga keluar-keluar, dan akhirnya ada panitia yang ngebagi-bagiin ID card, yaudah gue coba buat minta dan alhamdulillah dikasih, akhirnya  gue bisa masuk. Allah mah luar biasa baiknya, kuncinya sih Husnudzon aja dulu sama Allah, Allah sesuai prasangka hamba-Nya. Ada aja kan jalannya, gue gak kepikiran tuh bakal ada yang ngebagi-bagiin ID card, rezeki Allah datang dari arah yang tidak diduga-duga. Akhirnya kita bisa masuk meski kita awalnya tak berbekal ID card satu pun dari rumah. Rencana gue sih yaudah gue tunggu aja diluar, toh diluar juga kedengeran isi ceramahnya. Tungguin si Ila dari luar. ID card udah ditangan, yaudah gue masuk, saat masuk kita harus nunjukkin ID card, dan disitu kita dapet snack. Gue masuk ke dalam, gue gak tau Ila duduk dimana, gue juga lupa si Ila pake baju apa. Tapi Allah lagi-lagi menunjukkan kebaikannya. Si Ila duduk dibagian belakang, yang bisa dengan mudah gue temui. Pikiran gue bakalan susah nih nemuinnya, soalnya ada ribuan jamaah, nyari sesosok Ila doang itu bakalan rumit, bagai mencari butiran garam dibalik goreng telor (istilah macam apa ini hahahah ).Tapi Qadarullah Ila milih duduk dibelakang. Jadinya tanpa perlu tengok kiri kanan kayak orang mau nyebrang gue bisa langsung nemuin dia.

Pas udah didalem pun ternyata ada pembagian tempat lagi, buat yang punya ID card warna hitam boleh masuk kedalem, yang punya ID card warna merah boleh naik ke lantai atas, dan yang punya ID card warna biru, duduknya diluar. Gue sama ila punya ID card yang beda, Ila warna merah gue warna biru. Masa iya kita harus misah lagi. Yaudah kita coba buat duduk buat lebih kedepan, maju berapa shaf, berenti, maju lagi berenti lagi, awalnya kita duduk ditenda sampe akhirnya duduk diteras masjid.
Dan farhat Naik pun memulai ceramahnya. Disitulah letak gagal fokus kita dimulai hahahaha. Beliau ceramah menggunakan bahasa inggris, aksennya India. Jadi kita Cuma bisa nangkep seucrit (istilah apaan ini?? Pokoknya ini artinya dikit banget, dibawahnya sedikit ) dari isi ceramahnya. Ila yang kuliahnya jurusan bahasa Inggris aja sampe bingung. Tema tausyiahnya “Purpose Of Life”. Yang bisa gue tangkep tuh kurang lebih gini “ apapun yang kita kerjakan, kembalikan semuanya kepada Allah, buat semuanya ibadah, beliau datang ke Indonesia bukan karna keindahan Indonesia, tapi karna ingin dakwah untuk ibadah. Kita makan untuk ibadah, semuanya untuk ibadah, apa tujuan hidup kita?? Tujuannya untuk ibadah. Menunda-nunda pekerjaan, penyakit entar itu semua harus dibuang. Apa-apa entar itu semua harus disingkirkan dari hidup.
Gue gak buat catetan pasalnya gue gak bawa alat tulis, yang gue bawa malah modul statistik, iya kali disaat denger ceramah yang gue tulis malah harga indeks. Gue keseringan ngerjain tugas kuliah dikantor, jadi itu modul gue bawa buat ngerjain tugas dikantor, pulpen pun gue gak bawa, tempat pensil gue isinya modem, flashdisk ama stabilo, pas pulang gue gak ngeganti tas lagi, langsung berangkat ke rumah si Ila. Dan si Ila juga gak bawa pulpen dia Cuma bawa buku doang, lah mau nulis pake apa?? Pake hp gak boleh, masa iya nulis pake sedotan???
Entah karna gue duduk diluar jadinya suasananya gak kondusif atau gimana gue gak ngerti, pokoknya gue ngerasa gak efektif banget, disana ada translatornya, tapi rasanya kurang puas gitu, soalnya Farhat Naiknya ngomongnya panjang banget tapi pas ditranslatin Cuma sedikit banget, gue ngerti dikit-dikit sama apa yang diomongin, ya meskipun dikit si Ila juga dia kuliahnya jurusan itu ya ngerti lah, ama apa yang diomongin, jadi kayak banyak yang gak ditranslatetin gitu. Yaudah lah gagal fokus. Ngedengerin Farhat Naik ngomong jadi gimana gitu, bahasa Inggris aksen India. Ya meskipun gue sering nonton di youtube Zakir Naik ya ngomongnya juga sama bahasa Inggris aksen India, tapi jadi lucu aja gitu pas didengerin secara langsung. Si Ila ngedengerinnya malah kepalanya goyang-goyang India hahaha. Disamping gue ada ibu-ibu, rupanya ibu itu juga ngerasa gak efektif banget, dia juga bingung. Dan si ibu itu bilang “ yaudahlah berharap barokahnya aja dari acara ini”. Mungkin beda kali ya kalo kita duduk didalem suasananya. Atmosfernya beda. Dan disitu gue jadi penasaran gimana kalo acara yang Zakir Naiknya ya suasananya, bakal rame banget, dan rasanya pengen banget hadir.
  Sehari sebelumnya gue browsing tentang Farhat Naik ini, gue penasaran seperti apa orangnya, tapi seperti yang gue bilang diatas, gak satupun gue temui fotonya. Yang muncul malah anaknya si Fariq Naik. Yaudah datang kesana sekalian buat ngilangin penasaran akan sosok Farhat Naik ini. Gue duduk diteras masjid dan beliau ada didalem, otomatis gak keliatan Cuma kedengeran suaranya doang. Peraturannya ketat banget, kalo ada jamaah yang ketauan lagi mainin hp. Langsung ditegur sama panitianya. Gue sama Ila penasaran pingin ngeliat orangnya. Yaudah kita coba buat naik ke lantai atas saat jamaah sedikit demi sedikit meninggalkan lokasi, dan diatas rupanya masih ramai, tapi ada celah buat ngeliat Farhat Naik dari lantai atas. Dan tanpa pikir panjang yaudah kita ngeliat dari atas balkon, dan kejawab lah rasa penasaran gue untuk melihat beliau. Tapi disitu kita kena tegur sama panitianya, panitianya bilang “ udah kan ngeliatnya? Silahkan minggir, Mrs. Farhat Naik gak nyaman diliatin dari atas”. Okelah kita pun turun lagi ke lantai bawa. Rupanya ibu-ibu yang tadi duduk disamping gue juga penasaran ingin ngeliat Farhat Naik ini. “yahhh kenapa gak ngajak-ngajak kalo mau ngeliat?”. “iya maaf bu, abis tadi juga nyoba-nyoba aja siapa tau bisa ngeliat dari atas” kata Ila. Dan si Ibu ini bilang ke temennya “Bu, kata adek-adek ini dari lantai atas keliatan mrs. Farhat Naiknya”.  Weiittss, kita dipanggil “adek” lagi hahahaha. Tampang kita emang masih bocah banget kayaknya.😃😄
Oh iya, pas acara berlangsung si Ila bilang ke gue “ini rotinya boleh dimakan kan ya?? Gue belom makan nih, tadi pagi disekolah makan risoles doang 2 biji”. Nih anak setiap pergi sama gue bilangnya belom makan mulu, gak belajar dari pengalaman sebelumnya, kita pernah kelaparan tapi males berenti dirumah makan hahaha. Gue aja sebelum berangkat isi amunisi dulu biar kuat hahaha. “Cis, ini boleh keluar dulu gak sih, nanti masuk lagi gitu??” Tanya si Ila. “mau ngapain lu keluar, mau minta roti lagi ya?? Hahahahah” kata gue. “ Ya Allah, seburuk itukah gue Cis??? Hahaha, kali gitu kalo keluar terus masuk lagi dapetnya nasi bungkus 😀😀”. Gila emang temen gue yang satu ini mah.
Gak sampe acara selesai tapi kita memutuskan buat pulang duluan, soalnya udah ngerasa gak comfort banget sama suasananya. Dan ternyata setelah keluar, malah lebih jelas suara ceramahnya, hahaha. Keluar dari lokasi gak lupa kita putu-putu dulu biar ada kenangannya, alay banget ya??, bodo amat ah :D  

Dan dijalan pulang petualangan pun dimulai, hahahaha baik gue dan Ila gak ada yang tau jalan pulang hahaha, parah kan kita?? Ya Allah ini mah kita maennya emang kurang jauh gue rasa, ke Kotwis aja keder. Kayaknya kita emang gak pernah maen jauh jadi orang, jangan kan di Kotwis dibelakang rumah aja si Ila nyasar, dan gue pun ga kalah parahnya dikampung sendiri aja gue keder.  Gue nanya ke petugas parkir “pak, kalo mau arah ke Vila nusa Indah, keluarnya kemana ya??”  “ oh lewat sini bisa, lewat sana juga bisa”. Aahh jawaban yang tidak memuaskan. Tadikan gue bilang disana banyak laki-laki yang jagain kendaraan jamaah, pas kita keluar ada seorang lelaki yang bilang “ hati-hati” dan dodolnya si Ila jawabnya “sama-sama”. Gubraaaaakkk si Ila gak nyambung banget jawabnya, dibilang “hati-hati” malah jawab “sama-sama” wkwkwk. Sudah keluar dari area masjid kita jalan lurussss aja luruss terus, sampe akhirnya baru pada nyadar. Perasaan tadi berangkat gak lewat sini. Gak ada cirri-ciri tempat yang tadi kita lewati. Tuh kan gue ini berangkat berdua, tapi isi otak kita sama, meski dua otak disatuin tetep aja gak ada yang tau jalan.
Kita jalan dan kita nyampenya ke majid situ lagi, koplak banget emang nih anak wkwkw. Kita jalan lurus aja lurus lagi lurus terus, dan sampe akhirnya gue nyadar ini kita ada di gapura depan Kotwis, kita tuh datengnya pintu lewat belakang dan sekarang nongol-nongol ada digapura depan, bukan karna kita mau ngeceng tapi emang gak tau jalan hahaha.
Nih videonya kita gak tau jalan

Dan cerita nyasar kita gak hanya sampe disitu. Kita udah berhasil ngelewatin masjid tadi, lalu ada puteran lagi kita bingung belok dimana, buat nanya disatpam lagi gue malu. Dan elu tau gak, gue sama Ila ngelewatin puteran, terus bingung nentuin arahnya kemana, kata Ila belok kiri aja, gue turutinlah apa kata si Ila, eehhh nyampenya diputeran itu lagi, jadi tadi kita Cuma muter-muter diputeran itu aja, kayak bayi yang baru belajar jalan wkwkwkw, mungkin kalo berselang minimal 15 menit mah, gak malu ya, lah ini palingan 3 menit yang lalu lewat situ terus muncul-muncul gue ada dijalan itu lagi wkwkwkw. Besok-besok kalo si Ila ngasih petunjuk jalan gue gak percaya ah hahaha. Dan tau gak gue muter-muternya dimana?, dibelakang kampung Cina yang ada di Kotwis, hadeuuhh padahal gue kesana gak hanya sekali dua kali, tapi berkali-kali tapi tetep aja, nyasar payaahhh banget.
Akhirnya kita berhasil menemukan jalan pulang, hahahaha setiap nyasar selalu menghasilkan cerita tersendiri, cerita yang seru buat di inget, apalagi nyasar ama makhluk ini.
“mau makan dulu apa shalat dulu??” Tanya gue, berhubung udah magrib Ila bilang “shalat aja dulu”. Gue gak mau nanya mau shalat dimana, soalnya entar jawaban dia nyebelin mending gue aja yang nentuin tempat shalatnya. Dipinggir jalan ada masjid yaudah gue berhentiin motor didepan masjid itu. Turun dari motor mata gue kelilipan, gue heran sebenernya, kata orang kan mata gue ini minimalis, seharusnya peluang untuk kelilipan kecil, karna ruang tempat kelilipannya lebih sempit ketimbang orang yang matanya belo, tapi hampir setiap gue naik motor harus menghentikan motor dan ngucek-ngucek mata gara-gara gue kelilipan. Kaca mata gue entah nyelip dimana, pake helmpun kalo kacanya diturunin gue gak focus ngeliat jalannya burem.
 Gue duduk diteras masjid si Ila ketempat wudhu tapi gak lama kemudian dia keluar lagi, dia bingung nyari tempat wudhunya. Sebenernya ada tempat wudhu tapi tempatnya terbuka banget, Ila gak maulah wudhu disitu malu. Yaudah kita nyari masjid lain aja, dan gue minta gantian bawa motor sebab mata gue kelilipan tapi dia gak mau, alesannya bajunya takut bolong, soalnya udah banyak baju dia yang jadi korban knalpot motor hahaha.
Menyusuri jalan sambil tengok kiri kanan, buat nyari masjid tapi sepanjang jalan gak ketemu-ketemu juga masjid. Sampe akhirnya ada pom bensin, “La, shalat di pom bensin aja ya?” soalnya gue liat dipom itu ada bacaan mushola, tapi pas gue masuk ke pom itu ternyata gak ada musholahnya. Gue mikir lagi ini shalat dimasjid mana lagi?? awalnya gue ngajakin Ila shalat dimasjid SITI Rawani yang ada di vila nusa Indah, tapi berhubung itu jalannya belok belok gue takut malah nyasar lagi, mending gue mengurungkan ngajak Ila shalat disitu, dari pada entar waktu magribnya keburu abis. “La, shalat dirumah O gue aja ya?” “si Ila udah pasrah banget, mau shalat dimana kek, yang penting bisa shalat. Dan akhirnya gue inget kalo dideket rumah Reno ada masjid, melipir lah kita dimasjid itu. Saat turun dari motor gue bilang “shalat lu jangan nyari jodoh didalem hahaha”. “hahaha sekalian” jawab si Ila.
Kalo udah sama sahabat itu, kadang kita udah gak seperti Le’ Minerale udah ga ada manis-manisnya, ngomong juga asal jeplak aja, makanya ketika kita ingin mengenal seseorang, kita ketahui dulu dengan siapa dia bergaul, karna ya itu, temen itu membentuk kepribadian temannya. Gue temenan ama Ila, dan akhirnya gue ngerasa, gilaaa kita ini sama banget sih, apa yang gue bisa dan apa yang gue gak bisa itu sama ama dia, apa yang bikin gue malu untuk melakukan sesuatu, si Ila pun sama, contohnya kita tuh pengen banget beli sesuatu, tapi buat belinya malu, padahal tuh benda termasuk barang primer, tapi kita ga ada yang berani buat beli benda ini
La, terima kasih untuk semua kegilaan yang pernah kita lalui, terima kasih telah menjadi tempat gue sharring, terima kasih atas kesediaan waktu lu buat nemenin gue. Oh ya La, jika nanti disurga lu gak temuin gue, gue harap lu sudi bilang ke Allah bahwa kita pernah shalat bareng, puasa bareng, ngaji bareng, duduk di majlis bareng, biar kita bisa bareng-bareng gak hanya didunia ini tapi juga di Syurga-Nya.
            Rasulullah bersabda :
"... dan apabila mereka - orang2 mukmin melihat bahwa diri mereka telah selamat , mereka berkata tentang saudara2 mereka . " wahai Rabb kami , tolonglah saudara2 kami , mereka dulu shalat , shiyam , dan berbuat kebaikan bersama kami . " lalu Allah berfirman , " Masuklah ke neraka , sesiapa yang kalian dapati memiliki iman sebesar dinar , maka keluarkanlah ia . " Lalu Allah membuat mereka tidak dapat tersentuh api , dan mereka pun mendatangi saudara2 mereka di neraka . sebagian mereka ada yang tubuhnya masuk neraka sampai kaki , ada juga yang sampai betis . merekapun mengeluarkan orang2 yang mereka kenal , lalu keluar . Allah berfirman lagi , " masuklah , sesiapa yang kalian dapati memiliki iman sebesar setengah dinar , maka keluarkanlah ia . " merekapun mengeluarkan orang2 yang mereka kenal , lalu kembali Allah berfirman , " masuklah , sesiapa yang kalian dapati memiliki iman sebesar debu , maka keluarkanlah ia . " dan mereka pun mengeluarkan orang2 yang mereka kenal . " ( HR. Bukhari ).



Komentar

Postingan populer dari blog ini

AMUL HUZNI

Hari itu, sekitar 11 bulan yang lalu,tepatnya  21 juli 2022 saya sah menjadi seorang piatu. Ya ibu meninggalkan kami, sebuah luka kehilangan yang membuat setengah jiwa saya melayang, tak terbayangkan sebelumnya ternyata sesakit ini ditinggalkan orang yang tersayang.         Hari kamis pagi, saya sudah izin ke orang rumah bahwa akan pulang sore karna ada Raker disekolah, saya sudah berpesan kalo mau shalat nanti wudhunya sama nenek saja. Sejak ibu sakit semakin parah saya berperan sebagai suster, tukang salon, kadang jadi koki, jadi penceramah semua saya lakuin, mungkin beliau nyamannya dengan anak perempuannya, jadi semuanya itu maunya dilayani sama saya, sebagai anak perempuan terbesarnya. Hari itu saya tiba dirumah selepas ashar, sampai dirumah tidak langsung masuk kedalam rumah, karna merasa lelah banget, saya tiduran dibangku panjang didepan rumah. Dari dalam rumah ibu manggil,Cuma tidak saya hiraukan karna mau ngelurusin badan dulu yg lelah setelah beraktivitas, lalu beliau bi

Ila Cengceremen ( Part 2 )

                                Disetiap jenjang sekolah yang kita lalui biasanya kita punya temen yang deket banget sama kita, baik itu saat SD, SMP maupun SMA, bahkan setiap kita ada dilingkungan baru biasanya kita punya temen yang nge’klik sama kita. Kebersamaan dengan sahabat-sahabat itu yang bikin susah move on dari sekolah. Yang saat bersamanya ada kebahagiaan, yang pertemuan dengan mereka menjadi hal yang dinanti. Disetiap sekolah gue yang dulu gue selalu punya sahabat, tapi kali ini gue mau ngebahas tentang sahabat gue yang satu ini, dulu gue pernah ngebahas tentang makhluk yang satu ini, ceritanya bisa dibaca Disini                 Ila, sahabat gue yang absurd banget, saat bersamanya perut ini sakit, sakit gara-gara ketawa, gue seneng ketika main dengannya, meski selepas SMP kita temui temen-temen baru, kita dapat sahabat-sahabat baru, tapi gayanya gak berubah ketika main dengan gue, masih tetep Ila yang dulu gue kenal, Ila yang absurd. Banyak gue temui temen-temen

Tahsin

Perjalanan gue untuk mengenal huruf Alif dan teman-temannya gak pendek, bahkan sampai detik ini pun gue masih terus mencoba untuk mengenalnya. Ternyata gak mudah untuk mengenalnya bahkan sekedar untuk menyebut namanya. Selalu dan selalu kurang pas dalam penyebutannya. Tapi apa itu membuat gue berhenti untuk mengenalnya?? Ternyata gue malah semakin tertarik untuk terus belajar.   Semakin di pelajari gue semakin merasa bodoh.   Bukan malah ngerasa pinter. sebab banyak banget hal yang baru gue tau, ketika gue semakin mendalaminya. Apa yang gue dapat disekolah ternyata masih mentah banget, gue gak tau secara mendetail apa itu hukum-hukum tajwid dan kaidah membaca Al-Qur’an.   Postingan kali ini gue mau ngebahas tentang pengalaman gue belajar tahsin. Belajar memperbaiki bacaan Qur’an gue.   Dulu pertama kali gue belajar ngaji diajarin mamang gue, teknik belajarnya   yang penting bisa bacanya tanpa memperdulikan makhraj dan sifat hurufnya. Padahal dua hal ini merupakan hal ya